Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Desain Pembelajaran dan RPP Berorientasi HOTS SMP Negeri 5 Long Ikis
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.20Kata Kunci:
Desain Pembelajaran, HOTS, RPPAbstrak
Kompetensi guru dalam pendidikan harus selalu ditingkatkan guna menjaga kualitas pendidikan. Sehingga perlu adanya penelitian tentang Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Desain Pembelajaran dan RPP Berorientasi HOTS Di SMP Negeri 5 Long Ikis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dengan menggunakan siklus, dimana tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kuantitas guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP yang berorientasi HOTS dengan adanya supervisi akademik, dan mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP yang berorientasi HOTS setelah supervisi akademik. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa dengan melaksanakan supervisi akademik secara berkelanjutan dapat meningkatkan kuantitas guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP berorientasi HOTS di SMP Negeri 5 Long Ikis dengan prosentase sampai 95 %. Dengan adanya supervisi akademik diketahui dapat meningkatkan kualitas penyusunan Desain Pembelajaran dan RPP dimana pada siklus I kualitas meningkat 30 % dari sebelum adanya supervisi akademik dan pada siklus 2 meningkat sampai 100 % dari Siklus I.
Unduhan
Referensi
S. Nuraini, I. W. Distrik, and W. Suana, “Pengembangan lembar kerja siswa blended learning berorientasi higher order thinking skills,” J. Phys. Sci. Learn., 2018.
F. Novauli M, “Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh,” J. Adm. Pendidik. Pascasarj. Univ. Syiah Kuala, vol. 3, no. 1, pp. 45–67, 2015.
M. Yuniar, “Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis,” PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2 No. 2, 2015.
E. A. Suwartini, “Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan,” J. Adm. Pendidik., vol. 24, no. 2, pp. 62–70, 2017, doi: 10.17509/jap.v24i2.8294.
Presiden Republik Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,” Jakarta, 2005.
H. A. Sobandi and de, “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smkn Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung,” Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smkn Bid. Keahlian Bisnis Dan Manaj. Di Kota Bandung, 2010.
H. N. Dinni, “HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika,” Prisma, 2018.
Bintari Kartika Sari, “Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Tema “desain pembelajaran di era ASEAN Econ. community untuk Pendidik. Indones. berkemajuan ,” 2017.
A. Hamid, “UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN SDN 007 PANIPAHAN DARAT,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2017, doi: 10.33578/pjr.v1i2.4598.
A. Setyawanto, H. . Sunaryo, and I. A. Basuki, “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Malang,” J. Rencana Pembelajaran, 2012.
P. R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,” Jakarta, 2005.
M. Asyari, “Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Jepara,” IAIN Walisongo, 2011.
F. Mahfudhoh, “Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Setelah Menempuh Mata Kuliah Praktek Pengalaman Lapangan I,” Iain Sunan Ampel Surabaya, 2011.
E. A. Yuliardan, “Analisis Peran Guru Dalam Memanfaatkan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sd Negeri Sumber Rejo 3 Gedangan,” Universitas Neger Malang, 2017.
M. R. Fhatulloh and M. Yusup, “IMPLEMENTASI GURU DALAM MENDESAIN PROSES PEMBELAJARAN PAI,” Atthulab Islam. Relig. Teach. …, 2017.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Kasmuji Kasmuji
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.