Pola Penggunaan Media Sosial untuk Pembelajaran Mandiri Mahasiswa

Authors

  • Novi Setiani Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Indonesia
  • Ratri Pratiwi Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Maryama Nihayah Yayasan Kitiran Pelangi Ilmu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.479

Keywords:

literasi, mahasiswa, media sosial, pembelajaran, penggunaan

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mahasiswa, tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai media pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penggunaan media sosial dalam mendukung pembelajaran mandiri mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan melibatkan 227 mahasiswa dari berbagai universitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang mencakup aspek frekuensi penggunaan, jenis platform media sosial, dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan efektivitas pembelajaran mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform seperti TikTok (90,8%), Instagram (80%), mendominasi penggunaan di kalangan mahasiswa. 95% mahasiswa menggunakan media sosial untuk mencari informasi dan pembelajaran pada topik yang diminati. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan panduan penggunaan media sosial secara efektif dalam pembelajaran mandiri, serta pentingnya integrasi literasi digital dalam kurikulum pendidikan tinggi. Temuan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan institusi pendidikan untuk memaksimalkan potensi media sosial sebagai alat pembelajaran yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. P. Supratman, "Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native," J. ILMU KOMUNIKASI, vol. 15, no. 1, pp. 47–60, Jan. 2018, doi: 10.24002/jik.v15i1.1243.

R. Darmayanti et al., "Peran Media Sosial dalam Pengembangan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa," Seminar Nasional Paedagoria, vol. 4, no. 1, 2024. [Online]. Available: https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/25622/0

A. Pujiono, "Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z," Didache: J. Christian Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.

S. F. Soliha, "Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial," Interaksi: J. Ilmu Komunikasi, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, Jan. 2015, doi: 10.14710/interaksi.4.1.1-10.

R. E. Hamzah, "Penggunaan Media Sosial di Kampus dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan," WACANA: J. Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol. 14, no. 1, pp. 45–70, 2015, doi: 10.32509/wacana.v14i1.89.

L. Maulidiyah and S. Sulaikho, "Validation of Creative and Innovative Content-Based Nahwu Media and Materials on Social Media Instagram," Lughatu Ad-Dhat, vol. 5, no. 1, pp. 1–15, 2024, doi: 10.37216/lughatuad-dhat.v5i1.

J. Gikas and M. M. Grant, "Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media," The Internet and Higher Educ., vol. 19, pp. 18–26, 2013, doi: 10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

N. Cavus and D. Ibrahim, "m?Learning: An experiment in using SMS to support learning new English language words," Br. J. Educ. Technol., vol. 40, no. 1, pp. 78–91, 2009, doi: 10.1111/j.1467-8535.2007.00801.x.

A. Kukulska-Hulme and L. Shield, "An overview of mobile assisted language learning: From content delivery to supported collaboration and interaction," ReCALL, vol. 20, no. 3, pp. 271–289, 2008, doi: 10.1017/S0958344008000335.

E. Thomm and R. Bromme, "“It should at least seem scientific!” Textual features of “scientificness” and their impact on lay assessments of online information," Sci. Educ., vol. 96, no. 2, pp. 187–221, 2012, doi: 10.1002/sce.20480.

M. I. Murtadho et al., "The role of digital literacy in improving students’ competence in digital era," AL-WIJDÃN J. Islamic Educ. Stud., vol. 8, no. 2, pp. 253–260, 2023, doi: 10.58788/alwijdn.v8i2.2328.

J. Wang and T. Liu, "A Study on Digital Literacy and Skills Improvement Paths of College Students," in Computer Science and Education, Educational Digitalization, ICCSE 2023, Commun. Comput. Inf. Sci., vol. 2025, Springer, Singapore, 2023, doi: 10.1007/978-981-97-0737-9_31.

G. M. Sinatra and D. Lombardi, "Evaluating sources of scientific evidence and claims in the post-truth era may require reappraising plausibility judgments," Educ. Psychol., vol. 55, no. 3, pp. 120–131, 2020, doi: 10.1080/00461520.2020.1730181.

R. C. Chyne, J. Khongtim, and T. Wann, "Evaluation of social media information among college students: An information literacy approach using CCOW," J. Acad. Librarianship, vol. 49, no. 5, 2023, doi: 10.1016/j.acalib.2023.102771.

R. Kenanoglu and M. Kahyaoglu, "An Investigation on Secondary Education Students' Learning Styles and Use of Social Networks," Malays. Online J. Educ. Technol., vol. 12, no. 2, pp. 67–77, 2024. [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=EJ1435952

Published

2024-12-05

How to Cite

Setiani, N., Pratiwi, R., & Nihayah, M. (2024). Pola Penggunaan Media Sosial untuk Pembelajaran Mandiri Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(11), 453-458. https://doi.org/10.52436/1.jpti.479