Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia https://jpti.journals.id/index.php/jpti <h1><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia</strong></h1> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI)</strong> merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara.</p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI)</strong> terbit setiap bulan (12 kali dalam setahun). JPTI terdaftar di BRIN dengan P-ISSN : <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1612334629&amp;1&amp;&amp;2021">2775-4227</a> dan E-ISSN : <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1612334869&amp;1&amp;&amp;2021">2775-4219</a></p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) </strong>saat ini terakreditasi SINTA 3 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia <strong>Nomor 177/E/KPT/2024</strong> (<a href="https://journals.id/master/SK_Akreditasi2024.pdf">Download SK Akreditasi</a>).</p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) </strong>memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari</p> <ol> <li>Lingkup Teknologi : bidang keteknikan (Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, dll), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Teknologi kesehatan.</li> <li>Lingkup pendidikan : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Non formal, Pendidikan Informal, Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Khusus lainnya (Kebencanaan, Komunitas, Anti Korupsi, Bela Negara, dll).</li> </ol> <table border="0"> <tbody> <tr> <td colspan="3"><strong>Informasi Jurnal</strong></td> </tr> <tr> <td width="150">Nama</td> <td>:</td> <td>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia</td> </tr> <tr> <td>Nama Pendek</td> <td>:</td> <td>JPTI</td> </tr> <tr> <td>Kependekan</td> <td>:</td> <td><em>Jur. Pend. &amp; Tekn. Ind. (JPTI)</em></td> </tr> <tr> <td>Frekuensi Terbit</td> <td>:</td> <td>Setiap Bulan</td> </tr> <tr> <td>Indexing</td> <td>:</td> <td>Sinta 3, Portal Garuda, Google Scholar, Dimensions, Crossref, ISJD</td> </tr> <tr> <td>DOI</td> <td>:</td> <td>https://doi.org/10.52436/1.jpti.IDPaper</td> </tr> <tr> <td>P-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612334629"><strong>2775-4227</strong></a></td> </tr> <tr> <td>e-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612334869"><strong>2775-4219</strong></a></td> </tr> <tr> <td>Author Fees / APC </td> <td>:</td> <td>Rp 750.000,00</td> </tr> <tr> <td valign="top">Scope</td> <td valign="top">:</td> <td>Artikel Penelitian bidang Pendidikan dan Teknologi/Keteknikan</td> </tr> </tbody> </table> <p><iframe style="border: 0px #ffffff none;" src="https://author.my.id/widget/statistik.php?sinta=12376&amp;gs=FhHJZ7cAAAAJ&amp;sc=11" name="statistik" width="100%" height="250px" frameborder="0" marginwidth="0px" marginheight="0px" scrolling="no"></iframe></p> <h1><br /><br /></h1> id-ID jptijournals@gmail.com (JPTI) jptijournals@gmail.com (Pengelola JPTI) Mon, 22 Sep 2025 21:36:05 +0700 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Guru dalam Membangun Kreativitas Menulis Plot Twist pada Cerpen Siswa Kelas XI: Pendekatan Deskirptif-Analitik https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1065 <p class="Abstrak">Guru memiliki peran penting dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis cerpen, khususnya dalam menciptakan <em>plot twist</em> yang menarik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam membangun kreativitas menulis cerpen dengan <em>plot twist</em> pada siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data berupa analisis teks cerpen siswa dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan dua strategi utama, yaitu Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir serta Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen. Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir digunakan untuk memberikan pengetahuan dasar menulis cerpen, sedangkan Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen digunakan untuk membangun <em>plot twist</em>. Berpikir lateral mendorong siswa menggunakan sudut pandang berbeda dan <em>out of the box</em>, sementara berpikir divergen merangsang siswa menghasilkan ide-ide beragam dan orisinil. Data karya cerpen siswa menunjukkan kombinasi kedua strategi ini menghasilkan <em>plot twist</em> yang mengejutkan, beragam, dan inovatif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pembelajaran menulis di sekolah menengah atas, terutama dalam hal pembentukan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan yang sistematis. Temuan ini dapat menjadi rujukan dalam perancangan strategi pembelajaran menulis kreatif yang lebih efektif dan bermakna di kelas.</p> Rofik Hariyadi, Yuni Pratiwi, Nita Widiati Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1065 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Klasifikasi Spesies Jamur Beracun Agaricus Xanthodermus dan Amanita Muscaria Menggunakan Transfer Learning dengan Arsitektur MobileNetV2 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/785 <p>Jamur memiliki peran penting dalam keanekaragaman hayati, namun beberapa spesies seperti <em>Agaricus xanthodermus</em> dan <em>Amanita muscaria</em> bersifat beracun dan dapat menyebabkan risiko kesehatan serius jika dikonsumsi. Identifikasi jamur beracun secara akurat menjadi tantangan karena kemiripan morfologinya dengan spesies non-beracun. Penelitian ini mengusulkan model klasifikasi jamur beracun menggunakan metode transfer learning dengan arsitektur MobileNetV2, yang dikenal efisien dalam memproses data visual. Dataset terdiri dari 632 gambar, masing-masing 304 gambar untuk <em>Agaricus xanthodermus</em> dan 328 gambar untuk <em>Amanita muscaria</em>, yang diperoleh dari platform Kaggle dan dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data validasi. Augmentasi data seperti <em>rotation, shift, flipping, </em>dan<em> rescaling</em> diterapkan untuk meningkatkan generalisasi model. Eksperimen dilakukan dengan menguji pengaruh jumlah <em>epoch</em> terhadap performa model, menggunakan rentang 10 hingga 100 <em>epoch</em> dengan interval 10. Hasil menunjukkan bahwa akurasi model meningkat seiring bertambahnya jumlah <em>epoch</em>, dengan performa optimal pada <em>epoch</em> ke-60. Pada <em>epoch</em> ini, akurasi validasi mencapai 99.21% dengan nilai <em>loss</em> validasi terendah sebesar 0,0447, menunjukkan bahwa model mampu mengklasifikasikan kedua spesies jamur secara akurat dan efisien. Selain itu, tren akurasi dan <em>loss</em> pada data pelatihan menunjukkan bahwa model mampu belajar secara stabil dan tidak mengalami <em>overfitting</em>, bahkan ketika menggunakan dataset yang relatif kecil. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode klasifikasi jamur beracun yang lebih akurat dan efisien, yang memiliki implikasi penting dalam kesehatan masyarakat dan konservasi keanekaragaman hayati.</p> Hildan Adisqi Ali Hasan, Risqy Siwi Pradini, Mochammad Anshori Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/785 Wed, 24 Sep 2025 00:00:00 +0700 Segmentasi Citra Formulir Menggunakan Bounding box untuk Pengambilan Objek Gambar https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1071 <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan metode segmentasi citra berbasis bounding box dan teknik cropping untuk mengisolasi karakter aksara OKU Timur sebagai upaya pelestarian budaya lokal. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 102 responden, masing-masing menulis karakter aksara pada lembar khusus. Eksperimen dilakukan pada lima sampel gambar yang berisi karakter serupa, namun ditulis oleh individu berbeda, guna menguji konsistensi dan ketahanan metode terhadap variasi tulisan tangan. Proses segmentasi dievaluasi menggunakan metrik kuantitatif, yaitu <em>precision</em>, <em>recall</em>, <em>F1-score</em> dan akurasi, dengan hasil rata-rata <em>precision</em> 71,76%, <em>recall</em> 78,33%, <em>F1-score</em> 74,9%, dan akurasi 78,33%. Hasil terbaik mencapai akurasi 100%, sedangkan hasil terendah 33,33%, menunjukkan adanya variasi tingkat keberhasilan segmentasi. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan yang diusulkan cukup efektif dalam mengidentifikasi karakter aksara meskipun terdapat perbedaan gaya penulisan. Kontribusi utama penelitian ini adalah menyediakan solusi digitalisasi aksara tradisional berbasis pengolahan citra, yang dapat mendukung upaya pelestarian dan pengembangan teknologi pengenalan karakter untuk aksara daerah.