Pengembangan Wisata Sejarah Kabupaten Rokan Hulu Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality

Authors

  • Asep Supriyanto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian, Indonesia
  • Satria Riki Mustafa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian, Indonesia
  • Mohammad Luthfi Aidil Postgraduate Student University technology of Malaysia, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1444

Keywords:

Augmented Reality, Rokan Hulu, Sejarah, Virtual Reality, Wisata

Abstract

Kabupaten Rokan Hulu di Provinsi Riau memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang berpotensi besar menjadi daya tarik wisata unggulan. Namun, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, terutama dalam menarik minat generasi muda terhadap nilai sejarah dan budaya lokal. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi Virtual Tour Wisata Sejarah Kabupaten Rokan Hulu berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sebagai media wisata interaktif dan edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Setiap tahap dilaksanakan secara sistematis untuk menghasilkan aplikasi yang fungsional dan mudah digunakan. Evaluasi dilakukan melalui Usability Testing menggunakan System Usability Scale (SUS) guna menilai efektivitas dan kualitas desain aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh skor SUS rata-rata sebesar 83,4, yang termasuk dalam kategori Luar Biasa (Excellent) dan Dapat Diterima (Acceptable). Hasil ini menegaskan bahwa aplikasi diterima dengan baik oleh pengguna serta mampu memberikan pengalaman wisata yang imersif, menarik, dan informatif terhadap situs-situs sejarah di Rokan Hulu. Dampak dari penelitian ini tidak hanya meningkatkan daya tarik wisata sejarah dan digitalisasi promosi pariwisata daerah, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian budaya lokal melalui penyajian informasi sejarah dalam bentuk visual interaktif. Bagi mitra daerah, aplikasi ini dapat menjadi sarana efektif untuk memperluas jangkauan promosi wisata, meningkatkan keterlibatan masyarakat, serta memperkuat citra Kabupaten Rokan Hulu sebagai destinasi wisata budaya berbasis teknologi modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Wardana and A. R. Lubis, “The Role of The Department of Culture and Tourism of Rokan Hulu District in The Development of The Aek Metertu Waterfall Tourism Object,” JKP (Jurnal Kaji. Pemerintah J. Gov. Soc. Polit., vol. 9, no. 1, pp. 23–32, 2023, doi: https://doi.org/10.25299/jkp.2023.vol9(1).12082.

R. Sidiq, D. R. Adyanti, M. Jannah, M. Siregar, and N. Nurhaliza, “SEJARAH TUAN GURU BASSALAM: Syekh Abdul Wahab Rokan,” Puter. Hijau J. Pendidik. Sej., vol. 8, no. 1, p. 141, 2023, doi: https://doi.org/10.24114/ph.v8i1.44518.

R. E. J. Diamante, “Landmark and Tourist Spots Using Augmented Reality,” Am. J. Agric. Sci. Eng. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 64–71, 2023, doi: https://doi.org/10.54536/ajaset.v7i2.958.

M. S. Siddiqui, T. A. Syed, A. Nadeem, W. Nawaz, and A. Alkhodre, “Virtual Tourism and Digital Heritage: An Analysis of VR/AR Technologies and Applications,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 13, no. 7, pp. 303–315, 2022, doi: 10.14569/IJACSA.2022.0130739.

S. Zandi, “Revival of the Silk Road using the applications of AR/VR and its role on cultural tourism,” Comput. Sci., 2023, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2304.10545.

S. V. A. Kundan Khandare, “Developing Virtual Reality Apps to Enhance Tourism,” Proceeding Int. Conf. Sci. Eng., vol. 11, no. 1, pp. 65–68, 2023, doi: https://doi.org/10.52783/cienceng.v11i1.91.

FAUZAN ANSHORY, “Peran Pemerintah Kabupaten Rokan Hulir Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Napangga Tanjung Medan,” Repository, 2022.

I. Mersia Samar, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN OBJEK WISATA KOTA AMBON,” JIP (Jurnal Inform. Polinema), vol. 9, no. 2, pp. 183–189, 2023, doi: https://doi.org/10.33795/jip.v9i2.1224.

