Ethnogames 3D: Stimulasi Pemahaman Konsep Siswa Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Maggurecceng

Authors

  • Mutmainna Mutmainna Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-6133-6884
  • Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar Teknik Kimia, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-8253-9680
  • Andi Nurannisa Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8586-8375
  • Reski Handayani Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Riska Riska Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Rasmiati Rasmiati Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.540

Keywords:

etnomatematika, ethnogames, maggurecceng, pemahaman konsep, pendidikan

Abstract

Bermain merupakan salah satu aktivitas alam yang paling digemari anak-anak. Dapat dikatakan bahwa bermain merupakan salah satu sarana proses belajar. Salah satu permainan yang masih sering dimainkan oleh anak-anak di Sulawesi Selatan adalah permainan Maggurecceng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pendidikan matematika mengenai kelayakan penggunaan permainan ethnogames 3D melalui permainan Maggurecceng pada siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Bone dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan potensi besar permainan tradisional berbasis teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika, khususnya pada konteks etnomatematika dimana terjadi peningkatan pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test mencapai skor 41,99 atau meningkat 73% dengan kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. I. T. Asfar and N. Paronda, "Perbandingan Model Pembelajaran GO CAR (Guided, Orientation, Challenge, Analysis, and Review) dengan Model Pembelajaran GOLD (Guided, Organizing, Leafted, Discovery) terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa," Proximal: J. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 122–132, 2024, doi: https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3346.

J. Y. Putra, R. P. Sari, M. A. Yusuf, M. Fadjar, R. Wahyuni, R. Ardita, and I. Rampasi, "Pelestarian Permainan Tradisional Luko Gile (Bubu Gile) di Desa Dusun Baru 1 Kecamatan Pondok Kubang," Pelayanan Unggulan: J. Pengabdian Masyarakat Terapan, vol. 1, no. 3, pp. 124–136, 2024, doi: https://doi.org/10.62951/unggulan.v1i3.489.

Nurannisa, A. M. I. T. Asfar, and A. M. I. A. Asfar, "Learning Design Based on Local Wisdom Maddawa-Dawa, Mammanu-Manu and Mappettuada," JTAM (J. Teori dan Aplikasi Matematika), vol. 4, no. 2, pp. 214–223, 2020, doi: https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2849.

L. Giawa, E. Gee, and D. Harefa, "Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI SMA Negeri 1 Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/2022," Afore: J. Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 64–77, 2022, doi: https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437.

T. E. Putri, "Analisis Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Bentuk Pangkat dan Akar Kelas X," J. Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 194–205, 2023, doi: https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437.

R. Rasmiati, I. Idris, A. M. I. T. Asfar, A. M. I. Akbar, A. I. Rivaldi, and M. Mutmainna, "Siri Na Pacce: Menjembatani Jurang Komunikasi Generasi Z Dengan Pemanfaatan Socio-Cultural Morphology," J. Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 4, no. 11, pp. 459–465, 2024, doi: https://doi.org/10.52436/1.jpti.508.

A. M. I. T. Asfar, S. Sumiati, A. M. I. A. Asfar, and A. Nurannisa, "Analysis of Students' Mathematical Connection Ability Through Learning Strategies Based on Local Wisdom," J. Didaktik Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 170–185, 2022, doi: https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.22435.

S. Suripah and W. D. Susanti, "Alternative Learning During a Pandemic: Use of the Website as a Mathematics Learning Media for Student Motivation," Infinity J., vol. 11, no. 1, pp. 17–32, 2022, doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p17-32.

D. A. M. Lidinillah, R. Rahman, W. Wahyudin, and S. Aryanto, "Integrating Sundanese Ethnomathematics into Mathematics Curriculum and Teaching: A Systematic Review from 2013 to 2020," Infinity J., vol. 11, no. 1, pp. 33–54, 2022, doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p33-54.

E. Marlina and F. Azis, "The Ethnomathematical Concept of Sundanese Local Wisdom through Building Space for the Earth Alit Kabuyutan West Java Site as the Development of Mathematics Learning Media," International J. of Quantitative Research and Modeling, vol. 4, no. 2, pp. 76–81, 2023, doi: https://doi.org/10.46336/ijqrm.v4i2.449.

A. Nurannisa, A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, and A. Syaifullah, "Improving Students’ Mathematical Logical Intelligence Through the Online-Based Integration of Local Wisdom of Sulapa Eppa Walasuji," Al-Jabar: J. Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 2, pp. 283–294, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9575.

S. N. Afifah, S. Qomariyah, N. Neneng, R. Erviana, and N. J. Rizki, "Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Sukabumi," Mutiara: J. Penelitian dan Karya Ilmiah, vol. 2, no. 4, pp. 158–181, 2024, doi: https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i4.1478.

Published

2025-01-19

How to Cite

Mutmainna, M., Taufan Asfar, A. M. I., Akbar Asfar, A. M. I., Nurannisa, A., Handayani, R., Riska, R., & Rasmiati, R. (2025). Ethnogames 3D: Stimulasi Pemahaman Konsep Siswa Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Maggurecceng. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(1), 15-21. https://doi.org/10.52436/1.jpti.540