</p> Alhafiz Alhafiz, Susan Dian Purnamasari, Yesi Novaria Kunang, Ilman Zuhri Yadi, Irman Effendy Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1071 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Penerapan Number Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Elemen Rencana Biaya Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Malang https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/944 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Heads Together</em> (NHT) pada elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan di kelas XI DPIB SMK Negeri 11 Malang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengumpulan data meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 60,74 pada siklus I menjadi 80,93 pada siklus II. Keaktifan siswa juga meningkat dari 18,37 menjadi 20,78 poin. Uji statistik menggunakan <em>Paired Sample T-Test</em> menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua siklus (Sig. 0,000 &lt; 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Implementasi model ini berkontribusi pada penciptaan lingkungan belajar yang kolaboratif, interaktif, serta relevan dengan konteks permasalahan nyata di bidang konstruksi, sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran vokasional.</p> Dina Astari, R Machmud Sugandi, Siti Malikha Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/944 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Waterfall dalam Pengembangan Aplikasi Web untuk Pengelolaan Transaksi Koperasi Sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tijarotul Qur’aniyah https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1090 <p>Koperasi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tijarotul Qur’aniyah (MAMTQ) merupakan tempat perbelanjaan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan perlengkapan mandi bagi warga sekolah di daerah Puron, Blulu, Sukoharjo. Proses pengelolaan transaksi dan pencatatan stok masih dilakukan secara manual, yang berisiko menimbulkan kesalahan dan ketidakefisienan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kasir koperasi berbasis website guna meningkatkan akurasi dan efisiensi operasional. Metode pengembangan yang digunakan adalah <em>Waterfall</em>, melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Sistem dibangun menggunakan <em>PHP</em> dengan <em>framework</em> <em>Laravel</em>, <em>MySQL</em> sebagai basis data, serta <em>jQuery</em> pada sisi kasir. Hasil pengujian dengan metode <em>Black</em> <em>Box</em> menunjukkan seluruh fungsi sistem berjalan sesuai dengan perancangan. Selain itu, berdasarkan uji <em>Cognitive</em> <em>Walkthrough</em>, pengguna mampu menyelesaikan seluruh skenario penggunaan tanpa hambatan berarti. Sistem yang dikembangkan dinilai mudah digunakan, dapat meningkatkan efisiensi kerja, serta siap mendukung kegiatan operasional koperasi sekolah secara digital.</p> Faza Yoga Ardana, Azizah Fatmawati Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1090 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Perbandingan Algoritma Generalized Linear Model Dan Linear Regression Untuk Prediksi Hujan Berbasis Data Kaggle https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/967 <p>Prediksi curah hujan sangat penting bagi berbagai aktivitas yang dipengaruhi kondisi cuaca, khususnya di negara beriklim tropis mengalami kondisi ini secara signifikan. Prediksi curah hujan yang akurat sangat penting untuk mendukung berbagai aspek perencanaan kota, termasuk pengelolaan sumber daya air dan mitigasi risiko bencana banjir. Penelitian ini membandingkan dua algoritma <em>machine learning</em>, <em>Generalized Linear Model</em> (GLM) dan <em>Linear Regression</em>, dalam memprediksi curah hujan berdasarkan fitur cuaca seperti suhu, kelembaban, tekanan, angin, tutupan awan, dan data historis. Selanjutnya diproses melalui <em>encoding</em> yang dimana akan mengubah nilai kategorikal menjadi nilai numerik, normalisasi yang melibatkan penyesuaian ulang nilai nilai dalam dataset, dan penanganan <em>class imbalance</em> untuk melakukan duplikasi sample pada kelas minotitas. Setelah dibagi menjadi data latih dan uji, kedua algoritma diterapkan dan dievaluasi menggunakan akurasi, RMSE, dan MAE. Hasilnya, GLM memiliki akurasi sebesar 90.17% lalu untuk RMSE sebesar 0.3949 dan MAE 0.3836, se dangkan <em>Linear Regression</em> lebih baik dalam nilai MAE sebesar 0.2656 dan RMSE 0.3218 untuk akurasi sebesar 89.26%. Dengan pendekatan analisis yang tepat, pola tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung keputusan dan perencanaan secara lebih terarah.</p> Muhamad Anggi Irawan, Ayu Ratna Juwita, Elsa Elvira Awal, Tatang Rohana Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/967 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Asesmen Sumatif Materi Energi di Bumi Akan Habis Berbasis Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1109 <p>Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan asesmen sumatif berbasis aplikasi <em>Kahoot</em> untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini <em>research and development</em> dengan desain Borg and Gall 6 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, validasi desain, uji coba pemakaian skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian skala besar. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kevalidan untuk ahli dan praktisi, angket respon guru dan siswa, soal <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> materi energi di Bumi akan habis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menurut praktisi asesmen yang dikembangkan praktis digunakan pada mata pelajaran IPAS. Uji keefektifan yang digunakan adalah uji <em>paired sample t-test</em> dan <em>n-gain</em>. Hasil uji <em>paired sample t test</em> adalah 0,000 yang artinya nilai uji <em>n-gain</em> dalam penelitian ini diperoleh kelas A (Kontrol) 0,1362 dan kelas B (Eksperimen) 0,4508 dengan kategori peningkatan sedang. Nilai <em>Sig 0,000</em> &lt; 0,05, maka H? ditolak dan H? diterima. Sehingga ada perbedaan rata-rata antara hasil <em>pretest</em> dengan <em>posttest</em> yang artinya dampak penggunaan asesmen sumatif berbasis aplikasi <em>Kahoot </em>untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS berhasil. Selain itu, dampak yang dirasakan guru dapat memberikan umpan balik yang cepat dan efektif kepada siswa melalui <em>Kahoot</em>. Hasil <em>N¬Gain</em> kelas B (Eksperimen) 0,4508 masuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen sumatif berbasis aplikasi <em>Kahoot</em> yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai tes di sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS.</p> Bayu Septian Anuraga, Sumarno Sumarno, Lina Putriyanti Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1109 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Mewujudkan Pendidikan Berkualitas: Keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Inovasi Pendidikan https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/984 <p>Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang pesat, inovasi dalam pendidikan menjadi suatu keharusan untuk memastikan bahwa sistem pendidikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Inovasi pendidikan tidak hanya berfokus pada metode pengajaran atau kurikulum, tetapi juga melibatkan penggunaan teknologi modern dan pendekatan yang lebih holistik dalam pembelajaran. Metode penelitian ini yaitu Systematic Literature Review. Hasil dalam penelitian ini yaitu: Inovasi pendidikan membutuhkan peran aktif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dunia usaha, orang tua, dan masyarakat. Masing-masing pemangku kepentingan memiliki tanggung jawab yang saling melengkapi, seperti pemerintah yang menyusun kebijakan dan menyediakan anggaran, lembaga pendidikan yang menerapkan kurikulum dan pengajaran yang mendukung inovasi, dunia usaha yang menyumbangkan keterampilan yang sesuai dengan pasar kerja, serta orang tua dan masyarakat yang memberikan dukungan moral dan sumber daya. Untuk mencapai keberhasilan inovasi, pendekatan kolaboratif sangat penting, dengan menciptakan ruang untuk dialog terbuka, membangun kemitraan antara lembaga pendidikan dan industri, serta memberdayakan masyarakat dalam proses pendidikan. Kolaborasi ini akan mempercepat implementasi inovasi dan memastikan pendidikan yang relevan dan dapat memenuhi kebutuhan perkembangan zaman.