Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Vokal Siswa dengan Menggunakan Media Iringan Midi di SMAN 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.264Keywords:
Belajar, Hasil, MIDI, Motivasi, VokalAbstract
Pembelajaran vokal di dalam mata pelajaran seni musik merupakan salah satu aspek penting yang harus dicapai untuk membentuk bakat yang dimiliki oleh siswa. Namun dalam membentuk bakat tersebut tentunya terlebih dahulu diperlukan minat anak dalam bernyanyi. Kurangnya media pembelajaran vokal di dalam proses belajar seni musik menimbulkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media iringan MIDI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar vokal siswa di kelas X-1 SMAN 1 Dukupuntang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan pendekatan dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dengan 4 tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu : perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (action & observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media iringan MIDI pada pembelajaran vokal dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar vokal siswa pada kelas X-1 SMAN 1 Dukupuntang tahun ajaran 2022/2023. Terbukti dari 50% dari 34 siswa pada kegiatan pra siklus mendapatkan hasil belajar vokal cukup baik, pada siklus I meningkat menjadi 64,71% dan mengalami peningkatan pada siklus II yang telah mendapatkan kualifikasi nilai baik. Peningkatan dari kegiatan pra siklus 50% menjadi 97,06% pada siklus II pada kualifikasi baik pada kegiatan akhir siklus II, serta dari penilaian motivasi yang ditentukan oleh peneliti dapat tercapai dalam meningkatkan motivasi belajar vokal pada siswa kelas X-1 Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode media iringan midi, KKM yang telah ditentukan telah tercapai. Untuk itu guru seni musik khususnya dalam pembelajaran bernyanyi, sebaiknya menggunakan media iringan midi untuk memudahkan penyampaian materi dan praktek bernyanyi pada saat pembelajaran berlangsung.
Downloads
References
D. R. H. S. Muri’ah and K. Wardan, Psikologi perkembangan anak dan remaja. Literasi Nusantara, 2020.
H. Perbowosari, S. E. Hadion Wijoyo, S. Sh, M. M. MH, and S. A. Setyaningsih, “Pengantar Psikologi Pendidikan.” Penerbit Qiara Media, 2020.
H. M. S. Hapudin, Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media, 2021.
S. Susiana, “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Media Iringan Midi Di SMA Negeri 9 Pekanbaru,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 1, no. 2, pp. 673–677, 2021.
M. Andaria, Analisis Pedagogis Terhadap Kebijakan Pendidikan Di Era 4.0. Penerbit Lakeisha, 2021.
S. Septri, “Belajar Motorik Dasar,” 2018.
M. P. Haryanto, Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). UNY Press, 2020.
S. M. Farihatun and R. Rusdarti, “Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 8, no. 2, pp. 635–651, 2019.
S. Akhiruddin, H. Atmowardoyo, and H. Nurhikmah, “Belajar dan Pembelajaran,” Gowa Cahaya Bintang Cemerlang, 2019.
P. S. Rahmat, Strategi Belajar Mengajar. Pt. Scopindo Media Pustaka, 2019.
P. Ramdani, Media Pembelajaran Animasi, vol. 1. Rinda Fauzian, 2021.
N. N. Ningrum and A. W. Pamela, “Art of Therapy melalui proses kreatif menggambar untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak usia 4-5 tahun,” J. Penelit. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 1–11.
Jakni, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2017.
Mu’alimin and R. A. H. Cahyadi, “Penelitian Tindakan Kelas Tori dan Praktik,” pp. 1–87, 2014.
S. Arikunto, Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021