T. Rosandy, H. -, and T. Zaini, “Augmented Reality Wisata Monumen Bersejarah Lampung Berbasis Mobile,” J. Inform., vol. 19, no. 1, pp. 31–35, 2019, doi: https://doi.org/10.30873/ji.v19i1.1445.

A. L. Permatasari, I. A. Suherningtyas, R. Rizky, R. A. Suprapto, and S. T. Astuti, “Pengembangan Augmented Reality berbasis Geolokasi di Kabupaten Sleman,” Media Komun. Geogr., vol. 23, no. 2, pp. 178–187, Dec. 2022, doi: https://doi.org/10.23887/mkg.v23i2.49226.

U. A. Ahmad et al., “Aplikasi Pengenalan Wisata Kabupaten Sinjai Berbasis Augmented Reality Dan Virtual Reality Application Of Introduction To Tourism In Sinjai Regency Based On Augmented Reality And Virtual Reality,” Repository, vol. 9, no. 3, pp. 945–950, 2022.

A. P. Setiawan and F. Prasetya, “Eksplorasi Perspektif Guru Smk Kota Bukittinggi Terhadap Implementasi Teknologi Virtual Reality (Vr) Dan Augmented Reality (Ar) Dalam Proses Pembelajaran Produktif,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 9, no. 1, pp. 2776–2788, 2025, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v9i1.25058.

F. Baru and Dewi Anggraini, “Augmented Reality Tourism Guide: Sistem Informasi Multi User Untuk Wisata Kuliner Di Kampung Bena,” J. Publ. Manaj. Inform., vol. 4, no. 3, pp. 94–106, 2025, doi: https://doi.org/10.55606/jupumi.v4i3.3960.

F. A. Astrid Octavia Bahari and Iswanto, “Analysis of the Experience of Using Augmented Reality Applications for Educational Tourism,” Res. Horiz., vol. 05, no. 02, pp. 97–108, 2025, doi: https://doi.org/10.54518/rh.5.2.2025.542.

N. Wibisono, W. Rafdinal, and L. Setiawati, “Tourism in the virtual age: Predicting the adoption of virtual reality applications in tourism,” Int. J. Appl. Sci. Tour. Events, vol. 8, no. 1, pp. 9–23, 2024, doi: https://doi.org/10.31940/ijaste.v8i1.9-23.

I. Azhari, R. Sinaga, A. Harahap, and S. Anuar Bin Ismail, “Development of Historical Tourism Based on Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) at the Bongal International Historical Site, Central Tapanuli, North Sumatra, Indonesia,” IHiS (Indonesian Hist. Stud., vol. 9, no. 1, pp. 28–42, 2025, doi: https://doi.org/10.14710/ihis.v9i1.20199.

L. Judijanto et al., Metodologi Research and Development (Teori dan Penerapan Metodologi RnD), no. June. 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/381290945_METODOLOGI_RESEARCH_AND_DEVELOPMENT_Teori_dan_Penerapan_Metodologi_RnD

M. Waruwu, “Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 1220–1230, 2024, doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141.

Shoffya Rifda Putri and Mimin Sundari Nst, “Pengelolaan Situs Cagar Budaya Istana Rokan Dan Rumah Hulubalang Kabupaten Rokan Hulu,” J. Res. Dev. Public Policy, vol. 3, no. 2, pp. 22–36, 2024, doi: https://doi.org/10.58684/jarvic.v3i2.136.

B. Khafid and D. A. P. Putri, “Pesma Apps as Android-based Integrated Applications for Mahasantri Pesma KH Mas Mansur UMS,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 95–102, 2020, doi: https://doi.org/10.23917/khif.v6i2.10494.

Published

2025-11-30

How to Cite

Supriyanto, A., Riki Mustafa, S. ., & Luthfi Aidil, M. . (2025). Pengembangan Wisata Sejarah Kabupaten Rokan Hulu Berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(10), 3064-3073. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1444