</p> Liza Puji Lestari, Muhammad Sirozi Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/984 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Interaktif Papan Musi Menggunakan Model ADDIE terhadap Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas V SD https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1130 <p>Pembelajaran matematika memiliki hambatan yang terletak pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Maka dalam hal ini, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk digital yaitu Papan Musi Interaktif yang valid dan efektif untuk mendukung peningkatan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah KPK dan FPB. Data penelitian diambil dari hasil wawancara wali kelas V sebagai acuan awal untuk melakukan pengembangan sesuai kebutuhan peserta didik, angket validasi produk yang dikembangkan, serta tes yang dilakukan peserta didik untuk meninjau kompetensi dalam mencari solusi atas masalah matematika. Dalam metode RnD, model pengembangan ADDIE mencakup lima tahapan proses pengembangan, yaitu analisis masalah, membuat rancangan, pengembangan produk, penerapan dan uji coba. Hasil penelitian didapatkan (1) Papan Musi Interaktif dinyatakan valid dan layak untuk diterapkan, dengan hasil validitas ahli media 96%, dan ahli materi 100%, (2) Papan Musi Interaktif dinyatakan efektif dan terbukti dapat menunjang kemampuan dalam menyelesikan permasalahan matematika materi KPK dan FPB yang ditunjukkan dari peningkatan hasil tes 75,2% menjadi 90,8%, serta uji gain 66,92% menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan memasuki kategori sedang dengan efektifitas cukup. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan demikian penggunaan media interaktif papan musi dapat dijadikan media ajar alternatif untuk menunjang kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pokok bahasan KPK dan FPB.</p> Alika Adwa Putri Rintana, Ima Mulyawati Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1130 Sat, 27 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Chatbot Informasi Hukum Layanan Publik Berbasis Retrieval-Augmented Generation Menggunakan LangChain dan OpenAI di Ombudsman DIY https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/995 <p>Hubungan antara masyarakat dan lembaga layanan publik kerap menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam praktik maladministrasi, penyalahgunaan wewenang, dan kurangnya transparansi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan chatbot berbasis kecerdasan buatan generatif dengan pendekatan <em>Retrieval-Augmented Generation (RAG)</em> menggunakan LangChain dan OpenAI. Sistem ini dirancang untuk menyajikan informasi hukum yang akurat, kontekstual, dan mudah dipahami oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perancangan sistem chatbot dengan arsitektur RAG menggunakan LangChain dan OpenAI. Dokumen hukum diolah menjadi embeddings, disimpan dalam basis data vektor Chroma, dan digunakan dalam proses prompt engineering untuk menghasilkan jawaban yang kontekstual. Evaluasi sistem dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada lima ahli dari Lembaga Ombudsman DIY, dengan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif. Evaluasi sistem dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada lima ahli dari LO DIY dan menggunakan analisis deskrpitif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem memperoleh skor tinggi dalam indikator <em>Perceived Usefulness</em> (rata – rata = 12) dan Relevansi (rata – rata = 8), serta skor sangat tinggi dalam indikator Akurasi (rata – rata = 18,6) dan indikator <em>Clarity </em>(rata – rata = 8,4). Dengan demikian, penerapan teknologi RAG dalam pengembangan chatbot berpotensi meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap hukum layanan publik serta memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Hal ini menunjukkan potensi strategis pemanfaatan AI dalam mendorong tata kelola pelayanan publik yang lebih responsif, akuntabel, dan inklusif.</p> Saarah Muthiah Yasmin, Dhomas Hatta Fudholi Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/995 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Efektivitas Pengembangan e-LAPD Interaktif Berparadigma SETS Menggunakan Materi Sistem Koloid dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik melalui Model ADDIE https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1010 <p>Rendahnya keterampilan kolaborasi dan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi sistem koloid menjadi tantangan dalam pembelajaran kimia abad ke-21. Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan 4C (<em>Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication</em>) yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran abad ke-21, namun keterampilan ini tergolong jarang dilatihkan secara optimal oleh guru, dan pencapaiannya di sekolah masih belum maksimal. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkan perangkat pembelajaran berupa e-LAPD (Lembar Aktivitas Peserta Didik Elektronik) interaktif berparadigma SETS (<em>Science, Environment, Technology, Society</em>) guna mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi, serta membantu peserta didik memahami materi sistem koloid melalui paradigma SETS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>) dan pendekatan kuantitatif. Uji coba terbatas dilakukan pada 35 peserta didik kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Mojokerto. Data dikumpulkan melalui validasi perangkat pembelajaran, observasi, angket keterampilan kolaborasi, serta <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> kemampuan kognitif peserta didik. Data hasil angket keterampilan kolaborasi dan tes kognitif untuk menganalisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, dengan peningkatan skor rata-rata pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga masing-masing mencapai 72,3%, 79,5%, dan 82,7%. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-LAPD interaktif berparadigma SETS memiliki potensi kuat untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia berbasis kolaborasi, serta memberikan kontribusi terhadap penguatan keterampilan abad ke-21 dan implementasi Kurikulum Merdeka.</p> Sri Renata Mahardhika, Kusumawati Dwiningsih Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1010 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 An Analisis Penerimaan Pengguna Quizizz pada SMPN 3 Susukan Banjarnegara dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1017 <p>Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan telah mengalami perkembangan pesat, terutama dalam metode evaluasi pembelajaran. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Quizizz, sebuah aplikasi berbasis gamifikasi yang memungkinkan kuis interaktif secara daring. Quizziz menawarkan berbagai keunggulan seperti fleksibilitas, umpan balik instan, dan pengalaman belajar yang lebih menarik, akan tetapi pengguna masih menghadapi berbagai tantangan adopsi terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan penggunaan Quizizz dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Data dikumpulkan dari 222 responden, yang terdiri dari siswa dan guru yang aktif menggunakan Quizizz dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS untuk menguji validitas, reliabilitas, serta hubungan antar variabel dalam model penelitian ini. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa seluruh konstruk dalam model memiliki reliabilitas dan validitas yang sangat baik, dengan nilai Cronbach’s Alpha dan Composite Reliability masing-masing berada di atas 0,70 dan 0,90, serta nilai AVE di atas 0,50, yang menandakan konsistensi internal dan validitas konvergen yang memadai. Hasil uji model struktural menunjukkan bahwa sikap terhadap penggunaan (Attitude Toward Using/AM) memiliki pengaruh paling kuat dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavioral Intention/BI) dengan nilai koefisien ? = 0,744 dan p &lt; 0,001. Selain itu, efikasi diri (Self-Efficacy/SE) dan kondisi yang memfasilitasi teknologi (Technology Facilitating Conditions/TF) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use/PEU), masing-masing dengan ? = 0,340 dan ? = 0,586 (p &lt; 0,001). Kualitas pengetahuan (Knowledge Quality/KQ) berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan (Perceived Usefulness/PU), sementara kualitas informasi (Information Quality/IQ) justru menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan terhadap PU. Di sisi lain, hubungan antara PU dan BI, PEU dan BI, serta Social Influence (SI) terhadap BI tidak menunjukkan signifikansi statistik. Hasil ini menunjukkan bahwa penerimaan Quizizz lebih ditentukan oleh faktor personal pengguna, khususnya sikap dan kepercayaan diri, dibandingkan dengan aspek fungsional platform atau dorongan eksternal. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan fitur yang lebih ramah pengguna serta optimalisasi pelatihan bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan manfaat dari platform ini.