Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD

Authors

  • Angga Antony Guru Dinas Pendidikan Kota Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.24

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelejaran tematik terpadu di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran “Problem Base Learning” untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD 37 Anduring. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dari segi perencanaan terlihat adanya peningkatan dari siklus I yaitu belum terlaksananya langkah-langkah yang terdapat pada (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP pada pelaksanaan pembelajaran meningkat pada siklus II setiap langkah-langkah yang ada pada RPP semuanya sudah dapat dilaksanakan pada pelaksanaan. Pada proses pembelajaran, terlihat adanya peningkatan aktivitas guru dari siklus I yang pencapaiannya rata-rata adalah 75 % meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Juga terlihat peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yang pencapaiannya rata-rata adalah 79 % meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desyandri and Vernanda, "Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah," pp. 163–174, 2018.

D. Yarshal, "Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV MIN Medan," Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, 2015.

Firman, "Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Konselor Jurnal Ilmiah Konseling," Ilmiah Ilmiah Konseling, pp. 1–8, November, 2018

H. Kadenun, "Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia)," vol. 10, no. 2.

A. Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Guru Sekolah Dasar, vol. 36, no.5, pp. 3.456-3.465, 2014

M. Yalvema and Khairunnisa, "Pengaruh pengajaran kuantum pada motivasi belajar siswa pada sosial Studi ( Sebuah eksperimen semu untuk kelas 5 SD ), " pp. 151–156, 2018.

Mutiani, "IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik," Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, vol. 4, no. 1, pp. 45-53, 2017

Ngalimun, Stategi dan model pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

C. E. Parasamya, and A. Wahyuni, "Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)," Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 42–49, 2017.

G. Prananda, R. Saputra, and Z. Ricky, "Meningkatkan hasil belajar menggunakan media lagu anak dalam pembelajaran ipa sekolah dasar," Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. 2, pp. 304–314, 2020.

G. Prananda, "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD," Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, vol. 6, no. 2, pp. 122–130, Oktober, 2019.

G. Prananda, "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD," Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, vol. 6, no. 2, pp. 122–130, Oktober, 2019.

H. J. Puspita, "Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta," Basic Education, vol. 5, no. 9, pp. 884–893, 2016.

D. Triastuti, S. Akbar, and E. B. Irawan, "Penggunaan Media Papan Permainan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar," seminar nasional pengembangan profesionalisme pendidik untuk membangun karakter anak bangsa, Universitas negeri Malang, vol. 2, 2016.

L, Ulandari, and E. Surya, "Improving Learning Outcomes of Linear Program with Quantum Teaching Model at Grade X Students SMK-BM PAB 3 Medan Estate," International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), vol. 33, no. 3, pp. 120-129, 2017

A. Yunita, "Pengaruh Metode Stratagem Melalui Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Padang," Ta’dib, vol. 17, no. 1, pp. 25, 2016. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.254.

Published

2023-04-28

How to Cite

Antony, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 131-135. https://doi.org/10.52436/1.jpti.24