Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Pada Guru Sman 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon

Penulis

  • Mulyono SMAN 1 Suranenggala, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.259

Kata Kunci:

Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi akademik pada Guru SMAN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen Perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 59,5% pada Kompetensi awal, menjadi 72% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 84,25%; (2) Pada Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran, terdapat peningkatan Kompetensi dari 58,5% menjadi 73,5% setelah siklus I dan pada siklus II lebih menguat menjadi 83,25%; (3) Dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 57,5% menjadi 70,5% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83% setelah siklus II; (4) Meskipun tidak terlihat adanya peningkatan yang cukup tajam, dalam komponen pemilihan Media dan alat pembelajaran juga terdapat adanya peningkatan dari 56,5% pada awal kegiatan dan 70,75% setelah siklus I, menjadi 81,5% setelah siklus II; (5) tingkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen perencanaan evaluasi pembelajaran. Dari yang semula hanya 57,5% pada awal kegiatan, menjadi 72,5% pada akhir siklus I dan berhasil mencapai 82,75% pada akhir siklus 2; dan (6) Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru SMAN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

M. Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.

N. Mulyana, Modul Pengembangan Kemampuan Supervisi Akademik Bagi Kepala Sekolah. Edu Publisher, 2019.

Menteri Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru . 2007.

R. Ananda, Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019.

H. Soekamto and B. Handoyo, Perencanaan pembelajaran geografi (Dilengkapi Kurikulum Merdeka). Bayfa Cendekia Indonesia, 2022.

M. Yaumi, Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana, 2017.

A. Nugroho, “Upaya meningkatkan kompetensi pedagogok guru non kependidikan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik di madrasah tsanawiyah binaan tahun pelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. Konvergensi Januari 2021, vol. 35, p. 7, 2021.

A. Kasaming, Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2018.

Jakni, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2017.

D. Arikunto and Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta PT. Bumi Aksara, 2008.

Z. Aqib and M. Chotibuddin, Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish, 2018.

M. Telaumbanua, S. Sos, and M. P. MM, Belajar teori dan praktik dalam penelitian tindakan sekolah. Ahlimedia Book, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Mulyono, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Pada Guru Sman 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(12), 505-511. https://doi.org/10.52436/1.jpti.259