Kelayakan Media Pembelajaran E-Jobsheet Bagi Mahasiswa Vokasional Pendidikan Teknik Bangunan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning di Universitas Negeri Medan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1418Keywords:
E-jobsheet, Praktik Kayu, Project Based Learning, Pendidikan VokasionalAbstract
Mata kuliah produktif Prodi Pendidikan Teknik Bangunan bidang vokasional yang menghasilkan luaran mata kuliah berbasis project based learning yaitu mata kuliah praktik kayu. Proses Pembelajaran pada Mata kuliah praktik kayu di Program Studi Pendidikan Teknik bangunan dilakukan dengan strategi pembelajaran praktik langsung di workshop. Project Based Learning membutuhkan jobsheet yang mudah diakses agar proyek yang dikerjakan dapat diwujudkan. Keterbatasan jobsheet cetak dalam mata kuliah praktik kayu di Prodi Pendidikan Teknik bangunan Unimed belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji Kelayakan E-Jobsheet berbasis Project Based Learning yang dapat memberikan informasi berupa Langkah kerja praktik kayu serta petunjuk kerja kayu yang akan mempermudah mahasiswa menyelesaikan produk akhir mereka. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model Gerlach & Ely dengan subjek penelitian Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Analisis kelayakan dilakukan dengan kriteria penilaian validasi ahli dengan skala likert 5 kategori. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga orang ahli yang yang kompeten di bidang pengembangan Jobsheet, yaitu Ahli Desain Pembelajaran, Ahli dalam materi mata kuliah praktik kayu perancah dan begesting, dan Ahli dalam media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menurut Ahli Desain pembelajaran menilai produk dengan rerata skor 4,14 dengan kategori sangat baik, Ahli materi pembelajaran menilai produk dengan rerata skor 4,15 dengan kategori sangat baik dan Ahli media E-Jobsheet praktik kayu pembelajaran menilai produk dengan rerata skor 4,16 dengan kategori sangat baik. Maka E Jobsheet praktik kayu dinilai efektif meningkatkan keterampilan psikomotorik mahasiswa dan layak digunakan sebagai media ajar.
Downloads
References
L. Atika et al., “ANALYSIS OF THE FEASIBILITY OF WOOD WORKSHOP FACILITIES AND INFRASTRUCTURE THROUGH THE VIRTUAL LABORATORY CONCEPT IN PREPARING EMPLOYABILITY SKILLS FOR PROSPECTIVE VOCATIONAL SCHOOL TEACHERS,” Jurnal Pensil?: Pendidikan Teknik Sipil, vol. 14, no. 1, pp. 138–153, Jan. 2025, doi: 10.21009/JPENSIL.V14I1.50316.
A. (Alghaniy) Nurhadiyati, R. (Rusdinal) Rusdinal, and Y. (Yanti) Fitria, “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 327–333, Dec. 2021, doi: 10.31004/BASICEDU.V5I1.684.
P. Vokasional Terhadap Karir Siswa Berkebutuhan Khusus Ani Supriati, S. Alamsyah Sidik, and N. Asmiati, “Pembelajaran Vokasional Terhadap Karir Siswa Berkebutuhan Khusus,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 8, no. 4, pp. 1567–1574, Dec. 2022, doi: 10.31949/EDUCATIO.V8I4.3995.
A. HARDIANTI, S. SUHARTI, and P. PURNAMAWATI, “PENTINGNYA MANAJEMEN PEMBELAJARAN CRITICAL THINGKING SKILL PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK),” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , vol. 2, no. 2, pp. 106–115, May 2022, doi: 10.51878/VOCATIONAL.V2I2.1159.
M. Hafidz, M. Yusof, M. Arsat, F. Amin, and A. A. Latif, “Issue and Challenge for Vocational Teaching Quality in the Vocational College Lecturers: A Systematic Review/ Isu dan Cabaran Kualiti Penyampaian Pengajaran Bidang Vokasional dalam Kalangan Pensyarah Kolej Vokasional: Satu Ulasan Sistematik,” Sains Humanika, vol. 12, no. 2–2, Aug. 2020, doi: 10.11113/SH.V12N2-2.1779.
D. A. Prabowo, M. Y. Fathoni, R. Toyib, and D. Sunardi, “SOSIALISASI APLIKASI MERDEKA MENGAJAR DAN PENGISIAN KONTEN PEMBELAJARAN PADA SMKN 3 SELUMA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM SMK-PK TAHUN 2021,” JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2021, doi: 10.54650/JPMTT.V1I2.410.
