Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Addie dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh

Authors

  • Lestari Nengsih Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Suhirman Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Zurifah Nurdin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Syafira Martaninda Rahmi Universiti Malaysia Pahang, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1353

Keywords:

E-Modul Interaktif, Hasil Belajar, Model ADDIE, Pembelajaran Fiqih

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan menuntut inovasi media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar. Pembelajaran Fiqh di madrasah masih sering berfokus pada metode ceramah dan penggunaan bahan ajar konvensional, sehingga kurang menarik minat siswa dan belum sepenuhnya mendorong pemahaman konseptual yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran Fiqh bagi siswa kelas VII di MTsN 1 Kota Bengkulu guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mencakup lima tahap utama: analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli (materi dan media) serta satu guru Fiqh. Uji coba skala kecil melibatkan 6 siswa, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 30 siswa kelas VII F yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi, dengan skor penilaian aspek materi sebesar 92,4%, aspek media 94,2%, dan penilaian guru Fiqh 96%. Penerapan e-modul terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dari rata-rata 69,5% menjadi 82,13%, serta memperoleh respon positif dari siswa sebesar 84,8%. Dengan demikian, e-modul interaktif ini dinilai efektif, menarik, dan relevan untuk digunakan sebagai inovasi pembelajaran Fiqh di madrasah, serta berkontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran berbasis digital di lingkungan pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Kurniawan, "Dampak teknologi informasi dalam dunia pendidikan," Teknologi dan Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 22-27, 2020.

T. Anderson, "Theories for teaching in an online learning environment," Journal of Educational Technology, vol. 15, no. 4, pp. 63-75, 2018.

M. Yusuf, "Integrasi teknologi dalam pembelajaran instruksional," International Journal of Education and Technology, vol. 6, no. 1, pp. 45-57, 2019.

R. Mayer, "The influence of new learning paradigms on education," Journal of Modern Education, vol. 25, no. 3, pp. 85-98, 2021.

J. Keller, "Paradigma baru dalam desain instruksional," International Journal of Educational Research, vol. 33, no. 1, pp. 77-89, 2022.

Al-Qur'an & Hadits, Pendidikan Agama Islam, Pustaka Belajar, 2020.

A. Purnomo, "Evaluasi penggunaan bahan ajar dalam pendidikan agama di madrasah," Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 52-67, 2022.

S. Setiawan, "Analisis buku ajar fiqh berbasis kurikulum merdeka," Jurnal Pendidikan dan Teknologi, vol. 21, no. 3, pp. 98-110, 2021.

M. Hamdani, "Pengaruh multimedia dalam pembelajaran fiqh," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 14, no. 2, pp. 31-40, 2020.

B. Cahyono, "Penggunaan metode ceramah dalam pendidikan," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 17, no. 4, pp. 88-94, 2019.

D. Hall, "Understanding the concept of learning materials," Educational Resource Handbook, vol. 6, no. 2, pp. 29-35, 2017.

I. Pannen, "Pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran fiqh," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 19, no. 1, pp. 63-72, 2020.

M. Syamsul, "Modul interaktif dalam pembelajaran digital," Jurnal Teknologi Pendidikan dan Media, vol. 10, no. 3, pp. 34-41, 2022.

Encyclopedia Britannica Ultimate Reference Suite, "E-book dan e-modul: Pengertian dan Perbedaannya," Encyclopædia Britannica, Inc., 2021.

Nurhidayah, S., Wibowo, A., & Lestari, M. (2021). Development of interactive e-module to support Islamic learning in digital era. Journal of Education and E-Learning Research, 8(3), 345–352. https://doi.org/10.20448/journal.509.2021.83.345.352

Rahmawati, I., & Hidayat, M. (2023). ADDIE-based development of Islamic education e-module to enhance students’ learning performance. Journal of Education and Practice, 14(5), 56–65. https://doi.org/10.7176/JEP/14-5-07

W. R. Borg and M. D. Gall, Educational research: An introduction, 7th ed. Pearson, 2003.

R. G. Tharp and R. Gallimore, Rousing minds to life: Teaching, learning, and schooling in social context. Cambridge University Press, 1988.

W. Dick, L. Carey, and J. O. Carey, The systematic design of instruction, 7th ed. Pearson, 2005.

M. Molenda, "In Search of the Elusive ADDIE Model," Performance Improvement, vol. 42, no. 5, pp. 34-36, 2003.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, 4th ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2014.

L. Cohen, L. Manion, and K. Morrison, Research methods in education, 8th ed. New York: Routledge, 2018.

S. Hancock, C. H. Smith, and R. P. Johnson, "Descriptive analysis in quantitative research," Journal of Educational Research and Practice, vol. 10, no. 2, pp. 1-15, 2020.

A. Lika, B. Sutrisno, and C. Putra, "E-modul interaktif dalam pembelajaran: Peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran fiqh," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 34, no. 3, pp. 123-135, 2021.

Fibria, D., & Fuji, F., "The impact of interactive learning media on students' motivation and achievement in Islamic education," Journal of Educational Media, vol. 12, no. 2, pp. 113-120, 2020.

Iqbal, M., Wijaya, P., & Prasetyo, M., "The role of digital technology in enhancing student engagement and learning outcomes," International Journal of Education Technology, vol. 9, no. 1, pp. 45-52, 2019.

Published

2025-10-28

How to Cite

Nengsih, L., Suhirman, Nurdin, Z. ., & Rahmi, S. M. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Addie dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(10), 3018-3028. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1353