Kolaborasi Algoritma Apriori dan Mix Bundling untuk Sistem Rekomendasi Paket Produk UMKM

Penulis

  • Rosmiati Teknik Informatika, STMIK Palangka Raya, Indonesia
  • Rudini Teknik Informatika, STMIK Palangka Raya, Indonesia
  • Benedict Daryel Sujono Teknik Informatika, STMIK Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.578

Kata Kunci:

Apriori, Mix Bundling Pricing, Sistem Rekomendasi, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakah salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam membuat paket produk adalah kesulitan dalam menentukan kombinasi produk yang tepat serta kesulitan juga dalam penentuan harga ideal dari paket tersebut.  Sehingga urgensi dari penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi UMKM dalam menentukan paket produk yang tepat belum dapat terselesaikan dengan baik serta belum adanya sistem rekomendasi yang dapat digunakan oleh UMKM dalam menentukan paket produk serta harganya yang ideal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi UMKM dalam menentukan paket produk yang tepat belum dapat terselesaikan dengan baik serta belum adanya sistem rekomendasi yang dapat digunakan oleh UMKM dalam menentukan paket produk serta harganya yang ideal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kolaborasi antara algoritma Apriori dengan Mix Bundling Pricing. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah berdasarkan data contoh yang digunakan, didapatkan bahwa kombinasi item yang terbentuk adalah Chitato Rasa Original dan Krupuk Udang Super dengan nilai support 0.5, nilai confidence 0.83 dan nilai lift ratio sebesar 1.04. hal tersebut menunjukkan bahwa kombinasi item yang dihasilkan memiliki korelasi positif. Selanjutnya pada mix bundling pricing didapatkan harga sebesar 13500 dengan jumlah diskon 10%. Hasil pengujian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan telah sesuai dan juga mendapatkan nilai SUS sebesar 82/100 yang mana nilai terbut menunjukkan bahwa sistem rekomendasi yang dikembangkan dapat diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. S. Luchindawati, E. Nuraina, and E. Astuti, “Analisis Kesiapan Umkm Batik Di Kota Madiun Dalam Penerapan Sak EMKM,” KRISNA Kumpul. Ris. Akunt., vol. 12, no. 2, 2021.

I. T. Oktavian, “Enterprise Architecture dengan Pendekatan TOGAF untuk Transformasi Digital pada UMKM,” J. TIARSIE, vol. 16, no. 1, 2019.

R. Hammad, V. C. Hardita, M. Zulfikri, and E. W. Sholeha, “Penerapan Metode Apriori Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pembentukan Paket Penjualan Bibit Buah,” J. SAINTEKOM, vol. 12, no. 1, pp. 58–68, 2022.

J. Dongga, A. ` Sarungallo, N. Koru, and G. Lante, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus: Toko Swapen Jaya Manokwari),” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 1, 2023.

H. Harianto, A. Sudianto, and H. Bahtiar, “Analisa Data Transaksi Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Apriori Dan FP-Growth,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 6, no. 2, 2023.

Annisa Ilham Fathimah, Sudin Saepudin, and Edwinanto, “Penerapan Data Mining Dengan Metode Apriori Pada Penjualan Sembako (Studi Kasus: Grosir Sembako Lina),” J. Rekayasa Teknol. Nusa Putra, vol. 8, no. 2, 2022.

G. Zhang, G. Li, and J. Shang, “Optimizing mixed bundle pricing strategy: Advance selling and consumer regret,” Omega (United Kingdom), vol. 115, 2023.

T. Chen, X. Guo, F. Yang, and L. Tian, “Strategic price bundling for online retail platforms considering consumer behavior of valuation discount,” J. Oper. Res. Soc., vol. 74, no. 12, 2023.

E. Supriyadi, Adri Tiyono, Agus Susilo Nugroho, Dhika Malita Puspita Arum, and Achmad Rizki Ramadhani, “Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Penjualan Barang Di UMKM Binaan Disperindag Kabupaten Grobogan,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 1, 2023.

M. Trifena, K. Hamidah, Y. Umaidah, and A. Voutama, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Paket Bundel dalam Penjualan Toko Swalayan XYZ,” J. Sensi, vol. 9, no. 2, 2023.

A. Juliano, Rasim, and Sugiyatno, “Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, 2022.

K. Erwansyah, P. Purwadi, S. Saniman, and T. Syahputra, “Penerapan Data Mining Untuk Mendapatkan Paket Promo Perlengkapan Pesta Menggunakan Algoritma Apriori Di Celebration Peak,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4, no. 2, 2021.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, 2023.

Herianty, D. Lasut, and R. R. Oprasto, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store,” J. Algor, vol. 2, no. October, 2020.

W. Arfiansyah, Iwan Rizal Setiawan, and P. Prajoko, “Sistem Rekomendasi Paket Diskon Barang dengan Algoritma Apriori di Toko Ryzy,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 15, no. 2, 2022.

R. Rachman, “Penentuan Pola Penjualan Media Edukasi dengan Menggunakan Metode Algoritme Apriori dan FP-Growth,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, 2021.

S. Yakub and S. Syahfitriani, “Analisis Data Mining Untuk Strategi Promosi Produk Kosmetik Di Wardah Kosmetik Menggunakan Metode Apriori,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, 2020.

A. Renalda, A. Susilo, Y. Irawan, and A. Suharso, “Analisi Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Promosi Refarasi Mobil,” J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 2, 2021.

O. B. Limet and S. Rijal, “Algoritma Apriori Untuk Mengklasifikasikan Penjualan Beras Pada Toko Beras Cahaya Putra,” J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, 2023.

Zulhilmi, Nahar Mardiyantoro, Dimas Prasetyo Utomo, Iman Ahmad Ihsannuddin, and Nulngafan, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Di Armada Computer Menggunakan Algoritma Apriori,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, 2023.

X. Chen, “Digitalization of university education management applicable to association rule mining algorithms,” Appl. Math. Nonlinear Sci., vol. 9, no. 1, 2024.

A. Wijaya and L. Kinder, “Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas,” J. Manaj., vol. 17, no. 1, 2020.

P. Widyaningsih, “Aplikasi Identifikasi Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori pada Sukoco Batik Solo,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, 2022.

T. Prasetya, J. E. Yanti, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, and O. Nurdiawan, “Analisis Data Transaksi Terhadap Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 6, no. 1, 2022.

M. Fitriani, G. F. Nama, and M. Mardiana, “Implementasi Association Rule Dengan Algoritma Apriori Pada Data Peminjaman Buku UPT Perpustakaan Universitas Lampung Menggunakan Metodologi CRISP-DM,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 10, no. 1, 2022.

N. Fahmi, R. Hafid, R. Ilato, A. Bahsoan, and S. Sudirman, “Pengaruh Penetapan Harga Promo Terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Indomaret.,” J. Econ. Bus. Educ., vol. 1, no. 3, 2023

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-19

Cara Mengutip

Rosmiati, R., Rudini, R., & Sujono, B. D. (2025). Kolaborasi Algoritma Apriori dan Mix Bundling untuk Sistem Rekomendasi Paket Produk UMKM. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(1), 87-95. https://doi.org/10.52436/1.jpti.578