PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TREASURE HUNT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI AT TAQWA BONDOWOSO : PERSPEKTIF RENE DESCRATES
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1440Kata Kunci:
Metode Pembelajaran Treasure Hunt, Rene DescratesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah [1] At-Taqwa Bondowoso pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial [2]. Treasure Hunt adalah metode pembelajaran kooperatif berbasis permainan yang mengintegrasikan petunjuk dan tantangan untuk meningkatkan kerja sama, motivasi, dan keterlibatan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis, sesuai dengan prinsip rasionalitas yang ditekankan oleh René Descartes. Penerapan metode ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, sejalan dengan kebijakan pendidikan Indonesia yang mendorong penggunaan metode inovatif untuk mendukung keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis dan kerja sama. Penelitian ini menyoroti bahwa penerapan metode Treasure Hunt berbasis lingkungan alam tidak hanya relevan secara filosofis dan pedagogis, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI At-Taqwa Bondowoso.
Unduhan
Referensi
A. Sulastri and Wasidi, “Penerapan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar,” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 77–85, 2019.
D. Wibowo and N. Fitriani, “Inovasi Pembelajaran IPAS untuk Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus di MI At Taqwa,” Jurnal Pendidikan Sains, vol. 10, no. 2, pp. 102–110, 2021.
M. Yusuf, “Teori Descartes dalam Pendidikan: Relevansinya dengan Pembelajaran Abad 21,” Jurnal Filosofi Pendidikan, vol. 8, no. 4, pp. 80–94, 2020.
A. D. Wijayanti, “Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Teknologi, vol. 13, no. 3, pp. 150–160, 2019.
L. N. Rahmawati and S. Mulyani, “Game-Based Learning to Improve Critical Thinking in Elementary Education,” International Journal of Educational Research Review, vol. 8, no. 1, pp. 45–54, 2023.
R. N. Putri and T. Wahyuni, “Treasure Hunt Method for Cooperative Learning: An Experimental Study,” Jurnal Inovasi Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 120–130, 2022.
H. A. Kurniawan et al., “Active Learning Strategies for IPAS Subjects in Islamic Elementary Schools,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 23, no. 2, pp. 75–88, 2024.
F. Lestari and P. Santoso, “Implementation of Descartes’ Rationalism in Modern Education,” Jurnal Filsafat dan Pendidikan, vol. 15, no. 1, pp. 55–65, 2021.
M. S. Nugroho and I. Anwar, “Students’ Motivation through Treasure Hunt Learning Game,” Indonesian Journal of Education Studies, vol. 11, no. 3, pp. 89–97, 2022.
E. P. Hartati and R. Damayanti, “Pengaruh Metode Treasure Hunt terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 110–120, 2020.
K. H. Supriyadi, “Implementasi Filsafat Descartes dalam Pendidikan Modern,” Jurnal Filsafat dan Ilmu Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 77–84, 2019.
I. P. Saputra, “Metode Treasure Hunt dalam Pembelajaran Kontekstual di SD,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 5, no. 3, pp. 133–142, 2021.
N. Hasanah and D. Pratama, “Analisis Efektivitas Pembelajaran Berbasis Game terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Journal of Educational Innovation, vol. 10, no. 1, pp. 23–33, 2023.
R. D. Rini, “Implementasi Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran IPAS,” Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 14, no. 4, pp. 200–210, 2024.
S. Dewi and L. P. Nugrahani, “Treasure Hunt Games in Primary Education: A Review,” Procedia of Education Conference, vol. 2, pp. 45–52, 2023.
V. Mikuli? Crnkovi?, I. Traunkar, and B. Crnkovi?, “Treasure Hunt as a Method of Learning Mathematics,” Proceedings of the European Conference on Game Based Learning, 2019.Available:https://papers.academicconferences.org/index.php/ecgbl/article/download/740/708/2630










