Rancang Bangun Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.50Keywords:
Bank Sampah, E-Marketplace, Sistem Informasi, WaterfallAbstract
Bank sampah merupakan suatu sistem pengelolalan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk ikut berperan aktif didalamnya. Dengan adanya bank sampah, nasabah akan mendapat tabungan dari sampah yang disetorkannya kepada bank sampah, kemudian sampah kering akan dijual kepada pengepul, pengrajin atau masyarakat yang membutuhkan. Namun dalam prosesnya, mereka seringkali mengalami kendala karena harus mendatangi langsung bank sampah yang terkadang di bank sampah tersebut stok sampah yang dibutuhkan terbatas atau tidak tersedia sehingga dirasa kurang efisien. Maka dari itu dibutuhkan suatu media untuk menjadi perantara yaitu sebuah sistem informasi e-marketplace bank sampah agar nantinya para pengrajin dan masyarakat yang lebih luas dapat dengan mudah mendapatkan sampah kering yang dijadikan bahan utama kerajinan daur ulang mereka, sehingga mereka dapat melihat ketersedian stok yang dibutuhkan tanpa harus mendatangi bank sampah secara langsung, membantu proses transaksi dan memasarkan hasil kerajinan dari bank sampah. Sistem ini dikembangkan dengan metode pengembangan sistem waterfall yang dimulai dengan analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan serta menggunakan bahasa pemrograman PHP Native dan basis data MySql.
Downloads
References
A. Pangestu and L. Afuan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Berbasis Website Studi Kasus Kampung Marketer Design Of Management Information System Website-Based Education Tourism Case Study Of Kampung Marketer,” vol. 1, no. 2, pp. 45–57, 2021.
N. Umayah, L. Afuan, and Nofiyati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah Berbasis Web Studi Kasus Desa Paguyangan,” vol. x, no. November, pp. 1–9, 2020.
I. K. Juliany, M. Salamuddin, and K. Y. Dewi, “Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web,” Perguruan Tinggi Raharja. 2018.
A. Assadurachman, “Marketplace Barang Bekas Kos Yogyakarta,” Universitas Islam Indonesia, 2017.
B. D. Hutauruk, J. F. Naibaho, and B. Rumahorbo, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android,” METHODIKA, vol. 3, no. 1, pp. 242–246, 2017.
D. R. Prehanto, Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2017.
E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.
T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.
D. Wijaya, Marketplace Pedia. Yogyakarta: Laksana, 2020.
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle melalui Bank Sampah. Republik Indonesia, 2012.
R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi, 2010.
Elgamar, Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website dengan PHP. Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2020.
Fatansyah, Basis Data. Bandung: Informatika, 2015.
D. Setiawan, Buku Sakti Pemrograman Web: HTML, CSS, PHP, MySQl & Javascript. Jakarta: Anak Hebat Indonesia, 2017.
M. Jannah and Sarwandi, Mahir Bahasa Pemrograman PHP. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
R. rante Rerung, Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
R. H. Sianipar, Pemrograman Javascript: Teori dan Implementasi. Bandung: Penerbit INFORMATIKA, 2015.