Pengelolaan Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Membantu Peningkatan Mutu Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.423Keywords:
Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu, Pendidikan, Peserta DidikAbstract
Pendidikan berkualitas merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang cerdas, kompetitif, dan berakhlak mulia. Di Indonesia, pendidikan pada jenjang menengah atas memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan pada jenjang ini sangat krusial, dan pengelolaan sarana dan prasarana (sarpras) yang efektif menjadi faktor kunci dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pengelolaan sarpras terhadap peningkatan kualitas peserta didik di jenjang menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengidentifikasi penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Data dikumpulkan melalui pencarian artikel menggunakan software Publish or Perish (PoP) di database Google Scholar. Dari pencarian awal, ditemukan 200 artikel yang kemudian diseleksi berdasarkan judul, menyisakan 89 artikel. Setelah seleksi abstrak, 15 artikel tidak sesuai, dan akhirnya 29 artikel dipilih untuk dianalisis lebih lanjut sebagai landasan SLR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarpras yang baik sangat berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi belajar siswa, mendukung pembelajaran aktif, meningkatkan kinerja guru, mengurangi hambatan belajar, dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
U. S. Hidayat, Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press, 2021.
N. Nurstalis, T. Ibrahim, and N. Abdurrohim, “Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam? Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia? Cianjur,” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 6, no. 1, pp. 63–76, 2021, doi: 10.15575/isema.v6i1.6579.
W. Purwasih and A. Sahnan, “Peningkatan mutu lembaga pendidikan dasar melalui manajemen sarana dan prasarana,” Madako Elementary School, vol. 1, no. 2, pp. 99–117, 2022, doi: 10.56630/mes.v1i2.51.
N. R. Sonia, “Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta,” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, vol. 3, no. 2, pp. 237–256, 2021, doi: 10.35719/jieman.v3i2.95.
D. S. Reni, “Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar: Perencanaan, pengadaan, pengawasan, evaluasi,” Inisiasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2024.
M. A. Jailani, A. N. Putri, D. D. Kirana, A. Anggun, S. Hawa, and H. Haryati, “Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi Pada Jenjang Pendidikan SMP dan SMA di Desa Terpencil,” Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), vol. 5, no. 1, pp. 97–102, 2024, doi: 10.29303/goescienceed.v5i1.301.
A. Oktania, P. K. D. Lubis, E. Syahbana, and M. A. Akbar, “Unveiling The Path To Prosperity In Papua: An Analysis Of Human Capital Investment Trends In Education (2018-2023),” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 18, no. 1, 2024, doi: 10.30863/didaktika.v18i1.6204.
L. Sinaga, D. Natalia, A. A. Manullang, and J. Ivanna, “Kondisi Infrastruktur Bidang Pendidikan Di Desa Onan Lama, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi,” JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO, vol. 9, no. 1, pp. 53–61, 2024, doi: 10.24127/jlpp.v9i1.3463.
T. Wahyuni, “Analisis Problematika di Sekolah dengan Jumlah Siswa Sedikit Study Kasus di MA Islamiyah Kuala Kapuas,” Panunjung Tarung, vol. 1, no. 1, pp. 11–20, 2024.
A. D. P. Rusman and U. Suwardoyo, Penerapan Sistem Informasi Berbasis IT Pengolahan Data Rekam Medis untuk Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit. Penerbit Nem, 2022.
N. Gustini and W. Wulandari, “Manajemen Laboratorium Sains Untuk Meningkatkan? Mutu Pembelajaran,” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 5, no. 2, pp. 231–244, 2020, doi: 10.15575/isema.v5i2.9308.
I. F. Rahmadi, “Pendidikan di daerah kepulauan terpencil: Potret siswa, guru, dan sumber belajar,” Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 7, no. 1, pp. 75–84, 2020, doi: 10.30734/jpe.v7i1.756.
G. D. Hermawan, O. D. Jayanti, and R. Rofik, “Kinerja Pegawai Perpustakaan Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan,” Irpia: Jurnal Ilmiah Riset dan Pengembangan, pp. 21–34, 2022.
M. Fathi and W. Hidayat, “Analisis Risiko Curah Hujan Tinggi Terhadap Kelangsungan Kegiatan Belajar dan Mengajar di MTs Hudatul Falah,” AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 3, pp. 223–235, 2023, doi: 10.37348/aksi.v1i3.274.
