Pengembangan Magecah (Materi Game Pecahan) Dalam Pelajaran Matematika untuk Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.213Kata Kunci:
Media game pecahan, Pecahan, PengembanganAbstrak
Penelitian dilakukan di tiga sekolah yaitu UPT SDN Kendalrejo 04, UPT SDN Sidodadi 03 dan UPT SDN Talun 03 tentang pengembangan media split play. Landasan penelitian ini adalah keadaan pandemi Covid-19, kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran, siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan materi permainan pecahan dan untuk mengetahui keterbacaan guru dan siswa terhadap penggunaan materi permainan pecahan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall RnD yang telah diterapkan dan dikembangkan oleh Sugiyono. Sampel penelitian ini adalah guru SD yang berjumlah 20 guru dari tiga sekolah di Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar konfirmasi ahli, angket bacaan guru dan siswa. Pengembangan support split game ini menggunakan aplikasi Construct 2 dan Corel Draw X7. Hasil otentikasi dari 3 ahli perangkat keras menghasilkan persentase rata-rata 88,89% dalam kategori relevan, hasil validasi dari 3 ahli media menghasilkan persentase rata-rata 86,67% dalam kategori layak dan hasil validasi dari 3 ahli bahasa memperoleh nilai persentase 88,33% dari kategori memenuhi syarat. Hasil tes membaca 5 orang guru memiliki rata-rata persentase 99,66 dengan nilai sangat benar dan hasil tes membaca 5 siswa memiliki rata-rata persentase 9 dengan nilai sangat benar. Melalui uraian di atas dapat disimpulkan bahwa membangun materi game edukasi tentang pecahan bawaan sangat layak, sehingga materi pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pecahan kelas IV SD semester 1.
Unduhan
Referensi
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
A. W. Fitri, "Pengembangan MUJAMATCAH (Multimedia Pembelajaran Matematika Pecahan) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar," Skripsi, Universitas Islam Balitar, 2020.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
H. Hudojo, Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2005.
Y. Munadi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2015.
J. Noor, Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Jakarta : Kencana, 2011.
P. Novianti, "Pengembangan Multimedia Penanaman Konsep Pecahan (KOCAH) Untuk Siswa Kelas IV," Skripsi, Universitas Islam Balitar, 2020.
Rofiqoh, Iffatur, dkk., "Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar," Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 41-54, 2020.
Sadiman, S. Arif, dkk., Media Pendidikani: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
N. I. Widiastuti, and I. Setiawan, "Membangun Game Edukasi Sejarah Walisngo," Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 41-48, 2012.