Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Itinerary Wisata

Authors

  • Ajeng Indah Pratiwi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Indonesia
  • Septia Rani Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.303

Keywords:

Design Thinking, Pariwisata, Prototype, Rencana Perjalanan, User Interface, User Experience

Abstract

Pariwisata merupakan kegiatan yang banyak dianggap menyenangkan oleh banyak orang. Sebelum melakukan kegiatan berwisata, seseorang perlu membuat sebuah rencana perjalanan yang akan membantu perjalanan berkunjung ke kota yang akan dituju supaya lebih efisien. Namun, masih banyak wisatawan yang kesulitan dalam membuat rencana perjalanan wisata yang praktis dan efisien. Dalam hal ini wisatawan membutuhkan kemudahan dalam merencanakan dan mengatur perjalanan wisatanya dengan memanfaatkan teknologi seperti smartphone dan aplikasi mobile. Dukungan dari inovasi teknologi yang semakin maju dan berkembang, sehingga kedudukan peran User Interface dan User Experience akan sangat penting untuk kebutuhan pengguna dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang antarmuka aplikasi perencanaan perjalanan wisata yang bernama Trinity. Perancangan desain ini dilakukan menggunakan tools figma dan metode design thinking, yang terdiri dari lima tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Sehingga penulis dapat mengetahui dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam merencanakan perjalanan wisatanya. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi yang di uji menggunakan metode System Usability Scale serta didapatkan hasil nilai ‘B’ pada metode grading dan nilai ‘excellent’ pada metode ajektiva berdasarkan matriks konversi penilaian SUS. Dengan adanya rancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada pengembang aplikasi untuk membangun sebuah aplikasi itinerary wisata yang dapat membantu wisatawan dalam membuat rencana perjalanan wisatanya dengan mudah dan memiliki kepuasan serta kenyamanan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Rani, I. V Paputungan, D. H. Fudholi, S. N. Huda, and Z. Zukhri, “A Survey on Top-Ranked Android Traveling Applications to Assist in Planning Itineraries.”

C. S. Surachman, M. Riyan Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in.”

M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

Ilham Firman Ashari and Rahmat Rizky Muharram, “Pengembangan Antarmuka Pengguna Kolepa Mobile App Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 168–176, Sep. 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i2.4993.

M. Azmi, A. Putra Kharisma, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus GrabFood),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Ar Razi et al., “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 03, no. 02, 2018, [Online]. Available: http://bit.do/demandia

N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,” SISFOTENIKA, vol. 11, no. 1, p. 26, Dec. 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.

G. Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

N. Dwinanda Sri Fadila, G. Fadila Fitriana, N. Adi Prasetyo, and P. Author, “Banyumas Tourism Mobile Application UI Design Using the User Experience Lifecycle,” vol. 16, no. 2.

F. A. Muhammad, A. Putra Kharisma, and R. S. Sianturi, “Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

U. Aisyah, P. J. Homepage, M. A. Prasetyo, M. C. Rozikin, and R. S. Dewi, “Perancangan User Interface (Ui) & User Experience (Ux) Aplikasi Pencari Kost Abc Di Kota Xyz Menggunakan Metode Design Thinking”, Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering [Online]. Available: http://jti.aisyahuniversity.ac.id/index.php/AJIEE

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis And Design Of User Interface/User Experience With The Design Thinking Method In The Academic Information System Of Jenderal Soedirman University,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 2, no. 1, pp. 17–26, Jan. 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

G. Brenda Gerung and B. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, “Konsep, Teori Dan Prosedur Design Thinking”, doi: 10.24853/baskara.2.1.55-64.

M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

A. C. Wardhana, N. Anggraini, and N. F. Rozy, “Pengembangan Aplikasi Web Perancangan Agenda Perjalanan Wisata Menggunakan Metode User Experience Lifecycle,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, p. 303, Mar. 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021822548.

“APLIKASI BACKPACKER ITINERARY.”.

Published

2023-07-02

How to Cite

Indah Pratiwi, A., & Rani, S. . (2023). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Itinerary Wisata. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(6), 249-258. https://doi.org/10.52436/1.jpti.303