Evaluasi Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Otomotif Melalui Pendekatan Meta-Analisis
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.588Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Meta-Analisis, OtomotifAbstrak
Kurangnya evaluasi komprehensif pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMK otomotif memotivasi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk menelusuri tentang sejauh mana pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMK otomotif dan mendeteksi tingkat variasi antar studi dapat dianalisis dengan meta analisis. Data dikumpulkan dari Google Scholar yang dicari bulan Oktober hingga November 2024 dengan memasukkan kata kunci yang telah ditentukan. Setelah itu dilakukan proses tahapan PRISMA (Preffered Reporing Item for Systematic Review and Meta Analysis). Sesuai kriteria inklusi, 31 manuskrip yang memenuhi kelayakan untuk dianalisis. Alat bantu analisis data tersebut dilakukan dengan menggunakan software JASP versi 0.19.0.0. Hasil penelitian ditemukan effect size menggunakan model Random Effect secara keseluruhan dari penerapan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa adalah 0.971. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan media pembelajaran terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Analisis terhadap tiga variabel moderator digunakan untuk mempertimbangkan tingkat variasi studi. Variabel Jenis media pembelajaran Macromedia Flash [1,267, 95%CI (0.415, 2.118)], Animasi [1,144, 95%CI (0.144, 2.144)] dan Video [0,714, 95%CI (0.244, 1.185)] menunjukkan pengaruh signifikan. Variabel wilayah Sumatera [1.928, 95%CI (0.455, 3.401)], Sulawesi [1.053, 95%CI (0.202, 1.905)], dan Jawa [0.885, 95%CI (0.333, 1.436)] menunjukkan pengaruh signifikan, sedangkan Bali [0.649, 95%CI (-0.258, 1.555)] dan Kalimantan [0.149, 95%CI (-0.291, 0.589)] tidak signifikan. Variabel publikasi jurnal [0.961, 95%CI (0.512, 1.409)] dan repositori skripsi [1.043, 95%CI (0.070, 2.016)] menunjukkan pengaruh signifikan. Macromedia flash merupakan media pembelajaran paling mempegaruhi hasil belajar siswa SMK disusul oleh animasi dan video. Temuan ini menandakan bahwa media pembelajaran lebih efektif di terapkan di Sumatera, Sulawesi, dan Jawa dengan penelitian yang bersumber dari jurnal maupun skripsi memiliki pengaruh signifikan. Penelitian ini penting untuk memperkuat pengambilan keputusan berbasis data dalam penerapan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa otomotif.
Unduhan
Referensi
N. Setiawan, “Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produkkreatif Dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensikeahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 2 Pengasih,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 3, no. 1, pp. 95–101, 2020, doi: 10.21831/jpvo.v3i1.36211.
N. Hidayat, M. Y. Setiawan, Muslim, J. Sardi, D. T. P. Yanto, and W. Afnison, “Pengembangan Simulator Sistem Bahan Bakar EFI ( Electronic Fuel Injection ) Sepeda Motor berbantuan QR Code bagi Guru dan Siswa Vokasi,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 05, no. 02, pp. 433–442, 2024, doi: https://doi.org/10.24036/jpte.v5i2.490.
M. A. Khoiruddin and R. Iskandar, “Pengembangan Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Materi Sistem AC,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 7, no. 1, pp. 194–214, 2024, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/78689
R. Iskandar et al., “Classroom Management of Motorcycle and Small Motor Practice Using the Block Teaching in The Next Normal,” in 5th Vocational Education International Conference (VEIC 2023), Semarang, 2024. [Online]. Available: https://www.atlantis-press.com/proceedings/veic-23/125997703
A. Susanto, D. Jatmoko, Y. Widiyono, J. Purwanto, and R. Milyuantara, “Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire,” J. Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 338–344, 2023, doi: 10.36232/pendidikan.v11i2.4406.