R. Rumainur, “Strategi Kepala Sekolah Ddalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda,” 2021.
D. Fatimah and D. Sirojudin, “Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang,” ISLAMIKA, vol. 6, no. 3, pp. 981–1002, 2024, doi: 10.36088/islamika.v6i3.4889.
P. Susanti and B. A. Nafi’ah, “Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) di sd negeri sendangharjo ngasem kabupaten bojonegoro,” Jurnal pendidikan dasar, vol. 13, no. 2, pp. 123–132, 2022, doi: 10.21009/jpd.v13i2.34167.
T. Nurrochman, F. Muhammad, H. Harsono, and S. Suyatmini, “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, pp. 60–70, 2023, doi: 10.31538/munaddhomah.v4i1.331.
D. Moher, A. Liberati, J. Tetzlaff, D. G. Altman, and t PRISMA Group*, “Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement,” Ann Intern Med, vol. 151, no. 4, pp. 264–269, 2009, doi: 10.1136/bmj.b2535.
R. E. O’Dea et al., “Preferred reporting items for systematic reviews and meta?analyses in ecology and evolutionary biology: a PRISMA extension,” Biological Reviews, vol. 96, no. 5, pp. 1695–1722, 2021, doi: 10.1111/brv.12721.
H.-F. Hsieh and S. E. Shannon, “Three approaches to qualitative content analysis,” Qual Health Res, vol. 15, no. 9, pp. 1277–1288, 2005, doi: 10.1177/1049732305276687.
K. Susiani, I. B. P. Arnyana, and W. Suastra, “Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar,” Jurnal Penjaminan Mutu, vol. 8, no. 02, pp. 173–182, 2022, doi: 10.25078/jpm.v8i02.912.
B. D. Adventyana, D. A. Sembiring, L. O. Putri, and H. Windayana, “Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan SD,” Aulad: Journal on Early Childhood, vol. 5, no. 1, pp. 72–77, 2022.
B. Datulinggi, M. Limbong, and T. Sunaryo, “Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana dan Komitmen Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen Tagari Rantepao,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1206–1214, 2021.
D. R. Sahid and E. R. Rachlan, “Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, vol. 3, no. 1, pp. 24–39, 2019, doi: 10.4321/ijemar.v3i1.2945.
U. L. Fiqri and W. Werdiningsih, “Peningkatan mutu sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota A’yun melalui peran kepala sekolah sebagai administrator,” Edumanagerial, vol. 1, no. 1, pp. 117–133, 2022.
T. U. Sa’adah, D. Demina, V. R. Febrian, and A. Amra, “Pengelolaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di SLB Negeri 1 Lima Kaum,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI), vol. 1, no. 2, p. 59, 2022.
A. D. Devi, “Standarisasi dan konsep sarana prasarana pendidikan,” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.32585/edudikara.v6i2.242.
A. M. F. Alam, “Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan (Studi kasus SMKN 1 Mojokerto),” As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 67–86, 2023.
S. Salahuddin, M. Akos, and A. Hermawan, “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Dan Sarana Prasarana Di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin,” Administraus, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2018, doi: 10.56662/administraus.v2i1.18.
A. Basith and I. Rahmawati, “Kontribusi Kinerja Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan,” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) p ISSN, pp. 2477–4987, 2020.
A. Safingudin, “Menejemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Mts Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen,” Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, vol. 4, no. 1, pp. 239–262, 2020, doi: 10.33507/cakrawala.v4i1.220.
F. Fathurrahman and R. O. P. Dewi, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan,” Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 178–187, 2019, doi: 10.30736/rfma.v8i1.141.
B. Burhanudin, A. Akil, and I. Fahmi, “Manajemen Sarana Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Pasundan Sumurgede,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 13, pp. 129–136, 2024, doi: 10.5281/zenodo.12703761.
P. I. Kurniawati and S. A. Sayuti, “Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Kasihan Bantul,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 98–108, 2013, doi: 10.21831/amp.v1i1.2331.
I. N. Kholiq and M. Syamsudin, “Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di smk mansyaul huda tegaldlimo banyuwangi,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), vol. 3, no. 2, pp. 253–269, 2021, doi: 10.30739/jmpid.v3i2.1152.
M. Mahfudoh, “Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi di MTs Terpadu Bismillah-Barugbug Kabupaten Serang),” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, pp. 1–19, 2020, doi: 10.32678/annidhom.v5i1.4671.
