Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Mobilindo Menggunakan Design Thinking

Penulis

  • Daniel Wijaya Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Nelson Saputra Edika Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Wilcent Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Malvin Hendrawan Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Adi Saputra Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Muhammad Rizky Pribadi Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.395

Kata Kunci:

Mobilindo, User Experience, User Interface, Shop

Abstrak

Sebuah studi yang mengadopsi pemikiran desain untuk mewujudkan antarmuka pengguna (UI) yang menarik secara visual dan memperkaya pengalaman pengguna (UX) untuk aplikasi pembelian mobil bertema "Mobilindo". Perjalanan kami melalui berbagai tahapan pemikiran desain membawa kami ke dalam jurang terdalam kebutuhan, keinginan, dan tantangan pengguna saat mereka mengarungi keruhnya proses pembelian mobil. Kami memulai dengan empati: wawancara dan observasi selama fase ini memberikan wawasan tentang calon pengguna dan konteks aplikasi mereka. Beralih ke definisi, kami memaparkan masalah yang ada serta kebutuhan pengguna; ini akan menjadi bintang utara kami selama upaya desain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Brown, Change by Design: Change by Design: How Design Thinking Inspires Innovation. Harper Business, 2009.

Kaskus, Kenapa proses pembelian tunai dipersulit. 2023, https://www.kaskus.co.id/thread/63d48baff7ec6b48205841c0/sisi-gelap-kenapa-beli-kendaraan-cash-itu-sulit-sales-kenalan-saya-menjawab. (Diakses pada 30 Mei 2024)

J. Lee, S. Kim, "Mobile App Interface Design: A Case Study on Automotive Applications", International Journal of Human-Computer Studies, 2020.

H. Yuniar, "Analisis Proses Jual Beli Kendaraan Bermotor di Indonesia," Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 78-85, 2021.

F. Kurniawan, "Metode Design Thinking dalam Pengembangan Produk Digital," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 5, no. 2, pp. 123-130, 2018.

B. Buxton, Sketching User Experience: Sketching what users want. Morgan Kaufmann, 2007.

A. Mulyana, "Peningkatan Interaksi Pengguna pada Aplikasi E-Commerce Otomotif dengan User-Centered Design", Jurnal Sistem Informasi, vol. 11, no. 3, pp. 211-220, 2022.

E. Ries, The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs innovate continuously to create successful businesses. Crown Business, 2011.

Gambar dari tahapan metode Design Thinking : https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9

T. Kelley, and D. Kelley, Creative Confidence: bringing out the creativity that is within us. Crown Business, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-23

Cara Mengutip

Wijaya, D., Saputra Edika, N. ., Wilcent, W., Hendrawan, M., Saputra, A., & Pribadi, M. R. . (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Mobilindo Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(2), 73-77. https://doi.org/10.52436/1.jpti.395