Perancangan Storyboard Pada Game Edukasi Kerajaan Siak Sri Indrapura dengan Genre RPG Menggunakan Metode Balanced design
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.266Keywords:
balanced design, game edukasi, role playing game, rgp, siak sri indrapura, storyboardAbstract
Pada saat ini informasi tentang sejarah telah banyak terdapat dalam buku dan artikel, namun sebagian besar informasi tersebut berupa tulisan yang membuat masyarakat kurang tertarik untuk membaca. Selain itu sangat sulit untuk menemukan orang terutama anak-anak yang mengetahui tentang sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura. Game edukasi merupakan salah satu media yang bersifat menghibur dan juga dapat digunakan sebagai sarana informasi dan pembelajaran yang efektif. Sebuah game edukasi yang baik adalah game yang memiliki konsep dan tujuan yang jelas. Konsep ini biasanya disajikan dalam bentuk storyboard. Storyboard merupakan visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat menyampaikan ide cerita maupun alur game yang akan dibangun. Balanced design merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membuat storyboard. Metode ini menerapkan keseimbangan dalam tiga aspek, yaitu content model, task model, dan evidence model. Atas dasar tersebut maka dibangunlah sebuah desain storyboard menggunakan metode balanced design pada game edukasi Kerajaan Siak Sri Indrapura. Game ini memiliki genre Role Playing Game (RPG) yaitu game yang berbasis pada cerita. Cerita pada game ini didasarkan untuk mengembalikan barang/item kerajaan yang hilang dari Kerajaan Siak Sri Indrapura, selain itu game dikemas dengan menyelesaikan berbagai misi untuk meraih kemenangan. Setelah melakukan perancangan storyboard pada game dapat mengimplementasikan sebuah game yang mengintegrasikan dan menggabungkan cerita sejarah kerajaan dalam komponen permainan. Hasil setelah melakukan pengujian dengan UAT adalah 93% sehingga game ini dapat menjadi sarana efektif untuk edukasi sejarah Kerajaan Siak.
Downloads
References
S. A. Saputra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Skenario Dinamis Menggunakan Finite State Machine pada Game Pengenalan Tempat dan Peristiwa Bersejarah,” Eksplora Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 112–121, Mar. 2019, doi: 10.30864/eksplora.v8i2.155.
S. Sintaro, R. Ramdani, and S. Samsugi, “Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia,” 2020. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
I. S. Boham, S. R. Sentinuwo, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang Tondano,” Journal Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, 2017.
L. Yeremia, D. Pangau, S. Tangkawarouw, G. Kaunang, and A. S. M. Lumenta, “Game Based Education?: Pengenalan Peristiwa Sejarah Permesta di Minahasa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 2, 2019.
H. Mukhtar, “Perancangan Dan Pembuatan Visual Novel Sejarah Kh. Ahmad Dahlan Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,” Rabit?: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 3, no. 2, pp. 69–82, Jul. 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i2.444.
“Permainan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan (accessed Jun. 27, 2022).
L.Yeremia, D. Pangau, S. Tangkawarouw, G. Kaunang, and A. S. M. Lumenta, “Game Based Education?: Pengenalan Peristiwa Sejarah Permesta di Minahasa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 2, pp. 203–208, Jun. 2019.
“List of video game genres - Wikipedia.” https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_video_game_genres (accessed Jun. 28, 2022).
T. Nizami and Y. A. Fahrizal, “Model Game Sejarah Perang Banjar Menggunakan Unreal Engine 4,” Jutisi, vol. 9, pp. 83–94, Dec. 2020.
L. Dias, J. Enstein, G. A. Manu, U. Citra Bangsa, P. Nusa, and T. Timur, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 4, no. 4, pp. 2621–1467, Apr. 2021.
M. Sanwasih and H. Siddiq, “Perancangan Aplikasi Simulasi Game Petualangan Jelajah Indonesia Menggunakan Rpg Maker Mv,” Jurnal Maklumatika, vol. 4, no. 2, pp. 142–153, Jan. 2018.
D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” 2017.
T. Ramdhany, I. Bas, D. Pahrilah, and R. A. Krisdiawan, “Pembuatan Game Edukasi Sejarah Kerajaan Sriwijaya Menggunakan Rpg Maker Mv,” vol. 15, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
A. Puspita Sari and T. Widodo, “Rancang Bangun Pengenalan Pariwisata Lampung Dengan Game Edukasi Berbasis Android,” 2021.
S. Ahdan, A. Sucipto, and Y. Agus Nurhuda, "Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android," 2019.
S. Maharani et al., “Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace,” Jurnal Infotel, vol. 8, no. 1, pp. 56–63, Mar. 2016.
D. Ganang Samudra dan Djuniadi, “Edu Komputika Journal Implementasi Hack And Slash Dalam Sistem Pertarungan Game Rpg Joko Tingkir,” 2017. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom
T. Nizami and Y. A. Fahrizal, “Model Game Sejarah Perang Banjar Menggunakan Unreal Engine 4,” Jutisi, vol. 9, pp. 83–94, Dec. 2020.