R. Iskandar and P. Sudira, “Model-Model Pembelajaran Vokasional 4Cs Pada Sekolah Menegah Kejuruan,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 48, no. 2, p. Ranu Iskandar(1), Putu Sudira(2), 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/LIK/article/view/18570
R. Iskandar, Z. Arifin, and P. Sudira, “Problems of Automotive Vocational Teaching-Learning Process for Students with Mild Intellectual Disability (MID),” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 7s, pp. 417–424, 2020, [Online]. Available: http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/9456
N. F. Adkha, P. Sudira, and R. Iskandar, “The mindfulness aspects in the teaching of culinary art in vocational high school,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 2, pp. 155–170, 2021, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/38402
A. D. N. I. Musyono, M. Hadik, A. Roziqin, S. Rohman, A. Septiyanto, and R. Iskandar, “Development of a Flipbook-Based Inventor Drawing Teaching Module to Improve Learning Outcomes in the Manufacturing Technical Drawing Subject,” in 6th Vocational Education International Conference (VEIC 2024), Semarang: Atlantis Press, 2024, pp. 119–126. [Online]. Available: https://www.atlantis-press.com/proceedings/veic-24/126007490
M. B. Malik, R. Iskandar, and R. F. Naryanto, “Development of android-based mobile learning media to increase learning results in vocational high schools,” J. Res. Instr., vol. 4, no. 2, pp. 425–438, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/jri/article/view/462
M. I. Faza, R. Iskandar, and R. F. Naryanto, “Innovative Gamification Strategies to Improve Student Learning Outcomes in Vocational High Schools,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 829–838, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4639
A. Taukhid, R. Astuti, and A. I. Purnamasari, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Belajar Alat-Alat Otomotif,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 239–249, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6282.
A. Fatah and S. Sudiyanto, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis It Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Smk Bidang Otomotif Di Sleman Dan Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 1, no. 1, pp. 54–65, 2018, doi: 10.21831/jpvo.v1i1.21783.
A. Marsyaelina, S. Sudiyatno, and R. Iskandar, “Appropriate learning media for mild mentally impaired students at inclusive vocational schools: A literature review,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 12, no. 1, pp. 93–99, 2022, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/47717
S. B. Sjukur, “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 3, pp. 368–378, 2012, doi: 10.21831/jpv.v2i3.1043.
R. Iskandar, Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2019.
R. Haryadi and H. N. Al Kansaa, “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa,” AtTàlim J. Pendidik., vol. 7, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.36835/attalim. v7i1.426.
E. Tasrif, I. W. Intan, and L. Annisa, “Meta-Analisis Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” J. PTI (PENDIDIKAN DAN Teknol. INFORMASI) Fak. Kegur. ILMU Pendidik. Univ. PUTRA Indones. YPTK" PADANG, pp. 17–22, 2023, doi: 10.35134/jpti.v10i1.148.
Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, and Erik Aditia Ismaya, “Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 3, pp. 103–115, 2023, doi: 10.54066/jikma.v1i3.463.
R. F. Naryanto et al., “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Tentang Budaya Keris Berbasis Virtual Reality di Sekolah Dasar,” TAAWUN, vol. 3, no. 02, pp. 191–201, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.37850/taawun.v3i02.511
I. T. M. Pratiwi and R. I. Meilani, “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 3, no. 2, pp. 173–181, 2018, doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762.
R. Iskandar, M. H. G. Syafei, A. Bahatmaka, H. Hidayat, and K. Huda, “Utilization of PowerPoint and YouTube as Digital-Based Learning Media: Literature Review,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 20, pp. 936–942, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/7689
Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” in Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 2019, pp. 181–188.
N. Aisyah Safitri and G. Agus Yudha Prawira Adistana, “Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4021–4031, 2021.
V. Mandailina, S. Syaharuddin, D. Pramita, I. Ibrahim, and H. Haifaturrahmah, “Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 120–129, 2021, doi: 10.31605/ijes.v3i2.955.
R. Iskandar et al., “Impact of biodiesel blends on specific fuel consumption: A meta-analysis,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1381, p. 012033, 2024, [Online]. Available: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/1381/1/012033
H. Retnawati, E. Apino, H. Djidu, and R. D. Anazifa, Pengantar analisis meta. Yogyakarta: Parama Publishing, 2018.
E. Komala, E. Chandra, and M. Ubaidillah, “Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pembelajaran Biologi,” J. Pendidik. Biol., vol. 12, no. 3, pp. 187–201, 2021, doi: 10.17977/um052v12i3p187-201.