</p> Titi Safitri Maharani, Rujianto Eko Saputro, Fandy Setyo Utomo Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1017 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan dan Evaluasi Protokol VHE-PIR Berbasis Multi-Server untuk Pengambilan Informasi yang Privat dan Skalabel https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1026 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protokol Private Information Retrieval (PIR) berbasis multi-server yang mengintegrasikan enkripsi homomorfik terverifikasi (Verifiable Homomorphic Encryption - VHE) untuk meningkatkan privasi, efisiensi, dan keandalan dalam pengambilan informasi dari basis data. Protokol ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan arsitektur server tunggal, seperti risiko kegagalan sistem, beban kerja yang tinggi, dan keterbatasan skalabilitas. Metode penelitian melibatkan distribusi basis data ke beberapa server, penggunaan public key dan private key untuk enkripsi dan verifikasi hasil, serta penerapan modul akselerasi untuk mendukung pemrosesan paralel. Simulasi dilakukan pada lingkungan terdistribusi untuk mengevaluasi waktu respons, penggunaan memori, serta kemampuan failover dalam kondisi server bermasalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada skenario normal, arsitektur multi-server secara konsisten memiliki waktu respons lebih rendah dibandingkan arsitektur server tunggal, baik untuk protokol non-VHE maupun VHE-PIR. Misalnya, pada 200 pengguna, waktu respons multi-server VHE adalah 3,6070 detik dibandingkan dengan 4,2433 detik pada single server. Selain itu, dalam kondisi server bermasalah, arsitektur multi-server tetap mampu melayani permintaan dengan mendistribusikan beban ke server lain, sementara server tunggal mengalami kegagalan total. Protokol VHE-PIR menunjukkan privasi yang lebih tinggi dengan memastikan elemen yang diakses tidak dapat diketahui oleh server, meskipun memerlukan sumber daya memori dan waktu respons sedikit lebih besar dibandingkan protokol non-VHE. Implikasi dari penelitian ini mencakup kontribusi akademik dalam desain protokol PIR tahan gangguan dan kontribusi praktis terhadap sistem informasi modern yang membutuhkan skala besar, kecepatan akses, serta jaminan kerahasiaan. Penelitian ini relevan untuk implementasi nyata, dan membuka ruang eksplorasi lebih lanjut dalam penerapan teknologi PIR di lingkungan cloud publik dan sistem basis data terdistribusi.</p> Slamet Widodo, Fandy Setyo Utomo, Berlilana Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1026 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP REVISI UNDANG-UNDANG TENTARA NASIONAL INDONESIA DI TWITTER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES DAN RANDOM FOREST https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1044 <p class="Abstrak">Media sosial X (sebelumnya Twitter) menjadi ruang diskusi intens terkait rencana Revisi Undang-Undang Tentara Nasional Indonesia (RUU TNI), yang memunculkan berbagai opini publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap RUU TNI dengan mengelompokkan opini pengguna ke dalam kategori positif dan negatif. Data sebanyak 5.646 unggahan dikumpulkan melalui teknik crawling berbasis kata kunci, lalu diproses melalui tahapan pembersihan, tokenisasi, stopword removal, dan stemming. Fitur diekstraksi menggunakan pendekatan lexicon-based Bahasa Indonesia dan TF-IDF, serta penanganan ketidakseimbangan data dilakukan menggunakan class weight. Dua algoritma machine learning, Naive Bayes dan Random Forest, digunakan untuk membandingkan performa klasifikasi. Hasil menunjukkan bahwa Random Forest memberikan akurasi tertinggi sebesar 84,51%, dengan f1-score 91% pada kelas negatif. Naive Bayes mencatat akurasi 83,63%, dengan f1-score 90% untuk kelas negatif. Kedua model mengalami kesulitan dalam mendeteksi sentimen positif, namun Random Forest terbukti lebih andal secara keseluruhan. Temuan menunjukkan dominasi sentimen negatif, mencerminkan kekhawatiran masyarakat terhadap implikasi revisi undang-undang. Penelitian ini memberikan kontribusi akademik dalam pemanfaatan analisis sentimen untuk memahami persepsi publik terhadap isu kebijakan nasional secara cepat dan terukur<strong>.</strong></p> Alfred Hasiholan Simamora, Ryan Randy Suryono Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1044 Mon, 22 Sep 2025 00:00:00 +0700 Identifikasi Cedera Olahraga dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MTs Darut Taqwa https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1055 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagian tubuh yang paling sering mengalami cedera serta faktor-faktor penyebabnya dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di MTs Darut Taqwa Tembalang, Kota Semarang, pada tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah masih terbatasnya kajian yang secara khusus memetakan cedera olahraga pada siswa madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 siswa yang mengalami cedera, bagian tubuh yang paling sering cedera adalah pergelangan kaki (30 siswa), diikuti siku (26 siswa), paha (23 siswa), pergelangan tangan (22 siswa), betis dan bahu (masing-masing 21 siswa), kepala (20 siswa), punggung (18 siswa), dada dan jari kaki (masing-masing 17 siswa), jari tangan (15 siswa), serta leher (12 siswa). Adapun faktor penyebab cedera yang paling dominan adalah benturan fisik dengan teman (21 siswa), kurang pemanasan (20 siswa), kondisi fisik yang menurun (19 siswa), kondisi tubuh yang tidak fit (18 siswa), tidak menggunakan alas kaki (17 siswa), kesalahan dalam melakukan gerakan (17 siswa), gerakan yang berlebihan (15 siswa), postur tubuh yang tidak seimbang (14 siswa), dan riwayat cedera sebelumnya (11 siswa). Temuan ini menunjukkan pentingnya pengawasan serta persiapan fisik yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK guna meminimalkan risiko cedera pada siswa.</p> Sulthan Hibrizie Hibatullah, Supriyono Supriyono Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1055 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1068 <p class="Abstrak"><span lang="IN">Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki peserta didik. Namun, perbedaan gaya belajar sering kali menjadi kendala dalam pencapaian kemampuan tersebut, terutama jika pembelajaran tidak disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik melalui penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis <em>GeoGebra</em>. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain <em>posttest-only control group design</em>. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, <em>t-test</em>, serta uji ketuntasan klasikal dan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis <em>GeoGebra</em> secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) rata rata nilai <em>posttest</em> kelompok eksperimen mencapai ketuntasan individu sebesar 81,3, (2) persentase ketuntasan klasikal kelompok eksperimen melebihi 76%, dan (3) perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dalam hasil posttest. Dengan demikian, hasil penelitian ini memperkuat urgensi penggunaan metode pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan belajar dan guna mendorong pencapaian kompetensi belajar masing-masing peserta didik.</span></p> Ita Soliha, Amidi Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1068 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Sistem Informasi Portal Sekolah Berbasis Website untuk Sekolah PKBM Jejama Pringsewu https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/797 <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk dunia pendidikan. Sekolah PKBM Jejama merupakan salah satu sekolah jenjang PKBM berstatus Swasta yang berada di wilayah Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung. Sekolah PKBM Jejama belum memiliki sistem informasi berbasis website yang efektif untuk menyampaikan informasi dan melakukan pendaftaran siswa secara online. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem untuk portal sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya transparansi dan efisiensi dalam penyampaian informasi kepada peserta didik, orang tua, dan masyarakat luas. Masalah lain yaitu orang tua harus datang langsung kesekolah untuk melakukan pendaftaran siswa baru sehingga cukup membuang waktu dalam proses pendaftaran. Penelitian ini menggunakan metode prototype dengan PHP dan MySQL sebagai teknologi utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem portal sekolah ini mampu menyediakan informasi sekolah, pendaftaran siswa, serta pengelolaan data siswa secara online, dengan tingkat kepuasan pengguna sebesar 85%. Sistem ini mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi sekolah tanpa harus datang langsung. Hasil pengujian sistem menggunakan black box dengan jumlah 5 responden menghasilkan nilai hasil pengujian sistem yang dilakukan sebesar 100 % sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun “Sangat Baik”.