Pengembangan Words Scramble Game Tentang Politik Islam Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Zurhaida Zurhaida Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Syifa Nurfitria Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.181

Kata Kunci:

Pengembangan Media Pembelajaran, Peserta Didik, Words Scramble Game

Abstrak

Media pembelajaran berupa words scramble game mampu menyajikan objek belajar dengan mengaitkan materi pembelajaran peserta didik ke dalam game, sehingga peserta didik dapat membangun pemahamannya serta ikut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PAI tentang politik islam sebagai media pembelajaran siswa SD berupa game. Media pembelajaran ini juga menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif selama proses pembelajaran siswa kelas V SD. Karena, adanya media pembelajaran ini siswa tidak akan cepat merasa jenuh dan bosan karena siswa akan bermain sambil belajar. Langkah penelitian ini menggunakan tahapan model ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengerjaan word scramble game yang dilakukan oleh 8 peserta didik, diperoleh rentangan nilai dari skor yang paling tinggi 119 hingga skor yang paling rendah 94. Adapun hasil kuesioner yang telah diisi oleh guru dapat dilihat bahwa 100% guru merasa terbantu dalam mengajar, mendapatkan kemudahan dalam memberikan materi, soal, dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Penggunaan media pembelajaran ini juga mampu meningkatkan minat belajar dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik merasa senang, bersemangat, dan tidak merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. P. Dewi and I. Listiowarni, “Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 124–130, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i2.885.

P. Emma, K. Desa, A. Rosnaningsih, and I. Nurjaman, “PERBEDAAN METODE SCRAMBLE DENGAN METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PARTS OF HUMAN BODY ( Studi pada Siswa Kelas III SDIT At-Taufiq Kota Tangerang ),” vol. 3, pp. 225–233, 2018.

A. C. P. Wibawa, H. Q. Mumtaziah, L. A. Sholaihah, and R. Hikmawan, “Game-Based Learning ( Gbl ) Sebagai Inovasi Dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar Pada Masa New,” Integrated, vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2021.

K. R. Winatha and I. M. D. Setiawan, “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 3, pp. 198–206, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206.

M. Maulidina, S. Susilaningsih, and Z. Abidin, “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 113–118, 2018, doi: 10.17977/um031v4i22018p113.

I. Doc, “Analisis kesenjangan kinerja Menentukan tujuan pengajaran 1,” pp. 1–21, 2019.

M. Nuraini, S. Ega, R. Kristiana, F. A. Ghafar, and A. N. Aeni, “Efektivitas Kurikulum Terpadu Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 577–582, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.120.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

L. L. Ulya, A. N. Aeni, and D. Kurnia, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V,” J. Pena Ilm., vol. 2, no. 1, pp. 2061–2070, 2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Zurhaida, Z., Nurfitria, S., & Nur Aeni, A. (2022). Pengembangan Words Scramble Game Tentang Politik Islam Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 273-278. https://doi.org/10.52436/1.jpti.181