Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN Tambakrejo melalui Model Discovery Learning

Authors

  • Farida Nurrokhmah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Apri Damai Sagita Krissandi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Marciana Sarwi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.54

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN Tambakrejo pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning; 2)meningkatkan motivasi siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran discovery learning; 3)meningkatkan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tambakrejo tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes.  Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa telah berhasil di lakukan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning melalui langkah-langkah sebagai berikut; a)Stimulation, b)Problem statement, c)Data collection, d) Data processing, e)Verivication, f) Generalization. 2)Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata untuk kondisi awal siswa sebesar 56% (kurang termotivasi), pada siklus I meningkat menjadi 64% (cukup termotivasi), dan pada siklus II meningkat menjadi 73% (termotivasi). Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dpat dilihat dari peningkatan skor rata-rata kondisi awal sebesar 63,5 (belum tuntas), pada siklus I meningkat menjadi 74,5 (tuntas), dan pada siklus II meningkat menjadi 85 (tuntas).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Feni, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

A. Purwa, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Cahyo, N. Agus, Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler, Yogyakarta: Diva Prees. 2013.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

W. Marsila, Connie, E. Swistoro, “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik,” Vol 2, No 1, pp.1-8, 2019, doi: 10.33369/jkf.2.1.1-8

I. P Budiariawan, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia,” Vol 2. No 2, pp. 103-111, 2019, doi : http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

F. B Adyan, A. Purwanto, Nirwana. “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Labolatory”, vol. 2, no. 3, pp. 129-136, 2019, doi : 10.33369/jkf.2.3.153-160.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMP Bahasa Inggris. Jakarta: Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Published

2023-01-30

How to Cite

Nurrokhmah, F., Krissandi, A. D. S. ., & Sarwi, M. . (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN Tambakrejo melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(1), 25-30. https://doi.org/10.52436/1.jpti.54