</p> Amza Mahendra, Imam Ahmad Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/797 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 User Satisfaction in Public Sector Digital Transformation: A Critical EUCS Analysis of the E-Kinerja Application in Indragiri Hilir Regency https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1079 <p>The accelerated global push for digitalized public services places immense pressure on government agencies to ensure the effectiveness and user acceptance of new information systems. This study critically investigates user satisfaction with the E-Kinerja application, a pivotal e-performance management system implemented at the Regional Personnel and Human Resource Development Agency (BKPSDM) of Indragiri Hilir Regency. Utilizing the well-established End-User Computing Satisfaction (EUCS) model, encompassing content, accuracy, format, ease of use, and timeliness dimensions, this research employs a quantitative approach. Data were collected via questionnaires from 36 active users (total population) and analyzed using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in SmartPLS. The findings reveal a nuanced and unexpected pattern of influence: only the Content (T-Statistic = 2.002, p&lt;0.05) and Timeliness (T-Statistic = 2.433, p&lt;0.05) dimensions significantly and positively impact user satisfaction. Crucially, Accuracy, Format, and Ease of Use did not exhibit a statistically significant influence. The model explained a substantial 76.7% of user satisfaction variance. This counter-intuitive outcome challenges generalized EUCS applicability in mandatory government contexts, suggesting that user priorities in public sector performance systems may uniquely emphasize core utility and promptness over aesthetic or perceived ease. These findings offer critical insights for public administrators prioritizing IT investments and contribute to refining the theoretical understanding of EUCS dynamics in specific organizational environments. Recommendations include prioritizing content quality and timely information delivery, while re-evaluating the perceived importance of other dimensions in similar government settings.</p> Tri Dermawan, Muhammad Jazman, Tengku Khairil Ahsyar, Eki Saputra, Fitriani Muttakin, Arif Marsal Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1079 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Deteksi Anomali Polusi Udara Menggunakan Algoritma Isolation Forest tanpa Label pada Dataset Kualitas Udara Torino https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/950 <p>Polusi udara merupakan masalah masalah lingkungan yang berdampak langsung pada Kesehatan dan kualitas hidup manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan algoritma <em>Isolation Forest</em> berbasis <em>Unsupervised Learning</em>, untuk menemukan anomali dalam data kualitas udara dan mengetahui situasi yang tidak normal dengan cepat dan akurat tanpa memerlukan label. <em>Isolation forest</em> dipilih karena efisien dalam menangani data yang besar dan bekerja dengan cepat dalam ruang fitur tinggi dibandingkan dengan algoritma yang lain. Penelitian ini mengimplementasikan algoritma <em>isolation forest</em> untuk dilakukannya identifikasi <em>outlier</em> pada data kualitas udara, khususnya parameter karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO?), nitrogen oksida (Nox), dan benzene (C6H6) dari dataset UCI <em>Air Quality</em>. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur, pengumpulan data, <em>preprocessing</em> (pembersihan data dan penanganan nilai hilang), analisis eksploratif, implementasi algoritma, serta visualisasi hasil. Hasilnya, dari total 9357 data, terdeteksi 468 anomali (5%) dengan karakteristik lonjakan nilai ekstrim seperti CO 8.1 mg/m³ dan NO? 187 µg/m³. Visualisasi grafik temporal dan <em>boxplot</em> memperkuat penelitian ini, dengan menunjukkan distribusi anomali yang tersebar. Sehingga, pendekatan ini bisa digunakan sebagai sistem peringatan dini terhadap lonjakan polusi udara yang berbahaya, sehingga berkontribusi dalam sistem <em>monitoring</em> kualitas udara otomatis yang lebih adaptif dan <em>real-time</em>.</p> Reffi Amanda, Ellya Helmud, Chandra Kirana Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/950 Mon, 22 Sep 2025 00:00:00 +0700 Prediksi Harga Bitcoin Menggunakan Model Hibrida Transformer Dan Long Short Term Memory https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1091 <p>Peramalan harga Bitcoin merupakan tantangan signifikan akibat fluktuasi pasar yang tinggi, di mana model deret waktu konvensional seringkali gagal menangkap dependensi data jangka pendek dan panjang secara bersamaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi model <em>deep learning</em> hibrida guna meningkatkan presisi peramalan harga Bitcoin. Model yang diusulkan mengintegrasikan arsitektur <em>Long Short-Term Memory</em> (LSTM), yang andal dalam memproses data sekuensial, dengan mekanisme atensi pada <em>Transformer</em> yang mampu mengidentifikasi hubungan data yang relevan. Metode penelitian mencakup penggunaan data harga historis Bitcoin yang telah melalui tahap pra-pemrosesan dan normalisasi. Arsitektur model terdiri dari dua lapisan LSTM (30 unit), diikuti oleh lapisan <em>Transformer</em> dengan <em>Multi-Head Attention</em> (satu <em>head</em>, dimensi kunci empat), dan diakhiri dengan lapisan <em>Global Average Pooling</em>. Pelatihan model dilakukan menggunakan konfigurasi optimal selama 10 <em>epoch</em> dengan ukuran <em>batch</em> 64. Hasil evaluasi menunjukkan kinerja prediksi yang sangat akurat, dibuktikan dengan nilai <em>Mean Absolute Percentage Error</em> (MAPE) sebesar 0,000695 dan <em>R-squared</em> (R²) 0,99999. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan hibrida efektif dalam menangkap pola kompleks pada data harga Bitcoin, sehingga menawarkan alat yang lebih kuat untuk analisis keuangan di pasar <em>cryptocurrency</em>.</p> Rio Irawan, Ema Utami Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1091 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Prediksi Penjualan Sepatu Berbasis Web pada Toko Byu.Co Menggunakan Regresi Linier Least Square https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/976 <p>Toko ByU.co mengalami ketidakseimbangan stok dan kendala dalam manajemen data penjualan akibat pencatatan yang masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengimplementasikan metode Least Square yang diterapkan pada data penjualan sepatu selama 12 bulan (Januari – Desember 2024) menggunakan sistem prediksi penjualan berbasis web dengan framework CodeIgniter. Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam menganalisis tren berdasarkan data historis. Sistem dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan mengolah data penjualan 40 produk. Hasil evaluasi menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) menunjukkan tingkat kesalahan prediksi sebesar 0,15%, yang termasuk dalam kategori sangat baik (&lt;10%). Sistem ini terbukti mempermudah proses prediksi dan pengelolaan data, serta mendukung pengambilan keputusan dalam pengaturan stok dan strategi penjualan. Sistem ini meningkatkan efisiensi manajemen stok dan akurasi prediksi penjualan di Toko ByU.co.</p> Kemal Farouq Mauladi; Alfina Damayanti, Muhammad Hasan Wahyudi Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/976 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kebermanfaatan Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru dalam Menggunakan Sistem PMB UNIMUDA Sorong https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1121 <p>Perkembangan teknologi informasi mendorong institusi pendidikan tinggi untuk menerapkan sistem digital, termasuk dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Namun, keberhasilan implementasi sistem PMB daring sangat bergantung pada persepsi pengguna terhadap kemudahan penggunaan (perceived ease of use atau PEOU) dan kebermanfaatan sistem (perceived usefulness atau PU). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PEOU dan PU terhadap minat calon mahasiswa dalam menggunakan sistem PMB UNIMUDA Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan desain potong lintang (cross-sectional). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 128 responden, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji-t, uji-F, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik PEOU maupun PU berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat calon mahasiswa. Nilai Adjusted R² sebesar 0,577 menunjukkan bahwa 57,7% variabilitas minat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Temuan ini memperkuat kerangka Technology Acceptance Model (TAM), serta menekankan pentingnya pengembangan sistem PMB berbasis User-Centered Design (UCD) yang tidak hanya ramah pengguna dan fungsional, tetapi juga mampu meningkatkan daya tarik institusi serta memberikan pengalaman digital yang optimal bagi generasi Z.