E. Tasrif, Y. Huda, L. Mustika Sari, and M. Ayani, “Studi Meta Analisis Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” J. Educ., vol. 05, no. 02, pp. 4873–4884, 2023.
R. Gustina, I. D. Hastuti, M. Nizaar, and S. Syaharuddin, “Predict Observe Explain Learning Model?: Implementation and Its Influence on Students’ Critical Thinking Ability and Learning Outcomes (A Meta-Analysis Study),” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 706, 2023, doi: 10.33394/jk.v9i2.7388.
S. A. Hasanah and M. Muchlis, “The Effect of Assessment for Learning in Chemistry Learning on Students’ Learning Outcomes,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 8, pp. 5992–6000, 2024, doi: 10.29303/jppipa.v10i8.7611.
S. O. Averta, R. A. Putri, F. F. Malika, M. A. Fajar, and E. Rienovita, “Potensi Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alat Kreatifitas Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif?: Analisis Bibliometrik Dengan Metode Prisma,” Edutech, vol. 23, no. 2, pp. 189–201, 2024, doi: 10.17509/e.v23i2.69007.
B. Purnomo, A. Muhtadi, R. Ramadhani, A. Manaf, and J. Hukom, “The Effect of Flipped Classroom Model on Mathematical Ability: A Meta Analysis Study,” J. Pendidik. Progresif, vol. 12, no. 3, pp. 1201–1217, 2022, doi: 10.23960/jpp.v12.i3.202216.
K. Sukiyasa and S. Sukoco, “Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 126–137, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i1.1588.
Irsyad, Andrizal, and D. S. Putra, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI ProgramStudi Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Padang,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 7, no. 1, 2018.
N. Permono, “KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SHOCK ABSORBER DENGAN PENERAPAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 2, no. 2, 2013.
J. A. Nurhidayatullah, “PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN OTOMOTIF MATERI SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014,” Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2014.
F. Fauzi, D. Rohendi, and Y. Yayat, “Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Alat Ukur Berskala Di Smk,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 1, p. 55, 2016, doi: 10.17509/jmee.v1i1.3737.
B. Harsono, Soesanto, and Samsudi, “Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 9, no. 2, 2009.
M. A. Islahuddin, “Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Efi (Electronic Fuel Injection),” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 15, no. 2, pp. 98–102, 2015.
V. Anreski and I. D. Nugraha, “Implementasi Pembelajaran berbasis Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKKR,” J. Vokasi Inform., vol. 3, no. 2, pp. 87–94, 2023, doi: https://doi.org/10.24036/javit.v3i2.118.
A. K. Atmojo, A. Budiyono, and W. Widayat, “Penerapan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menggambar Proyeksi,” J. Mech. Eng. Learn., vol. 2, no. 1, 2013.
H. B. Panadjo, J. Manongko, R. Munaiseche, H. Sumarauw, and L. Ratag, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif,” J. Gearbox Pendidik. Tek. Mesin, vol. 2, no. 1, pp. 23–28, 2020, doi: 10.53682/gj.v2i1.974.
S. Hendarto, Sunyoto, and W. Aryadi, “Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 38–43, 2012.
S. Susanti, Ambiyar, H. Nurdin, and R. A. Nabawi, “Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang,” VOMEK, vol. 3, no. 3, pp. 38–44, 2021.
G. K. Pesik, P. R. R. Tulus, and M. Daud, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DPIB DI SMK COKROAMINOTO KOTAMOBAGU,” GEARBOX J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 280–290, 2023.
A. M. Izzudin, Masugino, and A. Suharmanto, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 2, no. 2, 2013.
A. Askar, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Media Movie terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Poso Pesisir,” 2020.
H. S. Wicaksono and R. S. Hidayatullah, “Media Video Terhadap Hasil Be Lajar Mata Pelajaran Dasar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 12, no. 2, pp. 16–19, 2023.
M. F. Mandagi, H. M. Sumual, and J. C. Kewas, “Pengaruh Model Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Tomohon,” J. Gearbox Pendidik. Tek. Mesin, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2020.
