Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ

Penulis

  • Siti Mutia Suryani Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Oktavia Hardiyantari Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.280

Kata Kunci:

Android, Dasar-Dasar Program Keahlian, Efektivitas, Multimedia Pembelajaran Interaktif

Abstrak

Multimedia pembelajaran interaktif merupakan alat bantu yang dapat mendukung proses pembelajaran. Pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian siswa sulit memahami pelajaran dengan baik, mudah merasa bosan dan sulit fokus dikarenakan sumber, metode dan media pembelajaran yang kurang interaktif dan variatif. Hal tersebut berdampak pada nilai ketuntasan ulangan siswa yang masih dibawah 10% dari keseluruhan siswa kelas X TKJ sehingga membuat hasil belajar cenderung kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian kelas X TKJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian APPED, dengan tahapan analisis dan penelitian awal, perancangan, pengembangan, evaluasi dan diseminasi. Pada tahap pengembangan dibutuhkan beberapa tools yaitu Android Studio sebagai tools utama, kemudian tools pendukung lainnya seperti  Firebase, SDK Android, JDK, dan Adobe Illustrator. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian kelas X TKJ. Berdasarkan pengujian alpha testing dan beta testing multimedia pembelajaran interaktif ini memperoleh skor persentase 92,5% dari ahli media, 80% dari ahli materi dan 88% dari siswa dengan kategori “Sangat Layak” pada ketiga validator. Berdasarkan uji efektivitas memperoleh skor persentase 60% yang dikategorikan “Cukup Efektif”. Berdasarkan pengujian multimedia pembelajaran interaktif tersebut dapat dikatakan hasilnya sangat layak dan cukup efektif digunakan sebagai media bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. Bandung: Alfabeta, 2020.

Y. Yudhanto and A. Wijayanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

H. D. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif, 1st ed. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

F. R. S. Edi, Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2017.

A. A. Murad, Ekonomi Makro Suatu Analisis dan Aplikasi “Komputer.” Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2022.

Nana, Pengembagan Bahan Ajar. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2019.

Rusman, D. Kurniawan, and C. Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Professionalitas Guru. Bandung: Rajawali Press, 2012.

L. Fauziyah and Jailani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Mater. Lett., vol. 2, pp. 149–163, 2014, doi: 10.1016/j.matlet.2003.12.021.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Suryani, S. M., & Hardiyantari, O. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(5), 223-232. https://doi.org/10.52436/1.jpti.280

Terbitan

Bagian

Artikel