</p> Annisa Nurul Aini, Sahiruddin Sahiruddin, Muhamad Ali Kasri Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1121 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Melalui Media Parafrase Berbasis AI pada Siswa SMK: Studi Eksperimen Penggunaan Quillbot https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/985 <p class="Abstrak"><span lang="IN">Keterampilan menulis teks argumentatif merupakan bagian penting dalam pengembangan literasi kritis siswa, namun masih menjadi tantangan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi <em>Quillbot</em> dalam meningkatkan kemampuan menulis teks argumentatif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Sebanyak 40 siswa terlibat, terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis (pra dan pascaperlakuan), observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji independent sample <em>t-test</em> dan perhitungan skor <em>N-Gain</em> menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata skor meningkat dari 68,00 menjadi 84,10 dan skor <em>N-Gain</em> sebesar 78,42% (kategori tinggi). Kelompok kontrol mengalami peningkatan dari 66,20 menjadi 76,45 dengan skor <em>N-Gain</em> 53,75% (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi <em>Quillbot</em> memberikan kontribusi positif terhadap struktur kalimat, ketepatan tata bahasa, dan pilihan diksi siswa dalam menulis teks argumentatif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap inovasi pembelajaran menulis berbasis teknologi di SMK, serta membuka peluang pemanfaatan kecerdasan buatan dalam meningkatkan kualitas literasi akademik.</span></p> Okta Diana Anggrayni, Darni, Resdianto Permata Raharjo Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/985 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Peran Dukungan Institusional dalam Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa di Pendidikan Tinggi: Kajian Sistematis Berbasis PRISMA https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1004 <p>Pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mengembangkan potensi, keterampilan, dan kesejahteraan mahasiswa secara menyeluruh. Namun, mahasiswa kerap menghadapi tantangan psikologis seperti stres, kecemasan, dan tekanan akademik akibat tuntutan lingkungan baru serta ekspektasi tinggi, yang berdampak pada penurunan kesejahteraan subjektif dan kesehatan mental. Kajian ini mengidentifikasi bentuk dukungan institusional perguruan tinggi dalam meningkatkan <em>subjective well-being</em> mahasiswa, menganalisis dampak dan implikasinya terhadap manajemen pendidikan tinggi. Pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) digunakan dengan panduan metode PRISMA, menelaah artikel dari berbagai jurnal bereputasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa dukungan institusional pendidikan tinggi mencakup layanan kesehatan mental holistik, pemanfaatan teknologi, pengembangan lingkungan kampus yang mendukung, pendidikan karakter dan emosi positif, integrasi kesejahteraan dalam kurikulum dan pembelajaran, dukungan sosial dan komunitas kampus serta kebijakan akademik yang fleksibel. Dukungan ini berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan mental, keterlibatan sosial, akses layanan, kapasitas personal serta penurunan hambatan budaya dalam mencari bantuan. Temuan ini penting bagi pengembangan kebijakan kampus yang berorientasi pada kesejahteraan mahasiswa secara berkelanjutan melalui integrasi layanan kesehatan, pengembangan platform digital kesejahteran, desain kampus ramah kesejahteraan, reformasi kurikulum, penguatan komunitas kampus dan dukungan sosial sebaya.</p> Muhammad Adip Fanani, Ahmad Yusuf Sobri, Aan Fardani Ubaidillah Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1004 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Profesional Guru melalui Self-Determined Learning (Heutagogy): Kajian Literatur Sistematis https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1014 <p><em>Heutagogy</em> merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kemandirian dan refleksi diri dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan <em>heutagogy</em> dalam pengembangan profesional guru. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian literatur sistematis yang mengacu pada model <em>Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses </em>(PRISMA). Hasil kajian menunjukkan dua temuan utama. Pertama, penerapan <em>heutagogy</em> dalam pengembangan profesional guru dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti modul <em>e-learning</em>, <em>e-portfolio</em>, media sosial, video edukatif, dan platform pembelajaran daring yang fleksibel. Kedua, <em>heutagogy</em> memberikan dampak positif terhadap profesionalisme guru, antara lain meningkatkan kesadaran reflektif, mendorong kemandirian dalam pengembangan kompetensi, serta memfasilitasi pemanfaatan teknologi dalam praktik pembelajaran. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan desain pelatihan guru yang adaptif terhadap kebutuhan individu, berbasis teknologi, serta mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis merdeka belajar. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya ilmu pendidikan khususnya dalam pengembangan profesional guru berbasis pendekatan pembelajaran mandiri.</p> Dian Erika Putri, Ibrahim Bafadal, Mustiningsih Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1014 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pemberdayaan Anak ADHD melalui Program Ecofarming: Studi pada Homeschooling Anugrah Bangsa Semarang https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1023 <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi dan dampak pemberdayaan anak ADHD melalui program <em>ecofarming</em> di Homeschooling Anugrah Bangsa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi,wawancara dan <em>studi literatur </em>dengan jumlah informan sebanyak 11 orang yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator bidang <em>ecofarmig</em>, guru bk, guru ekonomi, tiga wali murid, dan 3 siswa. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data dengan cara membandingkan sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan oleh Homeschooling Anugrah Bangsa meliputi persiapan sarana dan prasarana, kolaborasi orang tua, dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui kegiatan <em>ecofarming</em> berhasil dalam memberikan dampak untuk peserta didik. Dampak tersebut meliputi kemampuan mengendalikan emosi, kemampuan memanfaatkan lahan sempit, dan menumbuhkan jiwa entrepreneur. Penelitian ini berkontribusi pada metode pembelajaran yang relevan dengxn kondisi anak ADHD.</p> Luthfiana Eka Saphira, Nurul Fatimah Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1023 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemain Futsal pada Liga Nusantara Futsal Bondpeace di Provinsi Lampung https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1027 <p>Liga Futsal Nusantara (LFN) merupakan kompetisi futsal tingkat nasional yang bertujuan menjaring talenta muda dan meningkatkan kualitas futsal di Indonesia. Club Futsal Bondpeace dari Bandar Lampung menghadapi tantangan dalam proses seleksi pemain yang objektif dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pendukung keputusan seleksi pemain menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW digunakan untuk menghitung nilai total dari setiap alternatif berdasarkan kriteria dan bobot yang telah ditentukan, sehingga memungkinkan proses perankingan yang transparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SAW menghasilkan keputusan seleksi yang lebih akurat dan objektif dibandingkan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu meningkatkan kualitas seleksi pemain serta mendukung pengambilan keputusan manajemen tim secara lebih tepat dan efisien [1].</p> Dery Yansyah, Aditia Yudhistira Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1027 Wed, 24 Sep 2025 00:00:00 +0700 Evaluasi Usability Tampilan Desain Antarmuka Aplikasi Maxim dengan Metode Heuristic Evaluation https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1049 <p>Maxim adalah aplikasi transportasi online yang menduduki posisi kedua dalam jumlah unduhan di Indonesia pada tahun 2023, berdasarkan data dari Data.ai. Meskipun aplikasi ini memiliki potensi besar, terdapat beberapa masalah dalam aspek layanan fitur dan desain tampilan antarmuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tampilan antarmuka aplikasi Maxim menggunakan metode <em>heuristic evaluation</em>. Penelitian ini berfokus pada penilaian desain antarmuka untuk mengidentifikasi masalah usability yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata tingkat keparahan masalah antarmuka adalah 3,2 berdasarkan severity rating (SR), yang masuk dalam kategori masalah mayor. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun aplikasi Maxim memiliki jumlah unduhan yang tinggi, desain antarmuka masih mengandung berbagai masalah yang perlu diperbaiki. Permasalahan ditemukan pada elemen-elemen seperti desain latar belakang, struktur desain, elemen grafis, dan konsistensi pengaturan teks. Dampak dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan desain, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan daya saing aplikasi di pasar transportasi online<strong>.