Analisis Aplikasi Moises AI dalam Pembelajaran Vokal: Inovasi Digital untuk Guru Musik
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.707Keywords:
Inovasi Musik, keterampilan bernyanyi, Moises AI, Pemebelajaran vokal, Teknologi DigitalAbstract
Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan musik. Namun, pembelajaran vokal masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan akses terhadap backing track yang sesuai, kurangnya fleksibilitas dalam penyesuaian tempo dan nada, serta keterbatasan umpan balik yang cepat bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi Moises AI dalam meningkatkan keterampilan vokal siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan melibatkan 4 guru dan 10 siswa dari Aha Music Course (AMC) yang telah menggunakan aplikasi Moises AI selama 3 minggu. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam stabilitas nada, perbaikan dalam artikulasi lirik, dan mengoptimalkan kontrol dinamika suara yang lebih baik setelah memanfaatkan fitur Vocal Remover, Tempo Control, dan Transpose. Selain itu, para guru melaporkan bahwa aplikasi ini membantu mereka dalam memberikan evaluasi yang lebih cepat dan akurat terhadap perkembangan siswa. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi Moises AI memiliki potensi besar sebagai alat bantu pembelajaran vokal yang efektif dan merekomendasikan integrasi teknologi ini secara berkelanjutan dalam kurikulum pembelajaran musik modern.
Downloads
References
L. Ulyana, N. U. Adha, and N. Hasanah, “EKSPLORASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR,” vol. 8, no. 6, pp. 156–163, 2024.
P. A. Damar and K. Hadi, “Pembelajaran Teknologi Musik sebagai Inovasi pada Pendidikan Musik,” J. Seni Nas. Cikini, vol. 8, no. 2, pp. 1–12, 2022, doi: 10.52969/jsnc.v8i2i.188.
Raharjo, “Peranan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dalam Penyusunan Media Pembelajaran,” no. Ip2b Vii, 2023.
M. B. P. Gemilang, “Media Pembelajaran: Inovasi dan Dampaknya dalam Pendidikan Modern,” pp. 1–5, 2023.
A. R. Habib, “UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta,” Reimajenasi Timbre Nostalg. Bunyi Melalui Komposisi Musik, vol. 3, pp. 1–16, 2021, [Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8497
M. R. Mauludi, R. Permana, and S. Rizal, “Proses Pembelajaran Vokal pada Anak dengan Hambatan Penglihatan ( Tunanetra ) Menggunakan Teknik Somatic dan Auditori ( Braille dan Audio Minus One ) di SMPBL Kelas IX SKH Negeri 01 Kota Serang,” vol. 8, pp. 40119–40128, 2024.
R. Arismunandar, “Pembelajaran vokal dengan menggunakan software gitar pro pada kegiatan ekstrakurikuler musik di smp negeri 1 banda aceh,” J. Ilm. Mhs. Progr. Stud. Pendidik. Seni Drama, Tari dan Musik, vol. 1, no. 1, pp. 73–83, 2016, [Online]. Available: http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/5247%0Ahttp://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/viewFile/5247/2184
M. Kusuma W, K. Adi, and S. Syakhruni, “Perancangan Pembelajaran Vokal Di Sma Menggunakan Aplikasi Karaoke Online Starmaker,” Pros. Conf. Arts, Arts Educ. Des., vol. 2, pp. 41–46, 2021.
Azizah Siti Lathifah, Khoirunisa Hardaningtyas, Z. A. Pratama, and I. Moewardi, “Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa,” DIAJAR J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 36–42, 2024, doi: 10.54259/diajar.v3i1.2233.
S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, and U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021.
L. J. Wu Suen, H. M. Huang, and H. H. Lee, “A comparison of convenience sampling and purposive sampling,” J. Nurs., vol. 61, no. 3, pp. 105–111, 2014, doi: 10.6224/JN.61.3.105.
Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
I. Khairany, M. Chairunnisa, M. Arifin, and I. Artikel, “DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Peran Strategi Pembelajaran dan Implementasinya Pada Era Digital,” vol. 3, no. 1, pp. 8–14, 2024, [Online]. Available: https://journal.yp3a.org/index.php/DIAJAR
Matthew B. Miles & A. Michael Huberman & Johnny Saldaña, “An analytic approach for discovery,” CEUR Workshop Proceedings, vol. 1304. pp. 89–92, 2014.
J. W. Creswell, “Design Research kuantitaif Kualitatif,” Annaba, 2014.
D. I. Sanggar and M. Amabile, “PEMILIHAN LAGU PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK-ANAK,” vol. 3, no. 2, pp. 148–158, 2024.
J. Lee, “BRIDGING THE DIGITAL DIVIDE?: EXPLORING MUSIC TEACHERS ’ TPACK PROFICIENCY,” no. 2021, 2024.
C. Liu, G. J. Hwang, Y. fang Tu, Y. Yin, and Y. Wang, “Research advancement and foci of mobile technology-supported music education: a systematic review and social network analysis on 2008-2019 academic publications,” Interact. Learn. Environ., vol. 31, no. 7, pp. 4535–4554, 2023, doi: 10.1080/10494820.2021.1974890.
E. Defitriani, “Pendekatan Differentiated Instruction,” Univ. Batanghari Jambi, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/38
Siti Nurkhalizah, “Peran Literasi Digital di Era Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Indonesiana, vol. 8, no. 11, pp. 147–153, 2024.