Pengembangan Sistem Informasi Keluhan Pelanggan Berbasis Laravel Untuk Peningkatan Layanan Jasa Nugraha Ekakurir (JNE)
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.601Kata Kunci:
Framework Laravel, JNE, Keluhan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Sistem InformasiAbstrak
Peningkatan kualitas pelayanan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis jasa pengiriman. PT Jasa Nugraha Ekakurir (JNE) Kabupaten Bandung menghadapi tantangan dalam menangani keluhan pelanggan secara efektif dan efisien. Masalah utama yang dihadapi oleh PT Nugraha Ekakurir (JNE) adalah kurang efektifnya pengelolaan dan penanganan keluhan pelanggan, yang berdampak pada menurunnya kepuasan pelanggan terhadap layanan. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan serta memonitor penyelesaian masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi keluhan pelanggan berbasis Laravel guna meningkatkan layanan JNE Kabupaten Bandung. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian menggunakan black box testing. Sistem ini memfasilitasi pengajuan keluhan secara online, pelacakan status keluhan real-time, dan pengelolaan data keluhan secara efisien. Hasil pengujian menunjukkan sistem meningkatkan transparansi dan kepuasan pelanggan secara signifikan, memberikan dampak positif terhadap daya saing JNE di sektor jasa pengiriman.
Unduhan
Referensi
V. N. D. N. F. Mei, "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Ketepatan Waktu Pengiriman sebagai Variabel Moderasi pada PT JNE Express Cabang Karangawen Ex," Jumabedi vol 2 no 1, 2024.
M. Citra, "Pengaruh Kualitas Layanan Perangkat Desa Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Sei Suka Deras.," Journal on Education, , vol. 6(1), no. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4224, p. 8077–8084. , 2023.
Y. J. T. Z. X. T. Y. T. T. Rui Qi Tang, "A Study of Courier Service Quality and Customer Satisfaction.," International Journal of Applied Business and International Management. Retrieved from https://www.researchgate.net, vol. 7, no. 1, pp. 137-150, 2022.
A. Ikhwana and F. Nurhamdani, "Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir," Kalibarasi, vol. 21, no. 2, pp. 99-106, 2023.
S. Y. W. Novelia Kewtary, "PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS," Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Terpadu, vol. 8, no. 7, pp. 699-706, 2024.
A. G. B. Susanto, "Implementasi Metode RAD pada Sistem Pengaduan Masyarakat (SIPMAS) di Desa Logung Menggunakan Framework Laravel," Junal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6(3), no. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i3.1376, pp. 494-506, 2024.
Y. P. G. s. A. P. K. Casro, "Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto," JSI : Jurnal sains dan Informatika, vol. 6(2), no. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.244, 2020.
U. C. Egi Bahari Dwi Fraska, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Tiket Keluhan Pelanggan PT. Jinde Grup Indonesia Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall," JNKTI, vol. 6 no 5, no. DOI: https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i5.6909, 2023.
R. d. S. M. A. S., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur, Bandung : Informatika, 2018.
T. &. S. T. Budianto, "Implementasi Framework Bootstrap untuk Pengembangan Website Responsif.," Jurnal Teknologi Informasi, 14(3), 97-105, vol. 14, no. 3, pp. 97-105, 2020.
A. P. Basuki, Konsep dan Implementasi Pemrograman Laravel 5, Jakarta: Lokomedia, Edisi 2019.
A. P. B. E. N. B. D. T. H. F. R. A. &. P. R. W. P. Najib, "Implementasi Desain Sistem Informasi Pelayanan pada Dukcapil Berbasis Website Menggunakan Figma.," Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), , vol. 4(2), p. 80–98 , 2023.
A. S. R. N. S. R. O. Irwan Tanu Kusnadi, Pemodelan Sistem Berbasis Objek dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu ISBN: 978-623-228-311-4, 2019.
F. Diapoldo Silalahi, Manajemen Database MySQL (Structured Query Language)., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.
M. Mintarsih, "Pengujian Black Box dengan teknik Transition pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis web dengan metode Waterfall pada SMC Foundation," Jurnal Teknologi dan sistem informasi bisnis, vol. 5(1), pp. 33-35, 2023.
B. S. T. P. M. O. N. Dwi Teguh Afandi, "Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Data Claim Customer Menggunakan Framework Laravel," INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 6, no. 1, pp. 23-34, 2021.