Kepemimpinan Pembina Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa: Studi Multi Situs di SMP Darul Falah Malang dan SMP An-Nidhomiyah Madura

Authors

  • Mochammad Saifullah Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sultoni Sultoni Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Yusuf Sobri Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Wahyu Dwi Ardika Bölum ?slami Bilimler (Arapça), Ilahiyat Fakültesi, A?r? ?brahim çeçen üniversitesi, Türkiye

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1351

Keywords:

Ekstrakurikuler, Karakteristik, Kepemimpinan, Pencak Silat, Strategi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan efektivitas kepemimpinan pembina ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di dua sekolah dengan konteks sosial dan budaya yang berbeda. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami bagaimana perbedaan gaya kepemimpinan pembina ekstrakurikuler memengaruhi efektivitas organisasi dan perkembangan karakter siswa dalam konteks budaya yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja, karakteristik, dan strategi kepemimpinan pembina di SMP Terpadu Darul Falah Kota Malang dan SMP Islam An-Nidhomiyah Pamekasan Madura. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi situs. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembina berperan penting dalam menentukan arah, efektivitas, dan keberlanjutan kegiatan Pagar Nusa. Di SMP Terpadu Darul Falah, pembina menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif-visioner yang adaptif terhadap teknologi dan budaya urban. Strateginya berfokus pada pemberdayaan siswa, kolaborasi, serta integrasi nilai karakter dan budaya sekolah, sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi. Sebaliknya, di SMP Islam An-Nidhomiyah, pembina menerapkan gaya kepemimpinan otoriter-spiritual yang berakar pada nilai religius dan budaya pesantren Madura. Strateginya menekankan kedisiplinan, moralitas, dan praktik budaya religius seperti tahlil, suwuk, serta komunikasi informal bernuansa spiritual untuk memperkuat ikatan emosional dan nilai keislaman siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya teori kepemimpinan pendidikan sekaligus memberikan panduan praktis bagi pembina ekstrakurikuler untuk menerapkan strategi kepemimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. N. N. Fuadah, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Pencak Silat Pagar Nusa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk,” 2020, IAIN Kediri.

B. M. Bass and R. E. Riggio, Transformational leadership. Psychology press, 2006.

P. G. Northouse, Leadership: Theory and practice. Sage publications, 2025.

G. Yukl, Leadership in Organizations. Pearson Education India, 2006.

B. M. Bass, “From transactional to transformational leadership: Learning to share the vision,” Organ. Dyn., vol. 18, no. 3, pp. 19–31, 1990.

K. Lewin, R. Lippitt, and R. K. White, “Patterns of aggressive behavior in experimentally created ‘social climates,’” J. Soc. Psychol., vol. 10, no. 2, pp. 269–299, 1939.

M. Jayadih, H. E. Suhardi, and B. Rubini, Strategi & peningkatan kualitas layanan guru: Transformasi melalui kepemimpinan, teknologi, kreativitas dan entrepreneurship. Jakad Media Publishing, 2024.

M. M. Deti Rostini, E. Mastiani, S. S. Yudianto, S. Haryani, and N. Nurlaela, MANAJEMEN PENDIDIKAN: Untuk Pengembangan Karakter dan Prestasi Siswa. Penerbit P4I, 2024.

A. Supriyanto, Y. Prasetyo, and G. Elumalai, “Peran pencak silat dalam meningkatkan disiplin dan kepemimpinan peserta didik SMA Negeri 2 Madiun,” J. Pendidik. Jasm. Indones., vol. 21, no. 1, pp. 79–86, 2025.

R. A. Hidayat, “Peran guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di MI Muhammadiyah Kecamatan Tersono Kabupaten Batang,” 2024, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

T. O. Chaerunisa, “Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kepemimpinan Peserta Didik Di Smpn 15 Malang,” 2024, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

P. D. Ashari, “Peran Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Dalam Membangun Karakter Islami Mahasiswa Di Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu,” 2025, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

A. H. Mulyanto, M. V Roesminingsih, A. Yusuf, and W. Yulianingsih, “Implementasi Manajemen Pendidikan Orang Dewasa pada Organisasi Pencak Silat,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 7, no. 1, pp. 158–169, 2024.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2021.

N. Ulfatin, Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldaña, “Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd,” 2014, Thousand Oaks, CA: Sage.

P. Hersey, K. H. Blanchard, and W. E. Natemeyer, “Situational leadership, perception, and the impact of power,” Gr. Organ. Stud., vol. 4, no. 4, pp. 418–428, 1979.

G. Rahman, “Transforming Islamic Education Through Value-Based Leadership: A Narrative Review,” Sinergi Int. J. Islam. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 83–95, 2025.

F. Prasetyowati, U. M. Saniya, S. Fauzia, and S. Susilawati, “Transformative Leadership for Integrating Islamic Values and 21st Century Skills: A Conceptual Framework for Contemporary Islamic Education,” J. Islam. Educ. Manag. Res., vol. 3, no. 1, pp. 29–41, 2025.

I. P. Sari, I. Ismawati, and S. C. A. Aprina, “The Role of Islamic Cleric Leadership in Improving the Quality of Traditional Islamic School Education,” Din. J. Kaji. Pendidik. dan Keislam., vol. 9, no. 2, pp. 1–13, 2024.

M. A. Alfaridli, “ISLAMIC VALUES-BASED LEADERSHIP AS THE KEY TO EDUCATIONAL MANAGEMENT TRANSFORMATION,” in PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 2024, pp. 248–258.

R. Rohimah, “The Role of Extracurricular Activities in Environmental Management of an Islamic-Value-Based School,” Al-Risalah J. Stud. Agama dan Pemikir. Islam, vol. 15, no. 1, pp. 447–465, 2024.

M. Tawakkal, M. Z. A. Nawas, and S. Sanusi, “Empowering Students: Innovative Management of Extracurricular Activities for Greater Achievement,” Int. J. Asian Educ., vol. 6, no. 1, pp. 113–126, 2025.

S. Subaidi, J. Arsyad, and A. Y. Kisworo, “Empowering Islamic Values: The Role of Madrasah Head Leadership in Extracurricular Enrichment,” 2024.

U. Sahid, I. Wasliman, H. S. Muchtar, and H. S. Insan, “Management of Student Characteristics Through Extracurricular Activities in The School Environment Based on Islamic Boarding Schools,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 116–125, 2021.

Published

2025-10-28

How to Cite

Saifullah, M., Sultoni, S., Sobri, A. Y., & Dwi Ardika, W. (2025). Kepemimpinan Pembina Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa: Studi Multi Situs di SMP Darul Falah Malang dan SMP An-Nidhomiyah Madura. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(10), 2979-2978. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1351