Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi SPLDV

Authors

  • Putri Larasati Prodi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Yogi Wiratomo Prodi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Sri Mayanty Prodi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.254

Keywords:

Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, SPLDV

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 227 Jakarta pada materi SPLDV ditinjau dari kemandirian belajar. Subjek dari penelitian ini adalah 58 peserta didik dipilih dari kategori kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi SPLDV masih tergolong sedang dengan persentase 41,56%; (2) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar kategori tinggi tergolong tinggi mampu menguasai 4 indikator; (3) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar kategori sedang tergolong sedang mampu menguasai 4 indikator dan (4) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar kategori rendah tergolong sedang mampu menguasai 3 indikator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Helmiati, Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

A. Maspupah and A. Purnama, “Analisis Siswa MTs Kelas VIII dalam Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender,” Jurnal Cendeki: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 1, pp. 237-246, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i1.193.

R. E. F. Siagian, “Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 2, No. 2, pp. 122-131, 2015, doi : 10.30998/formatif.v2i2.93

N. R. Siregar, “Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game,” Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Vol. 1, pp. 224-232, 2017, http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.

M. Hanifan, and L. Zhanty, “Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Snowball Siswa Smp,” Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 4, pp. 595-604, 2019. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/427.

R. Marthalena, K. Kartini, and M. Maimunah, “Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2, pp. 1427-1438, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.374

B. Mulyono and H. Hapizah, “Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika,” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2, pp. 103-122 2018, doi: 10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122

L. Novitasari and L. Leonard, “Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika,” 2017. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/viewFile/195 2/1506.

A. T. Indahsari and A. Y. Fitrianna, “Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X dalam menyelesaikan SPLDV,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 2, No. 2, pp. 77-86, 2019, doi: 10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

R. Muhandaz O. Trisnawita and R. Risnawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru,” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), Vol. 1, No. 2, pp. 137-146, 2018, doi: 10.24014/juring.v1i2.6552

H. Siagian, J. J. Pangaribuan, and P. J. Silaban, “Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, pp. 1363-1369, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.528

Y. Kartika, “Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vi smp pada materi bentuk aljabar,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 2, pp. 777-785, 2018, doi: 10.31004/jptam.v2i4.25

A. Mulyana, and U. Sumarmo, “Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah,” Didaktik, Vol. 9, No. 1, pp. 40-51, 2015.

S. J. A. Zahra, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita Spldv Dengan Tahapan Newman,” Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 2, No. 2, pp. 87- 94, 2019, doi: 10.22460/Jpmi.V2i2.P87-94

N. C. Khairunnisa, and I. N. Aini, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Spldv Pada Siswa Smp,” Prosiding Sesiomadika, Vol. 2, No. 1b, 2020. https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika/Article/View/2814.

Published

2022-12-14

How to Cite

Larasati, P., Wiratomo, Y., & Mayanty, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(12), 493-503. https://doi.org/10.52436/1.jpti.254