M. Rizaldy and W. D. Kurniawan, “Pengaruh Media Powerpoint Video Kelistrikan Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smkn 5 Surabaya,” JVTE J. Vocat. Tech. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 85–92, 2023, doi: 10.26740/jvte.v5n2.p85-92.
R. N. Handika, S. Suhartadi, and F. I. Kusuma, “PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BERBASIS KODE RESPON CEPAT PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI SEPEDA MOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 3 MALANG,” J. Tek. OTOMOTIF Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, pp. 149–156, 2023.
F. Irawan and W. D. Rahardjo, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA KOMPONEN SISTEM KARBURATOR MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF,” vol. 16, no. 2, pp. 63–66, 2016, doi: https://doi.org/10.15294/jptm.v16i2.9160.
Benni, R. E. Wulansari, B. Syahri, and S. R. P. Primandari, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK,” J. Vokasi Mek., vol. 6, no. 3, pp. 334–340, 2024.
S. Widianto, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan TerhadapPrestasi Belajar Siswa Smk Nasional Berbah,” J. Pendidik. Tek. Otomotif, vol. 12, no. 2, 2016.
B. P. M. Hutomo and Samsudi, “Penerapan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Memelihara Transmisi Otomatis Dan Komponennya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 15, no. 2, pp. 78–81, 2015.
A. Widyianto, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
A. Hamit, M. Khumaedi, and Abdurahman, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SERVIS SISTEM PENDINGIN,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 2, no. 1, 2013.
A. Malik, Munoto, and M. Cholik, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Mesin Konversi Energi Di Smk Negeri 1 Balikpapan,” J. Pendidik. Vokasi Teor. dan Prakt., vol. 3, no. 1, pp. 31–39, 2015.
R. A. Saputra, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN DI SMK NURUSSALAF KEMIRI PURWOREJO,” Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2014.
P. S. Pradana, L. J. E. Dewi, and I. N. P. Nugraha, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas Xi Tbsm Di Smk Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Tek. Mesin Undiksha, vol. 7, no. 2, pp. 51–60, 2019, doi: 10.23887/jptm.v7i2.26494.
B. Fitrianto, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK,” J. Pendidik. Vokasional Tek. Mesin, vol. 4, no. 7, pp. 469–476, 2016.
H. Furqon, Ambiyar, Irzal, and D. Y. Sari, “Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Pada Hasil Belajar Dasar-Dasar Teknik Mesin,” J. Vokasi Mek., vol. 5, no. 3, pp. 258–265, 2023.
F. Firdaus, “Penerapan Macromedia Flash Proffesional 8 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Sistem Rem Pada Siswa Kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asyari Tarub Tegal,” Universitas Negeri Semarang, 2011.
M. S. Yahya, K. Fian, R. Afandi, and M. Masruri, “The Effectiveness of IT-Based Audiovisual Media in Enhancing Islamic Religious Education Learning Outcomes?: A Meta-Analysis,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 9, no. 2, pp. 499–514, 2024, doi: 10.24042/tadris.v9i2.23624.
N. F. Azkia, A. Muin, and A. Dimyati, “Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: meta analisis,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 6, no. 5, pp. 1873–1886, 2023, doi: 10.22460/jpmi.v6i5.18629.
M. R. Romadloni and H. W. Cahyaka, “Meta–Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa SMK,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 7, no. 1, 2021.
I. Wigati, W. Lestari, M. I. Sholeh, Nurlaela, and Yuniar, “Meta-analisis Literasi Digital pada Pembelajaran,” Orbital J. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 1, pp. 92–102, 2023, doi: https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i1.17532.
M. F. B. Paloloang, D. Juandi, M. Tamur, B. Paloloang, and A. M. G. Adem, “Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 4, pp. 851–864, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3049.
D. Anjarwati, D. Juandi, E. Nurlaelah, and A. Hasanah, “Studi Meta-Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 2417–2427, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1506.
N. Famela, F. Sulistyowati, and T. A. Arigiyati, “Meta Analisis?: Pengaruh Cramming Terhadap Kemampuan Matematis,” in Edumatnesia: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, 2024, pp. 572–580.