</strong></p> Muhamad Lukmanul Hakim, Andreas Rio Adriyanto Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1049 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Deteksi Potensi Faktor Keberangkatan Jemaah Haji Menggunakan Algoritma Klasifikasi Machine Learning https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1060 <p>Haji merupakan salah satu rukun islam yang memiliki makna spiritual dan sosial mendalam bagi umat muslim diseluruh dunia Dengan meningkatnya jamaah haji di Indonesia setiap tahunnya, pengelolaan dan pelayanan terhadap calon jamaah haji menjadi tantangan. Faktor yang mempengaruhi seperti faktor demografis dari usia, pendidikan dan pekerjaan yang mempengaruhi keberangkatan jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi faktor keberangkatan jamaah haji menggunakan algoritma <em>machine learning</em>, khususnya metode <em>Naïve Bayes, Random Forest</em> dan <em>Decision Tree</em>. Dataset yang dikumpulkan dari Kantor Kementerian Agama Karawang dan diolah menggunakan bahasa pemrograman <em>Phyton</em>. Proses penelitian meliputi pengumpulan data, <em>preprocessing</em>, split data, implementasi algoritma, dan evaluasi. <em>Random Forest</em> mencapai akurasi tertinggi sebesar 99.23%, <em>Decision Tree</em> mencatat akurasi 98.75%, dan <em>Naïve Bayes</em> memiliki akurasi 76.69%. Hasil evaluasi menunjukkan model mampu memberikan akurasi signifikan dalam mengidentifikasi kategori jamaah haji. Diharapkan penelitian ini akan memeberikan wawasan mendalam tentang klasifikasi data jamaah haji dan membantu instansi dalam perencanaan sumber daya yang kebih baik sehingga instansi dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran dan alokasi sumber daya yang lebih efisien.</p> Oxana Farah Maulida, Tohirin Al Mudzakir, Hilda Yulia Novita, Tatang Rohana Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1060 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Optimalisasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana untuk Peningkatan Efisiensi di Sekolah Menengah Atas: Kajian Literatur Sistematis https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1069 <p>Penelitian ini menjelaskan strategi optimalisasi pemeliharaan sarana dan prasarana di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengoptimalkan efisiensi operasional. Masalah yang diangkat adalah sering terjadinya kerusakan fasilitas pendidikan yang berdampak pada proses pembelajaran dan operasional sekolah. Ketidakefisienan dalam pemeliharaan dapat menyebabkan peningkatan biaya dan penurunan kualitas layanan pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini ialah guna menganalisis metode pemeliharaan yang efektif dan berkelanjutan serta menyusun rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi operasional sekolah. Penelitian ini menerapkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) guna meninjau berbagai studi terdahulu tentang pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah, khususnya di tingkat SMA. Hasil dari SLR ini menunjukkan bahwa pendekatan proaktif dalam pemeliharaan, penggunaan teknologi manajemen fasilitas, dan pelatihan staf memiliki dampak positif terhadap efisiensi operasional. Urgensi penelitian ini terletak pada keterbatasan studi yang secara komprehensif mengintegrasikan aspek manajerial dan teknologi dalam konteks pemeliharaan sarana pendidikan, yang selama ini kurang mendapat perhatian dalam kajian literatur. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah, khususnya di jenjang SMA, dalam mengimplementasikan strategi pemeliharaan yang lebih efektif, sekaligus memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan model manajemen fasilitas pendidikan berbasis efisiensi dan keberlanjutan.</p> Abay Asif Barkhiyah, Achmad Supriyanto, Teguh Triwiyanto Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1069 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Analisis Sentimen Kebijakan Makan Bergizi Gratis di Media Sosial Menggunakan Natural Language Processing Berbasis Python TextBlob di Indonesia https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/931 <p>Program Makan Bergizi Gratis yang dicanangkan oleh pemerintah telah menjadi topik perbincangan di media sosial, khususnya X (Twitter). Penelitian ini secara tujuan untuk melakukan penganalisisan sentimen publik terhadap program tersebut mempergunakan TextBlob, sebuah metode Natural Language Processing (NLP) berbasis leksikon. Data dikumpulkan dari X (Twitter) dalam rentang waktu 14 Januari 2025 hingga 25 Februari 2025, dengan total 657 tweet yang diperoleh. Tahapan penelitian mencakup pengumpulan data, pra-pemrosesan teks (normalisasi, penghapusan URL, username, dan karakter non-ASCII), perhitungan polarity sentimen menggunakan TextBlob, serta visualisasi data dengan pie chart dan word cloud. Hasil penelitian memberi petunjuk bahwa sentimen negatif mendominasi dengan 71,8%, diikuti oleh sentimen positif sebesar 18,6% dan sentimen netral sebesar 9,6%. Lalu, untuk visualisasi dari keseluruhan pendapat yang dipunyai orang-orang kaitannya dengan Program Makan Bergizi Gratis bisa dilakukan pembentukan mempergunakan Word Cloud sehingga hanya akan muncul kata-kata bersifat penting yang punya hubungan dengan Program Makan Bergizi Gratis.</p> Muhammad Wildan Arif, Kustiyono Kustiyono Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/931 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Perancangan Model Pengenalan Emosi Berbasis Teks Berbahasa Inggris Menggunakan Lima Algoritma Klasifikasi Machine Learning https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1084 <p class="Abstrak">Saat ini, interaksi melalui platform teks marak dilakukan seperti media sosial, layanan pelanggan daring, dan forum diskusi. Oleh karena itu analisis <em>Text Emotion Recognition</em> (TER) menjadi sangat krusial. Namun, emosi dalam teks bersifat kompleks, kontekstual, dan sering kali bersifat implisit, sehingga tidak dapat dengan mudah diidentifikasi menggunakan pendekatan konvensional<em>. </em>TER merupakan proses identifikasi dan klasifikasi emosi dalam teks secara otomatis menggunakan teknik <em>machine learning</em>. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pengklasifikasian emosi berbasis teks menggunakan berbagai algoritma <em>classification machine learning</em>. Data teks dikategorikan ke dalam enam emosi utama: <em>sadness, joy, love, anger, fear, dan surprise</em>. Tahapan <em>preprocessing</em> meliputi tokenisasi, <em>stop word removal</em>, dan <em>lemmatization</em>, sedangkan fitur teks direpresentasikan dalam bentuk numerik menggunakan <em>Term Frequency-Inverse Document Frequency </em>(TF-IDF). Lima algoritma <em>machine learning</em>, yaitu <em>Support Vector Machine </em>(SVM)<em>, K-Nearest Neighbor </em>(KNN)<em>, Random Forest, Logistic Regression</em>, dan <em>Multinomial Naïve Bayes</em>, digunakan dalam pelatihan dan evaluasi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SVM dan <em>Random Forest</em> memberikan performa terbaik dengan akurasi mencapai 85% pada data uji. Dengan demikian, pendekatan <em>machine learning</em>, khususnya SVM dan <em>Random Forest</em>, terbukti efektif dalam klasifikasi teks emosi dan dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi analisis sentimen. Model TER hasil eksperimental akan dilanjutkan untuk diimplementasikan pada aplikasi penanganan psikologis korban kekerasan berbasis gender (KBG) yang telah dibangun pada penelitian sebelumnya.</p> Dorkas Tri Oktavena Soebroto, Nina Setiyawati, Dwi Hosanna Bangkalang Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1084 Sat, 27 Sep 2025 00:00:00 +0700 Efisiensi dan Efektivitas Pembelajaran di Era Digital: Studi Kasus Kreasi dan Inovasi Teknologi Pembelajaran di Tingkat SMP https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/951 <p>Transformasi digital dalam dunia pendidikan semakin menuntut kehadiran Sistem Manajemen Pembelajaran/Learning Management System (LMS) yang tidak hanya adaptif dan efisien, tetapi juga mampu menjawab tantangan keterbatasan sumber daya dan keberagaman karakteristik sekolah di Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan membuat sintesis praktik inovasi teknologi pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di beberapa wilayah Indonesia. