Pendampingan Program Pengembangan Generasi Madani Melalui Pendidikan Agama Islam Kepada Anak-Anak TPA Masjid As-Sajadah
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.399Kata Kunci:
Al-Quran, Generasi Madani, Ogan Komering Ulu, Pendidikan Agama Islam, Pendampingan, Peradaban Islam, Qurban, Sejarah Islam, TPA MasjidAbstrak
Program Pendampingan Pengembangan Generasi Madani di TPA Masjid As-Sajadah Dusun II Kibang, Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam bagi anak-anak. Program ini mencakup pembelajaran Al-Quran, sejarah Islam, penyembelihan qurban, dan kejayaan peradaban Islam. Melalui metode pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, program ini berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran, pemahaman sejarah Islam, dan penerapan nilai-nilai keislaman. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan finansial, keterlibatan orang tua dan komunitas, kondisi fasilitas, motivasi peserta, logistik, komunikasi, dan cuaca. Solusi yang diterapkan termasuk pelatihan bagi guru dan relawan, penggalangan dana, peningkatan sosialisasi, renovasi fasilitas, metode pembelajaran inovatif, program penghargaan, transportasi terorganisir, dan peningkatan komunikasi serta evaluasi yang mendalam. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek akademik dan karakter peserta, serta keterlibatan aktif orang tua dan komunitas. Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi positif dalam pembentukan generasi muda yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas tentang ajaran Islam.
Unduhan
Referensi
A. Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kencana, 2012.
F. Rahman, Islamic Education: The Philosophy, Aim, and Main Features. Islamic Studies Journal, 2018.
M. G. S. Hodgson, The Venture of Islam: Conscience and History in a World Civilization. University of Chicago Press, 1974.
Nasaruddin, Sejarah Kebudayaan Islam. Rajawali Pers, 2015.
Y. I. Kurniawan, E. Soviana, I. Yuliana, "Merging Pearson Correlation and TAN-ELR algorithm in recommender system,” in AIP Conference Proceedings, vol. 1977, no. 1, 2018, doi: 10.1063/1.5042998.
L. Cohen, L. Manion, K. Morrison, Research Methods in Education. Routledge, 2018.
D. A. Kolb, Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall, 1984
J. L. Epstein, School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press, 2001.
M. Fullan, The New Meaning of Educational Change. Teachers College Press, 2007.
R. M. Ryan, and E. L. Deci, "Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions", Contemporary Educational Psychology, vol. 25, no. 1, pp. 54-67, 2000.