Perancangan UI/UX Pada Aplikasi PawsCare Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.391Kata Kunci:
Diskusi, Kesehatan, Pecinta Hewan Anjing, PerawatanAbstrak
PawsCare adalah aplikasi inovatif yang dirancang khusus untuk membantu pemilik anjing dalam merawat dan menjaga kesehatan hewan peliharaan mereka. Dengan menyediakan platform mobile yang mudah diakses, aplikasi ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi lengkap tentang makanan, vaksinasi, perawatan, serta konsultasi dengan dokter hewan profesional. Pendekatan desain menggunakan metode Design Thinking memastikan bahwa antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna teroptimalisasi, sehingga PawsCare tidak hanya memberikan solusi praktis tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi para pecinta anjing. Dalam aplikasi ini para pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan berbagai fitur maupun menu yang ada berkat metode yang telah digunakan. Sehingga dapat dikatakan aplikasi ini merupakan suatu terobosan baru untuk para pecinta anjing yang dapat membantu pemilik anjing untuk melakukan berbagai kegiatan untuk hewan kesayangannya, mulai dari konsultasi dengan dokter hewan, memberi kebutuhan untuk anjing, dan dapat digunakan untuk melakukan reservasi online.
Unduhan
Referensi
R. K. Nurlayli and D. S. Hidayat, “Kesepian Pemilik Hewan Peliharaan yang Tinggal Terpisah dari Keluarga”, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, p.23, 2014.
M. A. Christine, W. Hadi, A. C. Kendekallo, M. Suryadarma, and A. Amesa, “INGON, Web Solusi Pemeliharaan Hewan-Hewan Terlantar & Sakit”, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, p.196 , 2016.
F. D. Novitasari and R. M. Arief, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pemesanan Petcare Berbasis Android Menggunakan Figma di Jombang”, Jurnal Teknologi Technoscientia, vol. 16, no. 2, p. 42, 2024.
S. M. Prasetiyo, H. Simanjuntak, D. B. Laksono, and M. G. N. Gunawan, “UI UX Developer”, Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 1, p. 50, 2022.
A. F. M. Candra, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Rancang Prototipe Aplikasi Berbasis Web Sistem Peminjaman Dokumen Arsip di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur”, Jurnal Penelitian Administrasi Publik, vol. 2, no. 4, p. 8, 2022.
I. R. Rohma, A. D. D. Saputri, H. Y. Ramadhani, Z.Aryanta, and K. Auliasari, “Penerapan metode Design Thinking pada Pengembangan Aplikasi Pencarian Kerja “GETJOB””, Digital Transformation Technology (Digitech), vol. 3, no. 2, p. 736, 2023.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer”, Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 3, no. 2, pp. 75-93, 2018.
A. C. Widodo, “Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi”, p.2, 2021.
Biro Administrasi Kemahasiswaan. Alumni dan Informasi. “Mengenal Tahapan dalam Penyusunan Design Thinking Beserta Contohnya”. Last modified January 22, 2022. https://bakai.uma.ac.id/2022/01/22/mengenal-tahapan-dalam-penyusunan-design-thinking-beserta-contohnya/
B, Miller. “What Is Design Thinking and What Are the 5 Stages Associated with It”. Medium. Last modified August 24, 2017. https://medium.com/@bhmiller0712/what-is-designthinking-and-what-are-the-5-stages-associated-withit-d628152cf220.
Mahindra, Aditya Try, I. Wayan Batan, and Tjokorda Sari Nindhia. "Gambaran hematologi anjing peliharaan di Kota Denpasar." Indonesia Medicus Veterinus 9, no. 3, pp. 314-324, 2020.
Oktaviyani, Enny Dwi, Sherly Christina, and Agry Nugraha. "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT YANG DISEBABKAN PARASIT PADA HEWAN PELIHARAAN ANJING BERBASIS WEB." Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika 12, no. 1, pp. 18-31, 2018.
Harianti, Asni, and Yolla Margaretha. "Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Brainstorming dalam Mata Kuliah Kewirausahaan." Jurnal Manajemen Maranatha 13, no. 2 2014.