Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.87Kata Kunci:
Aplikasi berbasis web, hasil belajar, LiveworksheetAbstrak
Pembelajaran pada massa pandemi Covid-19 dilakukan dengan cara daring, tetapi keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran rendah yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah, maka perlu penelitian penerapan penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web dan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-KI-1 tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 36 orang. Tanggal penelitian ini adalah 20 Januari-26 februari 2021. Mata pelajaran yang dilakukan tindakan adalah Mata Pelajaran Produktif Alat Industri Kimia dengan materi materi prasiklus : kompresor, siklus 1 : conveyor, dan siklus 2 : alat pembesaran partikel. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar peserta yaitu pada prasiklus dengan ketutasan klasikal peserta didik 52,7% dan rata-rata hasil belajar 69,7, kemudian siklus 1 dengan ketutasan klasikal peserta didik 72,2 % dan rata-rata hasil belajar 76,6 dan siklus 2 dengan ketutasan klasikal peserta didik 86,1% dan rata-rata hasil belajar 82,8. Dari hal tersebut dapat disimpulkan a) penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik b) Pelaksanaan pembelajarannya yaitu guru merencanakan pembelajaran, peserta didik mempelajari materi dan mengerjakan LKPD dan hasilnya dikirimkan ke LMS sekolah kemudian peserta didik melakukan tatap muka virtual dan mengerjakan evaluasi.
Unduhan
Referensi
I. K. Sudarsana and dkk, COVID-19: Perspektif Pendidikan, no. October. Denpasar: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Y. Fitriyani, I. Fauzi, and M. Z. Sari, “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, p. 166, 2020, doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
A. Muhtadi, Modul 3. Pembelajaran Inovatif (Modul Pendidikan Profesi Guru). Jakarta: Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas, 2019.
F. Zulaiha, “Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi,” J. Pendidik. Fis. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 28–32, 2018, [Online]. Available: http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/61.
M. Djajadi, Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), no. April 2019. 2019.
F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.
N. Andriyani, Y. Hanafi, I. Y. B. Safitri, and S. Hartini, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va,” Pros. Pendidik. Profesi Guru, no. September, pp. 122–130, 2020, [Online]. Available: http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf.
D. Aulia Zahroh and Yuliani, “The Development of Scientific Literacy Based E-LKPD to Train Student’s Critical Thinking Skills in Growth and Development Materials,” Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 10, no. 3, pp. 605–616, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38541.
S. Puspitasari, “Pengaruh E-Worksheet Interaktif Berbasis Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa,” 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Andi Prabowo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.