Analisis Pemanfaatan Modul Ajar Berbasis Buku Sekolah Elektronik untuk Penguatan Pembelajaran Anak Migran di PKBM PNF KBRI Kuala Lumpur

Penulis

  • Layyinatul Afidah Universitas Islam Syarifuddin, Indonesia
  • Nurhafid Ishari Universitas Islam Syarifuddin, Indonesia
  • Shohenuddin Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia
  • Haidar Idris Universitas Islam Syarifuddim, Indonesia
  • Qurroti A’yun Universitas Islam Syarifuddim, Indonesia
  • Mohammad Darwis Universitas Islam Syarifuddim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1393

Kata Kunci:

Anak Migran, Buku Sekolah Elektronik, Kemandirian Belajar, Modul Ajar, Pembelajaran Nonformal

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari permasalahan terbatasnya pemanfaatan modul ajar berbasis Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang selama ini hanya digunakan sebagai pegangan guru, sehingga siswa kurang terlibat dalam proses belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan modul BSE dalam penguatan pembelajaran anak-anak migran Indonesia di PKBM PNF KBRI Kuala Lumpur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 15 siswa kelas V dari total 175 siswa aktif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan modul BSE dalam bentuk cetak maupun digital mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kemandirian belajar siswa. Selain itu, distribusi modul melalui aplikasi WhatsApp memungkinkan siswa mempersiapkan diri sebelum pertemuan kelas, sehingga partisipasi mereka dalam diskusi meningkat. Namun, kendala masih ditemukan pada keterbatasan perangkat dan akses internet, serta kebiasaan belajar siswa yang masih terfokus di kelas. Penelitian ini menegaskan urgensi strategi pendampingan digital yang berkelanjutan untuk memperkuat pembelajaran anak-anak migran dalam keterbatasan sarana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Rosnawati, Modul Teori Belajar, Pertama. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

A. Annisa, “Dampak Kompetensi Awal Yang Tepat Terhadap Pemahaman Materi Dalam Modul Ajar,” J. Akuntansi, Manaj. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 78–88, 2025.

D. elizabeth sukmawati, Digitalilasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Batam, 2022. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=hx5-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA42&dq=Seiring+perkembangan+teknologi,+pemerintah+Indonesia+meluncurkan+program+Buku+Sekolah+Elektronik+(BSE)+sebagai+bentuk+digitalisasi+bahan+ajar+yang+dapat+diakses+secara+gratis+oleh+

Tommy Effendi and Atikah Rahmi, “Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Pekerja Migran Indonesia di Klang Lama, Malaysia,” Maslahah J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 13–37, 2024, doi: 10.56114/maslahah.v5i1.11448.

sekolah Indonesia Kuala Lumpur, “Pusat Kegitan Masyarakat (PKBM) KBRI.” Accessed: Jul. 09, 2025. [Online]. Available: http://sekolahindonesia.edu.my/web2/pkbm-kbri/

E. A. Suryadi, Siti Noviani, Anisa Purnama Sari, Supiyati, Alfina Ardianti Amanik Saputri, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan Peran Pendidikan di Dalam Masyarakat. Bogor, 2022. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=iammEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=PKBM+PNF+KBRI+Kuala+Lumpur,+yang+mengadaptasi+kurikulum+nasional+Indonesia+dalam+konteks+lingkungan+belajar+yang+lebih+fleksibel+dan+sesuai+dengan+kebutuhan+peserta+didik+migran+&ot

G. R. Affandi, S. Psi, P. C. Hadi, M. Si, N. A. F. N, and M. Si, Joyful Learning Dan Media Pembelajaran. 2024.

F. Alfiyansyah, “Model Modul Ajar Dalam Meningkatkan Kemandirian,” J. Akuntansi, Manaj. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 188–195, 2025.

Anisa and Jasiah, “Implementasi E-Modul Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kualitatif Terhadap Keterlibatan Siswa,” J. Sains Student Res., vol. 3, no. 4, pp. 353–359, 2025.

H. Hotimah, “Praktik pengasuhan anak usia dini dalam keluarga migran Madura,” J. Warn. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 9, no. 2, pp. 198–212, 2024, doi: 10.24903/jw.v9i2.1795.

J. Wilder and A. Lillvist, “Learning journey: a conceptual framework for analyzing children’s learning in educational transitions,” Eur. Early Child. Educ. Res. J., vol. 26, no. 5, pp. 688–700, 2018, doi: 10.1080/1350293X.2018.1522736.

N. Z. Jf and K. Azmi, “Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini,” BUHUTS AL-ATHFAL J. Pendidik. dan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 60–72, 2022, doi: 10.24952/alathfal.v2i1.5312.

Rany Novita dan Yunita Jasrida, Metodologi Penelitian Kualitatif. 2022.

N. Nurhidayat, D. S. S, and N. Nurjamaludin, “Pembiayaan Pendidikan di SMK MU Cimerak: Analisis Penggunaan dan Pengawasan Anggaran,” J. Pelita Nusant., vol. 2, no. 3, pp. 227–231, 2024, doi: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v2i3.597.

G. Wahab and Rosnawati, Teori-teori belajar dan pembelajaran, vol. 3, no. April. 2021. [Online]. Available: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

R. Wahdah, “PERAN GURU DALAM PERSPEKTIF PROGRESIVISME PADA KURIKULUM MERDEKA,” JPSS J. Pendidik. Sang Surya, vol. 10, no. 2, p. 504, 2024.

M. F. Rice and A. Cun, “Leveraging Digital Literacies to Support Refugee Youth and Families’ Success in Online Learning: A Theoretical Perspective Using a Socioecological Approach,” Online Learn. J., vol. 27, no. 3, pp. 109–132, 2023, doi: 10.24059/olj.v27i3.3628.

A. Stokowska, “Children with Migration Experience and ICT”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Afidah, L., Ishari, N. ., Shohenuddin, Idris, H., A’yun, Q., & Darwis, M. (2025). Analisis Pemanfaatan Modul Ajar Berbasis Buku Sekolah Elektronik untuk Penguatan Pembelajaran Anak Migran di PKBM PNF KBRI Kuala Lumpur. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(10), 3094-3099. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1393