Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Uji Efektivitas Pelajaran Media dan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Android Untuk Kelas X SMK

Authors

  • Jenita Dewi Fakultas Bisnis dan Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.309

Keywords:

Android, Efektivitas, Media, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Pembelajaran abad 21 memang lebih mementingkan softskill dibandingkan dengan hardskill, dimana siswa dituntut untuk siap baik secara mental dan pengetahuan dalam menghadapi situasi apapun dalam kehidupan yang akan terus berkembang. Selain itu kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut siswa untuk aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif media dan jaringan telekomunikasi berbasis android, (2) menguji tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif media dan jaringan telokomunikasi berbasis android menurut ahli media,ahli materi,dan pengguna,(3) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif  media dan jaringan telekomunikasi berbasis android. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Hasil Penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran interaktif basis android media dan jaringan telekomunikasi kelas X. Berdasarkan pengujian media Pembelajaran interaktif ini dieroleh skor Presentase 92,55% dari ahli media, 85% dari ahli materi, dan 87,43% dari siswa dengan kategori Sangat Layak ada ketiga validator. Berdasarkan uji efektifitas memeroleh skor Presentase 61% dengan kategori Cukup Efektif. Berdasarkan Pengujian media pembelajaran interaktif tersebut dapat dikatakan sangat layak dan cukup efektif digunakan sebagai media bantu Pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Fauji, Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif (Konsep Model dengan Aplikasi SPSS 26), Banten: CV. AA Rizky, 2022.

E. Devega, "Penting Nih!!! Manfaat TI untuk Pendidikan," 05 10 2021. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10832/penting-nih-manfaatkan-ti-untuk-pendidikan/0/sorotan_media.

T. L. Medyasari, "Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi Turunan Fungsi Aljabar," AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 65-75, 2017.

A. Khudlori, "Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Android pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK NU Ungaran," 26 November 2019. [Online]. Available: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33322.

B. B. Kusumo, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X di SMK Muhammadiyah Yogyakarta," 23 Oktober 2019. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/66307/.

A. Wulandari, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Dasar–Dasar Algortima dan Pemrograman untuk Siswa Kelas X SMK Nasional Berbah," 08 Januari 2019. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprints/62348/.

D. H. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Yogyakarta: UNY Press, 2017.

M. Roblyer and A. H. Doering, Integrating Educational Technology into Teaching, Unated States of America: Pearson, 2019.

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2020.

H. S. Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam), Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017.

Rusman, D. Kurniawan and C. Riyana, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Profesionalitas Guru, Bandung: Alfabeta, 2012.

A. Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

W. Wibawanto, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

U. Setiawan and dkk, "Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran," Journal of Student Research, pp. 01-17, 2023.

Y. Anggraena and dkk, "Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah," 22 Februari 2022. [Online]. Available: https://repositori.kemdikbud.go.id/26611/.

L. Riyanto and dkk, "Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII," Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, pp. 40-51, 2019

Y. Supardi, Belajar Coding Android bagi Pemula, Yogyakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

M. H. Masruri, Buku Pintar Android, Yogyakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

A. A. Murad and Wahyuddin, Ekonomi Makro, Situasi dan Analisis Aplikasi "Komputer", Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2020.

F. R. S. Edi, Teori Wawancara Psikodignostik, Yogyakarta: LeutikaPrio, 2016.

L. Fauziyah and Jailani, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar," Materials Letters, pp. 149-163, 2014.

Nana, Pengembangan Bahan Ajar, Klaten: Penerbit Lakeisha, 2019.

Published

2023-09-24

How to Cite

Dewi, J. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Uji Efektivitas Pelajaran Media dan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Android Untuk Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(8), 357-364. https://doi.org/10.52436/1.jpti.309