O. Candra, “JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) The Effectiveness of Jobsheet Development in Basic Electrical and Electronics Subject Class X TITL at SMK Negeri 1 Bangkinang,” vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.24036/jtev.v7i2.113396.
A. A. Saputri, S. W. Andayani, and E. Kartikasari, “EFFECTIVENESS OF USING E-JOBSHEET MEDIA IN DIGITAL DESIGN COURSES,” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, vol. 18, no. 1, Nov. 2023, Accessed: Sep. 12, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/67943
A. Dwinggo Samala, M. Giatman, W. Simatupang, and F. Ranuharja, “E-Jobsheet Based on Mobile Pocket Book as Digital Learning Resources (DLRs),” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 14, no. 2, 2021, doi: 10.24036/tip.v14i1.
S. Wulandari, S. Maulidin, U. Walisongo Semarang, and S. Bustanul Ulum Lampung Tengah, “MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN?: STUDI DI SMK N 2 KENDAL,” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , vol. 4, no. 4, pp. 164–179, Dec. 2024, doi: 10.51878/VOCATIONAL.V4I4.4250.
A. Alfia, S. Markos Siahaan, K. Wiyono, M. Raharjo, and E. Retna Safitri, “MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PRAKTIK SISWA SMK,” Jurnal Muara Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2023.
M. Kryger and A. Qvortrup, “Conceptualizing and Developing Vocational Identity - A Scoping Review of Research in Vocational Education and Training,” Vocations and Learning, vol. 18, no. 1, pp. 1–24, Dec. 2025, doi: 10.1007/S12186-025-09371-8/TABLES/2.
R. Ridwan and M. Nurmanita, “Efektivitas Penggunaan Jobsheet Berbantuan Electrical Control Techniques Simulator Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa,” JUPEIS?: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 4, no. 3, pp. 49–57, Jul. 2025, doi: 10.57218/JUPEIS.VOL4.ISS3.1651.
H. L. Burhan, A. Asrizal, and R. Ramli, “Development of Physics E-Jobsheet Integrated STEM Approach to Promote Students’ 21st Century Skills,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 11, no. 2, pp. 1176–1184, Feb. 2025, doi: 10.29303/JPPIPA.V11I2.5056.
S. Islami, Ambiyar, Fadhilah, Syahril, and Y. Indarta, “Effectiveness of Project-Based Learning Model on E-Learning Assisted Residential Installation Job Sheet,” Proceedings of the 8th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2021), pp. 92–96, Dec. 2021, doi: 10.2991/ASSEHR.K.211208.016.
S. J. Wee, E. Silva, and C. Leyva, “Critical Analysis of Children’s Picturebooks on Latino Fathers and Their Daughters from a LatCrit and Intersectionality Lens,” Children’s Literature in Education, vol. 56, no. 3, pp. 401–416, Sep. 2025, doi: 10.1007/S10583-025-09618-X/METRICS.
“MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat ... - Septy Nurfadhillah, M.Pd dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun 2021 - Google Books.” Accessed: Sep. 12, 2025. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=MEDIA+PEMBELAJARAN&ots=LS0Nc6_BT9&sig=BbexZsoNr8iGFWa97ovfVtKLNnk&redir_esc=y#v=onepage&q=MEDIA%20PEMBELAJARAN&f=false
E. Rahayu et al., “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Kelas XI SMA?: (Development of an Interactive E-Module in the Shape of a Flipbook on Excretory System Material for Class XI SMA),” BIODIK, vol. 10, no. 2, pp. 210–220, Jun. 2024, doi: 10.22437/BIODIK.V10I2.35172.
D. N. Sipayung and J. Purba, “Pengembangan e-Modul Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutainment pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur,” Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, vol. 9, no. 1, pp. 85–98, Apr. 2024, doi: 10.36709/JPKIM.V9I1.80.
N. Kesumawati, A. Dedy, P. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, AND EFFECTIVE) PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR,” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), vol. 6, no. 2, pp. 107–122, Oct. 2023, doi: 10.26618/JRPD.V6I2.11881.
“Tampilan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Berbasis Android Menggunakan Smart App Creator.” Accessed: Oct. 11, 2025. [Online]. Available: https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/917/577
S. Rizqi, R. 1?, and K. Pranata, “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7265–7274, Jun. 2022, doi: 10.31004/BASICEDU.V6I4.3470.