Y. R. Natal, “Kebijakan pemerintah tentang penyediaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di SMP Negeri sekecamatan Bajawa,” Ejurnal Imedtech-Instructional Media, Design and Technology STKIP Citra Bakti Ngada, vol. 4, no. 1, pp. 22–36, 2020, doi: 10.38048/imedtech.v4i1.222.
M. Megawati and C. Rochman, “Analisis Ketercapaian Standar Sarana dan Prasarana pada Sekolah Menengah Pertama di Bekasi,” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 240–258, 2020, doi: 10.31332/atdbwv12i2.1277.
I. M. Sinta, “Manajemen sarana dan prasarana,” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 4, no. 1, pp. 77–92, 2019, doi: 10.15575/isema.v4i1.5645.
T. Torismayanti, A. Zohriah, and A. Muin, “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 1 Lebak,” Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 7200–7213, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.3962.
M. P. Samil, S. Hanoum, and N. S. Hakim, “Studi Literatur Mengenai Evaluasi Mutu Sekolah Menengah Kejuruan dengan Baldrige Excellence Framework,” Jurnal Sains Dan Seni ITS, vol. 11, no. 1, pp. D170–D175, 2022, doi: 10.12962/j23373520.v11i1.70445.
F. Mubin, M. Marwazi, P. D. K. Ivada, and A. Aziz, “Urgensi Otonomi Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia,” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 01, pp. 71–79, 2023, doi: 10.36671/andragogi.v5i01.454.
dian grace Puspita and dwi esti Andriani, “UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 6, no. 1, pp. 54–77, 2021, doi: 10.24832/jpnk.v6i1.1893.
Muhammad Adip Fanani, “The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education,” Journal of Insan Mulia Education, vol. 1, no. 2, pp. 38–44, 2023, doi: 10.59923/joinme.v1i2.6.
M. R. Ikhsan and D. Setiawan, “Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Teknik Sepeda Motor di SMK Swasta Pembina Bangsa Bukittinggi,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 453–462, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i4.95.
D. N. Karindasari, E. Roesminingsih, and K. Karwanto, “Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Ponorogo,” Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol. 8, no. 3, pp. 2497–2503, 2022, doi: 10.58258/jime.v8i3.3819.
M. Yulius, “Strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen sarana dan prasarana pada smk negeri 1 singkawang,” Khazanah Pendidikan, vol. 13, no. 2, 2020.
W. Alvio, “Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan,” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 1, 2022, doi: 10.5281/zenodo.8296539.
R. W. Darmawan, S. Sudarsono, and N. Wahyudi, “Strategi manajemen sarana dan prasarana pendidikan sebagai upaya memenuhi kepuasan konsumen pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tawakkal Denpasar,” Faidatuna, vol. 2, no. 3, pp. 123–130, 2021, doi: 10.53958/ft.v2i1.141.
A. Marzuqi, S. Julaiha, and R. Rumainur, “Strategi Kepala Sekolah Ddalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda,” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, vol. 2, no. 1, pp. 45–64, 2021.
N. Heryana et al., UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.
M. Nasution, A. Bakhori, and W. Novarika, “Manfaat perlunya manajemen perawatan untuk bengkel maupun industri,” Buletin Utama Teknik, vol. 16, no. 3, pp. 248–252, 2021.
A. Sugiana and S. Sofyan, “Penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab di SMK Ethika Palembang,” Jurnal PAI Raden Fatah, vol. 1, no. 1, pp. 105–116, 2019, doi: 10.19109/pairf.v1i1.3020.
N. Nasir, “Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMPN 2 Bontonompo.,” YUME: Journal of Management, vol. 7, no. 3, pp. 157–166, 2024, doi: 10.37531/yum.v7i3.7106.
S. W. Zakiyawati and S. Trihantoyo, “Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan,” Universitas (Stuttg), vol. 5, p. 73, 2021.
F. Firdaus, “Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19,” Utile: Jurnal Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 220–225, 2020, doi: 10.37150/jut.v6i2.1009.
A. Ginanjar and M. Herman, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri,” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.4321/ijemar.v3i1.2942.
K. Kartini, A. Sobar, and K. Karyaningtyas, “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah,” Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 115–123, 2023, doi: 10.54150/thawalib.v4i2.238.
Z. Setiawan et al., Pengantar Administrasi Bisnis: Teori Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.