Penggunaan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA Negeri 1 Susukan

Authors

  • Wawan Witarja SMAN 1 Susukan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.174

Keywords:

English, Pembelajaran, Snowball

Abstract

Melatih keterampilan bericara dalam Bahasa Inggris juga dapat membuka peluang bagi siswa untuk bisa berbaur dengan masyarakat secara meluas, memberikan keuntungan saat melamar pekerjaan. Hal ini memberikan peluan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuannya dan ikut berkontribusi sebagai masyarakat dunia. Dalam menghadapi hal tersebut, guru dihadapkan pada dua masalah yang serius. Guru Bahasa harus bisa menyelesaikan target yang ditetapkan kurikulum yang harus dicapai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Di lain sisi, jumlah waktu yang disediakan untuk praktik keterampilan berbicara dengan dampingan guru ini sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam berbicarapada pelajaran Bahasa Inggris, mengembangkan metode pembelajaran, dan membantu siswa agar aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode snowball throwing di kelas X SMA Negeri 1 Susukan, Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan siklus I dan siklus II sama-sama menggunakan langkah-langkah persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum menerapkan metode snowball throwing pada siklus I dan II, sebelumnya telah dilaksanakan pembelajaran dengan metode yang biasa dilakukan untuk menjadi acuan dalam penerapan metode penelitian tindakan kelas ini. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum di gunakannya metode snow ball throwing pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara, nilai rata-rata siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Susukan sebesar 60,58 dengan persentase ketuntasan hanya 11,76% dari total 34 siswa di kelas tersebut. Namun, setelah dilakukan tindakan Siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74,70 dengan persentase ketuntasan 47%. Pada Siklus I peningkatan masih belum signifikan, akhirnya dilakukan tindakan Siklus II dengan kembali mengalami kenikan pada nilai rata-rata menjadi 83 dengan persentase ketuntasan sebesar 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. A. Karim, S. P. E. Islam and E. Keempat, Depok: PT RajaGrafindo Persada, Cetakan ke-8, 2017.

H. Wolingga, “Implementasi Teori Belajar Disiplin Mental Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mts,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 68–80, 2018.

S. Akhiruddin, H. Atmowardoyo, and H. Nurhikmah, Belajar dan Pembelajaran, Gowa Cahaya Bintang Cemerlang, 2019.

A. Ahdar and W. Wardana, Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, CV. Kaaffah Learning Center, 2019.

S. Suwandi, “Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa,” in Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 5, pp. 1–9, 2018.

M. A. K. Budiyanto, “Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL),” Malang Univ. Muhammadiyah Malang, 2016.

R. Sa’diyah, “Pentingnya melatih kemandirian anak,” Kordinat J. Komun. Antar Perguru. Tinggi Agama Islam, vol. 16, no. 1, pp. 31–46, 2017.

Z. Aqib and M. Chotibuddin, Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish, 2018.

M. Mualimin and R. A. H. Cahyadi, “Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2014.

D. R. H. W. Sanjaya, Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.

Published

2022-12-14

How to Cite

Witarja, W. (2022). Penggunaan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA Negeri 1 Susukan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(12), 483-492. https://doi.org/10.52436/1.jpti.174