Perbedaan Kemampuan Teknik Gambar Self-Directed Learning dan Tutor Sebaya di Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan

Penulis

  • Ridho Azahar Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Syafiatun Siregar Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.347

Kata Kunci:

Kemampuan Teknik Gambar, Self-Directed Learning, Tutor Sebaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan teknik gambar yang diajar dengan model pembelajaran Self-Directed Learning dan model pembelajaran Tutor Sebaya di Era Merdeka Belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi kelas X DPIB yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal valid dan lembar kerja peserta didik sebagai nilai keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan perhitungan independent sample t test melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajran Self-Directed Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran Tutor Sebaya (77,28 > 63,88). Kedua, rata-rata nilai keterampilan siswa yang diajar dengan model pembelajran Self-Directed Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran Tutor Sebaya (68,09 > 63,75). Ketiga, nilai t pada t-test for equality of means sebesar 3,625 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,670 maka uji hipotesis  ditolak (   >  ). Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan kemampuan teknik gambar yang diajar dengan model pembelajaran Self-Directed Learning dan Tutor Sebaya di Era Merdeka Belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Siagian, J. J. Pangaribuan, and P. J. Silaban, "Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, 2020.

E. N. Fahmayani, "Pelaksanaan Link And Match 8 + I Di SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Dlingo", Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, vol. 16, no. 1, 2021.

S. S. Pupuh, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama, 2007.

E. Solihatin, Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.

Sudjana, Metoda Statistika, Bandung : Tarsito, 2002.

D. Priyatno, Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta: Gava Media, 2010.

U. T. Rifanti, H. Pujiharsono, "Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit," vol. 2, no. 2, 2018.

H. Suhendri, "Pengaruh Kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika", Jurnal Formatif, vol. 1, no. 1, pp. 29-39, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-24

Cara Mengutip

Azahar, R., & Siregar, S. . (2024). Perbedaan Kemampuan Teknik Gambar Self-Directed Learning dan Tutor Sebaya di Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(11), 487-492. https://doi.org/10.52436/1.jpti.347