Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko

Authors

  • Rati Purwanto Sekolah Dasar Negeri Soko, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Keywords:

mutu, kinerja guru, kualitas sekolah, kepemimpinan visioner

Abstract

Maju atau mundurnya sebuah institusi ditentukan oleh gaya kepemimpinan, demikian pula di lembaga pendidikan seperti sekolah, sekolah akan mengalami kemajuan yang pesat apabila pemimpinnya mempunyai gaya kepemimpinan yang tepat. Salah satu gaya kepemimpinan untuk meningkatkan mutu dan kualitas adalah gaya kepemimpinan visioner. Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dalam lembaga persekolahan sangatlah sulit jika tidak diiringi dengan peningkatan kinerja guru. Hal ini disebabkan karena guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapatkan perhatian sentral. Kepemimpinan visioner ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru karena kepala sekolah dapat memberikan visi yang jelas dan dapat mengimplementasikan visi yang telah dibuatnya untuk masa depan guru tersebut, sehingga dengan peningkatan kinerja guru diharapkan terjadi peningkatan pula terhadap mutu dan kualitas pendidikan di SD Negeri Soko. Best practice ini, kepemimpinan visioner kepala sekolah memiliki sub variabel : Fokus pada tujuan organisasi; Membuat rencana jangka panjang; Mengembangkan Visi Bagi Masa Depan Organisasi; Selalu Berada dalam Kondisi Siap dan Dinamis untuk Perubahan; dan Selalu Mengetahui Perubahan Kebutuhan Konstituen. Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja mengajar guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah pada Sekolah Dasar Negeri. Hal ini mengindikasikan efektivitas sekolah ditentukan oleh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja mengajar guru secara bersama-sama. Semakin baik kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja mengajar guru maka efektivitas sekolah akan semakin baik dan mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. R. Beach, "Leadership and the art of change: A practical guide to organizational transformation," Sage, 2006.

A. Baedowi, "Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa," Pustaka Alvabet, 2015.

A. Beddu, "Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 12 Sigi," Katalogis, vol. 4, no. 7, 2002.

B. Nanus, "Kepemimpinan Visioner; Menciptakan Kesadaran akan arah dan Tujuan di Dalam Organisasi. Alih Bahasa: Frederik Ruma," Jakarta: Prenhallindo, 2011.

A. Komariah dan C. Triatna, "Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif," Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

A. Masruri, "Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MAS Jam’iyyah Islamiyyah Pondok Aren)," Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, vol. 3, no. 1, pp. 96-112, 2019.

E. Karweti, "Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang," Jurnal penelitian pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 77-89, 2010.

U. W. S. Adinata, "Pengaruh kepemimpinan transformasional, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan kjks bmt tamzis bandung," Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, vol. 9, no. 2, pp. 136-157, 2016.

L. Isnaini, "STRATEGI KEPEMIMPINAN ABAD 21: VISIONER, KREATIF, INOVATIF, DAN CERDAS EMOSI," PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, 2020.

H. Syamsul, "Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)," Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 2, 2017.

A. Irwana, "Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar," Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 22, no. 2, 2015.

N. Nursam, "Manajemen Kinerja," Kelola: Journal of Islamic Education Management, vol. 2, no. 2, 2017.

N. Usman, "Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori, dan Model," Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

A. Zakso & U. Radiana, "Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Bengkayang," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 2, no. 3, 2013.

Published

2021-04-27

How to Cite

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151-160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26