Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kemampuan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Ainun Mardia Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Ali Yusron Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Ikhwanuddin Abdul Majid International Islamic University Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1355

Keywords:

Kemampuan Peserta Didik, Kurikulum Merdeka Belajar, Madrasah Aliyah Negeri

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan kemerdekaan berpikir kepada peserta didik agar peserta didik mempunyai kesempatan untuk berkembang. Penerapan kurikulum merdeka adalah suatu tantangan baru untuk pendidik dan satuan pendidikan karena perubahan kurikulum sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin menggambarkan apa yang sesungguhnya terjadi atau apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, guru-guru dan peserta didik. Metode pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada konsep Miles dan Huberman yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Kurikulum merdeka memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan potensi peserta didik. Dampak tersebut mencakup beberapa aspek penting, seperti menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik di MAN Kota Padangsidimpuan. Hasil penelitian di dapatkan bahwa kurikulum merdeka memberikan kebebasan belajar sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan pembelajaran berbasis proyek, peserta didik dapat menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari ke dalam konteks nyata dengan menghasilkan sebuah produk. Kurikulum merdeka mengutamakan adanya penguatan karakter, literasi, dan keterampilan menjadi landasan kokoh dalam pengembangan peserta didik. Namun, pendekatan ini membutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik dari guru dan orang tua dalam mengoptimalkan dampak yang dihasilkan oleh kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Ria Sitorus, K. Kristina Waruwu, and A. Febry, “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. West Sci., vol. 01, no. 06, pp. 328–334, 2023.

A. Hartoyo and D. Rahmadayanti, “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2247–2255, 2022, [Online]. Available: https;//jbasic.org/index.php/basicedu.

W. Hidayati, N. A. Praptiwi, and A. A. A. I. S. Aulia, “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Inovasi Guru Dalam Memenuhi Keragaman Peserta Didik Di Sma Negeri 3 Yogyakarta,” Adm. Pendidik. Islam, vol. 06, no. 02, pp. 129–142, 2024, doi: 10.15642/JAPI.2024.6.2.129-142.

Kemendikbud, Peraturan Pemerintah Tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka, no. 021. 2022.

U. Inayati, “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI,” 2st ICIE Int. Conf. Islam. Educ., vol. Volume 2, pp. 293–304, 2022.

Khoirurrijal et al., Pengembangan Kurikulum Merdeka, Cetakan I. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

R. Nirwana, A. I. Hidayati, F. Assayyidah Ifcha, S. F. Azzahra, A. Sayyidah, and R. Jannah, “Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif Dan Berpusat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 02, no. 2, p. 213, 2024.

K. Nikmah and W. S. Rondli, “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar,” ILUMINASI J. Res. Educ., vol. 1, no. 2, p. 169, 2023, doi: 10.54168/iluminasi.v1i2.191.

Z. Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

E. Murdiyanto, Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 2020.

F. N. Abdul, S. Ningsih, M. F. Silva, L. Suharti, and J. P. Harahap, “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka,” Compet. J. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 201–211, 2023, doi: 10.58355/competitive.v2i3.37.

Nurjannah, “Wawancara tentang Kurikulum Merdeka Belajar,” 2024.

R. Lubis, “Wawancara tentang Kurikulum Merdeka Belajar,” 2024.

D. Wahyudi et al., Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024.

W. R. Fahira, F. M. Lisa, P. R. Dani, N. S. Ria, and M. S. Wati, “Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ips Di Sma 1 Bukit Sundi,” J. Eduscience, vol. 9, no. 3, pp. 902–909, 2022, doi: 10.36987/jes.v9i3.3484.

Y. Wirda, I. Ulumudin, F. Widiputera, N. Listiwati, and S. Fujianita, Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa, Cetakan I. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

I. B. Sappaile, T. Pristiwaluyo, and I. Deviana, Hasil Belajar Dari Perspektif Dukungan Orangtua & Minat Belajar Siswa, Cetakan Pe. Sulawesi Selatan: Global-RCI, 2021.

S. Siregar, Kemandarian Peserta didik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. 2024.

R. Harahap, Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Peserta Didik. 2024.

H. Harahap, Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Peserta Didik. 2024.

H. Mubarok, Dampak Implementasi kurikulum merdeka terhadap kemampuan peserta didik. 2024.

D. Kusumawati and A. Sutisna, “Merdeka Belajar Dalam Konteks Kemandirian Belajar Siswa Respon Terhadap Regulasi Baru Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan,” J. Lensa Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 11–17, 2021, doi: 10.33222/jlp.v6i1.1644.

Published

2025-11-30

How to Cite

Harahap, A. M., Yusron, A., & Abdul Majid, I. (2025). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kemampuan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(10), 3163-3172. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1355