Penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah Untuk Pembelajaran PAI Pada Materi Huruf Hijaiyah Di SD Kelas II

Penulis

  • Hafizia Risa Ummaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Naila Rida Kaylila Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ghina Meilinda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.170

Kata Kunci:

Aplikasi, Huruf Hijaiyah, Pembelajaran PAI

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kehidupan yang serba teknologi sehingga kehidupan senantiasa berkembang dan terus berinovasi dalam segala aspek, salah satunya pendidikan. Media pembelajaran berupa Aplikasi Genius Hijaiyah sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa agar dalam proses pembelajaran siswa merasa menyenangkan dan tidak mudah bosan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam Ilmu Pendidikan Sekolah Dasad yaitu untuk mengetahui penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah untuk pembelajaran PAI pada materi Huruf Hijaiyah di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan model DnD. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Cibentang yang berjumlah 28 orang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil dari wawancara menyeluruh kepada siswa dan validasi yang dilakukan kepada guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain aplikasi Genius Hijaiyah sangat menarik sehingga mampu menarik minat siswa untuk memainkannya, 2) Produk Aplikasi Genius Hijaiyah secara keseluruhan bagus karena memiliki fitur materi dan games yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat digunakan untuk bermain sambil belajar, 3) Aplikasi Genius Hijaiyah memiliki tingkat validitas sebesar 93,33 yang telah diuji oleh Guru PAI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. N. Aeni, N. Hanifah, and C. Sunaengsih, “The impact of the internet technology on teacher competence and student morality,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1318, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012046.

E. Suryadi, M. H. Ginanjar, and M. Priyatna, “Penggunaan Sosial Media Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor),” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 1–22, 2018, doi: 10.30868/ei.v7i01.211.

I. A. Huda, “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 121–125, 2020.

R. Riswanto, “Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Virtual Bagi Guru-Guru Muhammadiyah Kota Metro,” Sakai Sambayan J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, p. 102, 2018, doi: 10.23960/jss.v2i3.117.

F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 19, no. 01, pp. 61–78, 2022.

I. J. Shodiq and H. S. Zainiyati, “Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 di Mi Nurulhuda Jelu,” Al-Insyiroh J. Stud. Keislam., vol. 6, no. 2, pp. 144–159, 2020.

S. Saleh, and D. Helaluddin, “Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf,” no. March. pp. 11–11, 2019.

M. Y. A. Rahman, “Permainan ‘Petualangan Di Ivalice’ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Kelas Vi Sekolah Dasar,” pp. 1–11, 2021.

W. Yuliani, “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling,” Quanta, vol. 2, no. 2, pp. 83–90, 2018, doi: 10.22460/q.v2i1p21-30.642.

S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 539–546, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.134.

A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 33, pp. 81–95, 2018.

S. Sutarsih, “Pengembangan Aplikasi SAC sebagai Media Pembelajaran Menulis Kosakata Baku Bahasa Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, Semarang, pp. 338–342, 2021.

K. Khasanah, M. Muhlas, and L. Marwani, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Smart Apps Creator (SAC) bagi Karyawan Penjual pada TV Berbayar,” Akad. J. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 02, pp. 129–143, 2020, doi: 10.34005/akademika.v9i02.819.

Sudjana, Metoda Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-28

Cara Mengutip

Ummaya, H. R., Kaylila, N. R., Meilinda, G., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah Untuk Pembelajaran PAI Pada Materi Huruf Hijaiyah Di SD Kelas II. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(5), 219-224. https://doi.org/10.52436/1.jpti.170

Terbitan

Bagian

Artikel