Desain UI/UX Aplikasi Mobile E-Commerce Ecoprint Cimemo.id dengan Metode Design Thinking

Authors

  • Aisyah Hasna Aulia Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia
  • Sukhaenah Tri Utami Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia
  • Triana Umi Ma’rifah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia
  • Iqsyahiro Kresna A Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.539

Keywords:

design thinking, e-commerce, ecoprint, mobile, UIUX

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi e-commerce berbasis mobile untuk Cimemo.id, dengan menerapkan metode Design Thinking. Pendekatan ini sesuai untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh Cimemo.id dalam memperkenalkan produk fesyen ecoprint dan meningkatkan interaksi pengguna melalui proses yang terstruktur dan berpusat pada pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa efektivitas aplikasi mencapai 81,81%, yang dikategorikan sangat baik. Selain itu, nilai efisiensi sebesar 0,039 menunjukkan waktu penyelesaian yang sangat cepat. Penerapan metode Design Thinking membantu merancang antarmuka yang lebih menarik dan ramah pengguna, meningkatkan kenyamanan berbelanja dan pemahaman pengguna terhadap produk ecoprint yang ditawarkan. Dengan desain UI/UX yang efisien dan efektif ini, aplikasi tersebut diharapkan dapat memperkuat daya saing Cimemo.id di pasar e-commerce yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. A. Dihni, “Indonesia Hasilkan 60 Juta Ton Limbah B3 pada 2021,” databoks.katadata.co.id/. Accessed: May 29, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/09/indonesia-hasilkan-60-juta-ton-limbah-b3-pada-2021

D. A. Asmara, “Penerapan Teknik Ecoprint pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual,” J. Pengabdi. Seni, vol. 1, no. 2, pp. 16–26, 2020, doi: 10.24821/jas.v1i2.4706.

Y. Fatmala and S. Hartati, “Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak,” J. Pendidik. Tambusari, vol. 4, no. 2, pp. 1143–1155, 2020.

M. Danuri, “Development and transformation of digital technology,” Infokam, vol. XV, no. II, pp. 116–123, 2019.

T. D. Mustikarani and I. Irwansyah, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia,” War. ISKI, vol. 2, no. 01, pp. 8–18, 2019, doi: 10.25008/wartaiski.v2i01.23.

D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

C. Ravelino and Y. A. Susetyo, “Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, pp. 121–129, 2023, doi: 10.35870/jtik.v7i1.697.

S. I. Febrianti, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pengelolaan Sampah (Bangsa) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 11, no. 2, pp. 183–189, 2024, doi: 10.30656/prosisko.v11i2.8373.

I. S. Widiati, “Pengembangan E-Commerce Produk Fashion Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 5, no. 2, pp. 31–43, 2020, doi: 10.55635/jic.v5i2.106.

A. A. Swardana and A. Candra Ayuswantana, “Perancangan Ui/Ux Website E-Commerce Mercandise Kota Sidoarjo Menggunakan Design Thinking,” SENIMAN J. Publ. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 81–92, 2024, doi: 10.59581/seniman-widyakarya.v1i2.1931.

Alfinarizkyl, “5 Tahapan Design Thinking,” Medium. 2021. [Online]. Available: https://medium.com/@alfinarizkyl/5-tahapan-design-thinking-82c189940fa0

R. F. Sunartama, P. Sukmasetya, and M. Maimunah, “Implementasi Design Thinking pada UI/UX Bank Sampah Digital Banjarejo Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 10, no. 2, p. 590, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.6078.

M. Fajar Nadillah and A. Voutama, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 2663–2671, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9544.

J. Mifsud, “Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System,” https://usabilitygeek.com/. Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/

M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411.

Published

2025-01-05

How to Cite

Aulia, A. H., Utami, S. T., Ma’rifah, T. U., & Kresna A, I. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Mobile E-Commerce Ecoprint Cimemo.id dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(7), 319-331. https://doi.org/10.52436/1.jpti.539