Pengembangan Video Animasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Dasar Melalui Zepenter
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.186Kata Kunci:
Anak Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter, Video AnimasiAbstrak
Pendidikan Karakter adalah proses penerapan nilai-nilai moral dan agama kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuan dan nilai-nilai tersebut diterapkan pada diri sendiri, keluarga, sahabat, pendidik,dan orang- orang disekitarnya,atau kepada Tuhan. Pertumbuhan sosial anak SD telah dilakukan sejak dini seperti menghormati orang tua dan beribadah. Namun kenyataannya pada hal pendidikan karakter masih banyak siswa sekolah dasar masih kurang menerapkan. Maka dari itu kami melakukan penelitian kepada kelas IV SD dengan mengambil materi Nilai-nilai dalam Pendidikan karakter. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa banyak anak yang menanamkan nilai karakter pada dirinya dan untuk menguji coba sebuah produk berupa video animasi yang ditunjukan kepada siswa sekolah dasar kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Development. Berdasarkan hasil datanya, menunjukan bahwa dari 29 siswa yang mengisi angket tersebut terdapat 3 orang siswa atau kurang dari 10% tidak paham mengenai arti dari pendidikan nilai karakter, 7 orang siswa atau sekitar 6 % siswa merasa tidak ikhlas saat kehilangan sesuatu, 1 orang siswa atau kurang lebih dari 3 % siswa merasa belum mempunyai rasa tanggung jawab, perkerja keras, dan berkata jujur kepada orang tua. Selebihnya semua siswa mengisi atau menjawab “YA”. Berdasarkan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata peserta didik dapat termotivasi dan tertarik dengan hasil produk yang telah dibuat dan semua peserta didik dikelas IV SDN Pakuwon II tersebut paham dan mengerti mengenai Nilai-nilai dalam Pendidikan karakter karena semua peserta didik tersebut telah menunjukan dan melaksakan sikap karakter yang terpuji.
Unduhan
Referensi
Saiful, H. Yusliani, and Rosnidarwati, “Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 01, pp. 721–739, 2022.
N. Hidayati, N. Hakim, and M. Sulton, Zakki, “PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN RUTIN UNTUK MENANAMKAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SISWA SD/MI,” J. Islam. Elem. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 47–61, 2020.
Kemdikbud, "Kajian Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)," 2020. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro (accessed Maret. 25, 2022)
L. Novita, E. Sukmanasa, and M. Pratama, Yudistira, “Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 64–72, 2019.
N. Hayati, M. Ahmad, Yusuf, and F. Harianto, “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota,” J. Al-hikmah, vol. 14, no. 02, pp. 160–180, 2017.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. C.V Pustaka Setia, 2011.
Daryanto, Media pembelajaran?: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta?; Gava Media, 2016.
N. Lestari, Dwi, R. Hermawan, and D. Heryanto, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 33–43, 2018.
I. Handayani, N. Damayanti, Astari, A. Anggraeni, A. Riadi, Putri, and A. Aeni, Nur, “Pengembangan Aplikasi Sipinter sebagai Media Pembentukan Karakter Islami bagi Anak SD dalam Upaya Preventif Degradasi Moral,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 172–181, 2022.
A. Alfiana, E. Listiawati, and R. Faulina, “BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL,” PiMathematics Educ. Journa, vol. 3, no. 2, pp. 92–99, 2020.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsinya dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. PT Adhitya Andrebina Agung, 2013.
ADH, “Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti,” 2021. https://www.gurusumedang.com/2021/09/permendikbud-nomor-23-tahun-2015.html (accessed Maret. 25, 2022)
N. Suarmini, Wayan, N. Rai, Made, Gusti, and Marsudi, “KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA SEBAGAI KETAHANAN SOSIAL BUDAYA BANGSA,” JHS. J. Sos. Hum., vol. 9, no. 1, pp. 78–95, 2016.
U. Hasanah, “POLA ASUH ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK,” Elem. J. Ilm. Pendidik. dasar, vol. 2, no. 2, pp. 72–82, 2017.