Pengembangan Media Flip chart Elemen Pancasila Fase B Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.367Kata Kunci:
Elemen Pancasila Fase B, Media Flip chart, Pendidikan PancasilaAbstrak
Pembelajaran Pendidikan Pancasila sering diabaikan oleh siswa karena minimnya partisipasi mereka dalam pembelajaran konvensional dan minimnya penggunaan media, yang membuat mereka kesulitan memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk yang sesuai untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila. Tahapan desain penelitian meliputi: 1) identifikasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) evaluasi produk. Hasil penilaian dari tiga validator menunjukkan presentase yang tinggi: 1) 86,6% dari ahli materi, 2) 88,8% dari ahli media, dan 3) 91,8% dari ahli bahasa. Hasil uji keterbacaan siswa menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat sesuai, dengan angket keterbacaan siswa mencapai 95,2% dan angket keterbacaan guru mencapai 92%. Sehingga, pembuatan media flip chart Elemen Pancasila Fase B diasumsikan selaras dan mampu dipakai secara efektif dalam kegiatan belajar.
Unduhan
Referensi
M. Ninawati, R. Rahmiati, and N. Wahyuni, “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Pademangan Barat 11 Jakarta Utara,” TANGGAP J. Ris. dan Inov. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2021, doi: 10.55933/tjripd.v2i1.273.
Junaedi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Manaj. Pendidik. dan Pelatih., vol. 3, no. 14, p. 12, 2002.
P. D. Anggraini and S. S. Wulandari, “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 2, pp. 292–299, 2020, doi: 10.26740/jpap.v9n2.p292-299.
M. Mustaqim, “Penggunaan Media Tik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Quran Di Sdn 6 Mataram,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 1, pp. 9–16, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i1.2510.
P. K. Dewi, Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran, 1st ed. Malang: UB Press, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Media_Pembelajaran_Bahasa.html?id=ONqFDwAAQBAJ&redir_esc=y
L. Zahra and Yunisrul, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Pembelajaan Seni Rupa Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 2, pp. 6238–6251, 2024.
S. Marwiyah, I. Ismail, and M. Masruddin, “Implementation of Smart Pop Up Book Media to Improve Read-Write Literacy in Children,” IDEAS J. English Lang. Teach. Learn. Linguist. Lit., vol. 11, no. 1, pp. 864–869, 2023, doi: 10.24256/ideas.v11i1.3789.
I. Damayanti and R. Rahmawati, “ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MATERI PKn KELAS TINGGI UNTUK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH,” Pema (Jurnal Pendidik. Dan Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2023, doi: 10.56832/pema.v1i1.27.
S. Etri Julita, “Penggunaan Metode Pembelajaran Variatif Dalam Pembelajaran Warga Belajar Paket C,” JOLL (JUNE 2022) J. Lifelong Learn., vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/3532/2206
Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
I. Merrisa, Putri Rarasati and S. Widiastuti, “Pengembangan Media Flip Chart Statistika Untuk Pembelajaran Matematika Sd Kelas Iv,” Cendikia, vol. 2, no. 3, pp. 189–198, 2024.
T. Wulandari, “Pengaruh penggunaan media pembelajaran FlipChart terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X Di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024,” no. November 2023, 2023.
N. Sudjana, Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
M. Sarip, S. Amintarti, and N. H. Utami, “Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati,” JUPEIS J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 43–59, 2022, doi: 10.57218/jupeis.vol1.iss1.30.
S. A. J. and C. Arikunto, Suharsimi, Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
E. R. Wati, Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena, 2016.
M. I. Jauhari, “Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam,” J. Piwulang, vol. 1, p. 54, 2018, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/328072804_Peran_Media_Pembelajaran_dalam_Pendidikan_Islam
Dalila; Permata, Feby, "Pengembangan Media Flipchart untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas III SD Negeri 106812 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2021/2022," Skripsi Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18823, 22 10 2022.
N. P. Amanda, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengenalan Komunikasi Dasar Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Kelas V SD/MI," Skripsi Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung_
http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5885, 20 Februari 2019.
M. R. Fadillah and M. Ninawati, "Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Materi Perkembangbiakan Hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok," Jurnal Penelitian Pendidikan_
https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/3532, vol. 7, 2020.
M. Minawati, "Potensi Penerapan Nilai-nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar," Jurnal MATH-UMB-EDU
https://jurnal.umb.ac.id/index.php/math/article/view/672, vol. 7, no. Vol. 7 No. 2 (2020): MARCH, 30 5 2020.
N. Siregar and A. S, "Optimization of Facilities and Infrastructur Management in Improving the Quality of Learning," Jurnal Tarbiyah
https://www.researchgate.net/publication/352893605_OPTIMIZATION_OF_FACILITIES_AND_INFRASTRUCTURE_MANAGEMENT_IN_IMPROVING_THE_QUALITY_OF_LEARNING, pp. 28-34, 30 Juni 2022.