Penerapan Model Pembelajaran Role Play untuk Mengatasi Rendahnya Keterlibatan Siswa pada Materi Nilai-Nilai Pancasila di SMPN 226 Jakarta

Penulis

  • Anwar Ibrahim Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Arica Safitri Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Desman Zaya Gea Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Perniato Gulo Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Darto Wahidin Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1031

Kata Kunci:

Keterlibatan siswa, model role play, nilai-nilai Pancasila, pembelajaran aktif, penelitian tindakan kelas

Abstrak

Rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila merupakan permasalahan yang masih sering dijumpai di lingkungan pendidikan, termasuk di SMP Negeri 226 Jakarta. Fenomena ini ditandai oleh sikap pasif siswa, kurangnya antusiasme, serta minimnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui penerapan model pembelajaran role play sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu pra-siklus, siklus, dan pasca siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-7. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan pendekatan campuran (mix method). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap keterlibatan siswa, yakni sebesar 53,61% pada tahap pra-siklus, meningkat menjadi 66,14% pada siklus, dan mencapai 80,47% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran role play mampu menciptakan suasana belajar yang kontekstual, menyenangkan, dan komunikatif, sehingga efektif dalam mendorong partisipasi aktif siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran partisipatif dalam Pendidikan Pancasila, serta merekomendasikan penggunaan role play sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan bermakna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armawati, T. R. Andi, G. Maming, and T. S. Andi, “Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Civic Disposition Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Bone,” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 242–247, Mar. 2025, doi: 10.31004/jerkin.v3i3.388.

Y. R. Aziza and V. D. Sumarwoto, “Peningkatan Keaktifan Mengemukakan Pendapat melalui Bimbingan Pribadi dengan Teknik Reinforcement pada Siswa SMP Negeri 1 Takeran Kab. Magetan,” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Nov. 2019, doi: 10.25273/COUNSELLIA.V4I1.258.

S. F. Azka, C. A. S. Nichla, and Hamidaturrohmah, “Efektivitas Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa kelas 3 di SDN Potroyudan Jepara,” Edu sociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, vol. 6, no. 2, pp. 650–659, Dec. 2023, doi: 10.33627/es.v6i2.1400.

Iswadi and Herwani, “Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Era Pademi Covid-19,” Chalim Journal of Teaching and Learning, vol. 1, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.31538/cjotl.v1i1.60.

N. Mufatikhah, W. S. Rondli, and Santoso, “Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 465–471, Apr. 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i2.4667.

Y. Ambarwati, D. Apriandi, and Panidi, “Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Pada Kurikulum Merdeka Melalui Model Pembelajaran Role Playing,” Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, Jul. 2023, doi: 10.23969/jp.v8i1.8988.

A. N. Huda and M. A. Maarif, “Implementasi Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak,” Edukasi: The Journal of Educational Research, vol. 13, no. 1, p. 25, Feb. 2021, doi: 10.21043/edukasia.v13i1.2779.

L. Latipah, “Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Metode Role Playing di Kelas Tinggi Sekolah Dasar,” Dec. 2019. Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1121

S. Arif and S. Oktafiana, Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan Pertama. Mitra Ilmu, 2024. Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1238

P. Utomo, N. Asvio, and F. Prayogi, “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan,” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, vol. 1, no. 4, p. 19, Jul. 2024, doi: 10.47134/ptk.v1i4.821.

A. Asrulla, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, Dec. 2024, doi: 10.31004/jptam.v7i3.10836.

J. Setiawan and D. Damanik, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. researchgate, 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/363094958

R. Arif and P. Hery, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Pertama. CV Saba Jaya Publisher, 2024. Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: ttps://www.researchgate.net/publication/377469385

Panerangan Hasibuan, Rezki Azmi, Dimas Bagus Arjuna, and Sri Ulfa Rahayyu, “Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi Analysis of Air Temperature Measurements Using the Observational Method,” Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, Mar. 2023, [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

R. D. Risanty and A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan BOT Telegram pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling,” Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dec. 2017, Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: semnastek/article/view/2071

F. F. Payon, D. Andrian, S. Mardikarini, D. Andrian, and S. Mardikarini, “Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 02, pp. 53–60, Feb. 2021, doi: 10.46772/kontekstual.v2i02.397.

Y. I. P. Gunawan, “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa,” Khazanah Akademia, vol. 2, no. 1, Mar. 2018, Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: Https://index.php/K/article/view/292

O. D. Antoni and J. Junaidi, “Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Keaktifan Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 4 Sumbar,” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, vol. 4, no. 1, pp. 138–145, Mar. 2025, doi: 10.24036/nara.v4i1.303.

L. N. Ulmarhamah and A. Waldi, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI Menggunakan Model Role-Playing Di Sdn 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 9*, no. 2, Jun. 2024, doi: 10.23969/jp.v9i2.13820.

M. M. Adha and E. Susanto, “Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia,” Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, vol. 15, no. 1, p. 121, Jul. 2020, doi: 10.37680/adabiya.v15i01.319.

E. E. Saputra, “Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing,” Journal of information System and Education Development, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, Feb. 2024, doi: 10.62386/jised.v2i1.43.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-12-24

Cara Mengutip

Ibrahim, A., Safitri, A., Zaya Gea, D., Gulo, P., & Wahidin, D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Role Play untuk Mengatasi Rendahnya Keterlibatan Siswa pada Materi Nilai-Nilai Pancasila di SMPN 226 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(12), 3529-3537. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1031