Meningkatkan Efektifitas Belajar Kimia Dengan Multimedia Interaktif di SMA Negeri 1 Waled

Authors

  • Krisna Rosani SMAN 1 Waled, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.262

Keywords:

Kimia, Multimedia, Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, pengajaran dilakukan oleh guru sebagai pendidik dan belajar dilakukan oleh siswa sebagai siswa. Pembelajaran kimia merupakan interaksi antara siswa dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan pembelajaran kimia. Beberapa faktor sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran atau pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Waled dan dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester ganjil tepatnya di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Waled. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan empat tahapan dan dilakukan dengan dua siklus, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hal ini berlaku pula pada siklus II. Untuk pengambilan data digunakan data hasil observasi, hasil tes formatif, dan dokumentasi saat pelaksanaan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas didapatkan nilai rata-rata kelas pada pelajaran Kimia di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Waled ini sebesar 56,53 dengan persentase ketuntasan 11,53%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 73,84 dengan persentase 46,15%. Terdapat peningkatan di siklus I ini namun persentase ketuntasan masih di bawah nilai yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada tindakan siklus II. Kenaikan nilai rata-rata kelas menjadi 83,07 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 92,30%. Melihat hasil dari siklus II, peneliti mencukupkan penelitian tindakan kelas pada siklus II karena nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan sudah melampaui nilai target yang telah ditetapkan oleh peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hanipa, “Analisis minat belajar siswa MTs kelas VIII dalam pembelajaran Matematika melalui aplikasi Geogebra,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 2, no. 5, pp. 315–322, 2019.

D. Safitri and S. Sos, Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com, 2019.

A. N. C. Saputro et al., Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis, 2021.

R. Ananda, Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019.

O. Hamalik, Kurikulum serta pembelajaran, Jakarta Bumi Aksara, 2019.

N. Ariani and D. Haryanto, Pembelajaran multimedia di sekolah, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

R. R. Agustin, “Pengembangan keterampilan generik sains melalui penggunaan multimedia interaktif,” J. Pengajaran MIPA, vol. 18, no. 2, pp. 253–257, 2013.

S. Sudaryati, A. H. M. Sastraatmadja, I. Indrawati, S. A. Makruf, N. Andalia, and Y. Novita, Dasar-Dasar Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi, 2022.

S. M. Marbun, S. Th, and M. PdK, Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

D. R. H. W. Sanjaya, Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.

Z. Aqib and M. Chotibuddin, Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish, 2018.

Jakni, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2017.

Published

2022-12-14

How to Cite

Rosani, K. (2022). Meningkatkan Efektifitas Belajar Kimia Dengan Multimedia Interaktif di SMA Negeri 1 Waled. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(12), 521-527. https://doi.org/10.52436/1.jpti.262