Pengaruh Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya

Authors

  • Shofy Niswatul Adni Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Elsa Rizky Amelia Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.357

Keywords:

kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, Kurikulum Terpadu, pengelolaan

Abstract

Kesejahteraan para pendidik serta tenaga kependidikan menjadi salah satu isu yang seringkali tidak pernah diperhatikan. Keluhan serta protes kinerja guru yang dianggapnya tidak sebanding dengan gaji yang diberikan juga menjadi masalah yang seharusnya segera diselesaikan. Guru dituntut untuk mampu dalam segala hal dan bekerja seharian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan serta melihat realita sistem pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan. Manfaat dari penelitian ini sebagai panduan dan pedoman kepada calon tenaga pendidik dan kependidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara bersama kepala sekolah. Dalam penelitian ini terlihat hubungan serta faktor sebagai penunjang kesejahteraan para pendidik serta tenaga kependidikan sudah cukup memenuhi standar kelayakan yang mana standar tersebut dibutuhkan selama proses pembelajaran dan banyak pihak yang berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

N. Nasaruddin, “Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 2, pp. 63–76, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v1i2.93.

Y. E. Cumhur et al., “Manajemen Kesejahteraan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo Ponjong Gunungkidul Periode Tahun 2018,” J. Wind Eng. Ind. Aerodyn., vol. 26, no. 1, pp. 1–4, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.1007/s11273-020-09706-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2017.09.008%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.energy.2020.117919%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.coldregions.2020.103116%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2010.12.004%0Ahttp://dx.doi.o

H. Maulana, “Keluh Kesah Guru Antara Panggilan Jiwa dan Tantangan Masa Kini,” Kompasiana Beyon Blogging, 2023. https://binus.ac.id/bandung/2023/11/cara-mengutip-sumber-berita-website-ke-mendeley/ (accessed Mar. 18, 2024).

Tari Pagusa, “Perbedaan Guru Honorer dan PNS soal Tugas, Gaji hingga Karier,” detik jatim, 2023. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6966616/perbedaan-guru-honorer-dan-pns-soal-tugas-gaji-hingga-karier (accessed Mar. 18, 2024).

A. Yudiyanto, M. Indrawati, and C. Kartika, “PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA GURU NON PNS DI SMK NEGERI 1 BANYUANYAR PROBOLINGGO,” J. Manaj. dan Adm. Publik, vol. Vol. 3, pp. 320–333, 2020.

E. Damayanti? and Ismiyati, “Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 9(1), pp. 33–49, 2020.

D. Safitri, M. Toharudin, and D. Sunarsih, “Analisis Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Non PNS,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8(19), pp. 74–82, 2022.

W. Andriani, “Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya,” Univ. Lambung Mangkurat, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.35542/osf.io/rkjsg

H. Widyastono, “Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 3, pp. 265–274, 2010, doi: 10.24832/jpnk.v16i3.460.

M. Huda, “Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah,” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 01, p. 1, 2022, doi: 10.30868/im.v5i01.2083.

N. M. Ashary and R. R. Aliyyah, “Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan?: Dalam Meningkatkan Mutu Profesionalisme Kualitas Calon pendidik,” vol. 3, pp. 3883–3898, 2024.

Published

2024-04-22

How to Cite

Adni, S. N., & Amelia, E. R. (2024). Pengaruh Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(12), 531-535. https://doi.org/10.52436/1.jpti.357