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode studi kasus ganda digunakan untuk mengungkap berbagai bentuk inovasi LMS yang telah diterapkan, seperti Moodle, Canva, SAHLA, hingga proyek digital berbasis Profil Pelajar Pancasila. Pengambilan contoh SMP dilakukan secara purposive sampling, dengan memilih tujuh SMP di Jawa, Sumateran, dan Kalimantan. Hasil kajian mengungkap kelebihan, kekurangan, efektivitas, dan efisiensi dari masing-masing inovasi. Berdasarkan sintesis praktik terbaik, kajian ini mengusulkan model Hybrid Adaptive LMS, yaitu integrasi Moodle–Canva–Google Drive, sesuai dengan konteks sekolah menengah di Indonesia. Model ini mendukung manajemen pembelajaran yang fleksibel, hemat biaya, dapat memperkuat kolaborasi guru-siswa, dan meningkatkan kompetensi digital di sekolah. Kajian ini juga menyajikan strategi implementasi model tersebut, serta merekomendasikan pembentukan Tim LMS Sekolah untuk membangun budaya pembelajaran digital dan menjaga keberlanjutannya.</p> Latifah Latifah, Ahmad Subagyo, Zulfitria Zulfitria Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/951 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Respons dan Kesiapan Guru Madrasah dalam Menghadapi Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Studi Kualitatif di Madrasah Aliyah DDI Galla Raya Raya https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1098 <p>Kemajuan teknologi telah mendorong transformasi pembelajaran di madrasah, termasuk di Madrasah Aliyah DDI Galla Raya, yang menuntut kesiapan dan adaptasi guru terhadap media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respons dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, keterlibatan peserta didik, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan kepala madrasah, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang didukung perangkat lunak <em>NVivo 12 Pro</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memberikan respons positif terhadap penggunaan teknologi karena dirasakan mampu meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses terhadap materi, dan mendukung efektivitas pembelajaran. Namun demikian, beberapa hambatan masih ditemui, seperti keterbatasan kompetensi digital, minimnya fasilitas, dan kurangnya pelatihan teknis. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru dan dukungan infrastruktur sebagai prasyarat utama keberhasilan transformasi pembelajaran berbasis teknologi, khususnya di lingkungan madrasah yang sedang beradaptasi dengan era digital.</p> Nur Mutmainnah Anwar, Sitti Jamilah Amin, Muh. Akib D Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1098 Wed, 24 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Aplikasi Informasi Kos Mahasiswa dengan Metode RAD di Universitas Amikom Purwokerto https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/979 <p>Keterbatasan informasi mengenai tempat kos di sekitar Universitas Amikom Purwokerto menjadi tantangan bagi mahasiswa dalam menemukan hunian yang sesuai. Permasalahan ini mendorong perlunya solusi teknologi yang efisien, akurat, dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi <em>mobile</em> berbasis Android yang menyajikan informasi kos secara lengkap dan terintegrasi. Metode pengembangan yang digunakan adalah <em>Rapid Application Development (RAD)</em> dengan fitur utama berupa pencarian kos, detail informasi, integrasi Google Maps, serta komunikasi langsung melalui <em>WhatsApp</em> dengan pemilik kos. Uji coba aplikasi dilakukan terhadap 47 mahasiswa pengguna melalui <em>User Acceptance Testing</em>. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 95,7% responden menyatakan aplikasi mudah digunakan, 91,4% menyatakan fitur sesuai dengan kebutuhan, dan 93,6% menyatakan informasi dalam aplikasi jelas dan mudah dipahami. Instrumen survei juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan nilai <em>Alpha Cronbach</em> sebesar 0,822 yang menunjukkan bahwa instrumen tergolong reliabel. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi berbasis <em>mobile</em> yang mendukung kebutuhan mahasiswa dalam pencarian tempat tinggal. Aplikasi ini juga berpotensi diadaptasi secara lebih luas untuk meningkatkan efisiensi pencarian informasi hunian di lingkungan pendidikan tinggi di Indonesia.</p> Farrel Ibrahim, Giat Karyono, Purwadi, Yusmedi Nurfaizal Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/979 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Peran Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh: Systematic Literature Review https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1122 <p>Abstrak berbahasa Indonesia diletakkan pada bagian ini. Abstrak memberikan gambaran umum tentang isi makalah dan harus ditulis dengan <em>Times New Roman</em> 10 dalam format satu kolom dan linespacing 1. Panjang abstrak maksimal 250 kata. Jika terdapat istilah-istilah asing yang belum dibakukan, ditulis dalam bentuk <em>italic</em>. Tidak diperkenankan melakukan sitasi di bagian abstrak. Abstrak seharusnya mengandung latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian/tujuan paper, metode, hasil dan kesimpulan.</p> I Gede Juli Suwirtana Putra, Ketut Agustini, I Kadek Suartama Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1122 Wed, 24 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Website Promosi UMKM Kilo Kalori dengan Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/991 <p>UMKM Kilo Kalori menghadapi tantangan dalam meningkatkan visibilitas digital yang berdampak pada daya saing usahanya di pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website sebagai alat promosi terintegrasi yang menampilkan produk, informasi usaha, dan fitur pemesanan guna mempermudah interaksi dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode <em>Rapid Application Development</em> (RAD) yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan kebutuhan, desain sistem, pengembangan aplikasi, serta implementasi dan evaluasi. Evaluasi antarmuka dilakukan dengan pendekatan campuran menggunakan <em>Cognitive Walkthrough</em> dan <em>System Usability Scale</em> (SUS) untuk mengukur fungsionalitas sistem serta kepuasan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa <em>website</em> memiliki tingkat keberhasilan penggunaan 100%, waktu penyelesaian tugas rata-rata 292 detik tanpa kesalahan, serta skor kepuasan pengguna sebesar 72,2%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa <em>website</em> yang diracang secara efektif meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM Kilo Kalori di era digital.</p> Kadek Surya Adi Saputra, Ayu Chrisniyanti, I Gusti Ayu Widari Upadani, Kevin Wiratama, Dewa Gede Juna Yuda Kusuma, Ida Bagus Agung Bintang Manuaba Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/991 Thu, 25 Sep 2025 00:00:00 +0700 Klasifikasi Daun Mangga Yang Terkena Hama Dengan Metode Gray Level Co-occurrence Matrix Menggunakan Support Vector Machine Dan K-Nearest Neighbor Berbasis Data Kaggle https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1009 <p>Penurunan produksi buah mangga di sebabkan oleh kerusakan atau serangan hama pada daun mangga ada beberapa jenis hama pada daun mangga yang umum menyerang antara lain kutu daun (<em>Aphis gossypii</em>), bercak daun <em>alternaria, anthracnose</em>, penggerek batang dan lain-lain. Untuk memperoleh hasil klasifikasi yang lebih akurat dan performa model yang optimal, dibutuhkan sistem yang mampu menghasilkan tingkat akurasi terbaik. Sebagai respons terhadap urgensi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan daun mangga yang terkena hama dengan memanfaatkan algoritma <em>Support Vector Machine</em> dan <em>K-Nearest Neighbor</em>, serta penggunaan <em>Gray Level Co-occurrence Matrix</em> sebagai metode untuk mengekstraksi tekstur gambar. Rangkaian tahapan dalam penelitian ini meliputi <em>pre-processing</em>, augmentasi data, ekstraksi fitur, proses klasifikasi oleh kedua algoritma, dan dievaluasi menggunakan akurasi. Hasilnya, algoritma <em>Support Vector Machine</em> dengan kernel <em>Radial Basis Function</em> mencapai 78% untuk algoritma <em>K-Nearest Neighbor</em> mencapai akurasi 80% dengan ketanggaan k=3</p> Reva Nursyawalni, Jamaludin Indra, Tatang Rohana, Deden Wahiddin Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1009 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0700 Perancangan Peningkatan Kapabilitas National Security Operation Center untuk Meningkatkan Keamanan Siber di Indonesia https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1015 <p>Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mencapai 5,8% dalam empat tahun terakhir dan disertai peningkatan anomali <em>traffic</em> secara signifikan, dengan rata-rata 768 juta per tahun. Jumlah tersebut tiga kali lipat dari total pengguna internet, yang mengindikasikan perlunya strategi perlindungan siber yang lebih kuat dan adaptif untuk mengantisipasi kerentanan. Pemerintah Indonesia, melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), telah membentuk <em>National Security Operations Center</em> (NSOC) sebagai langkah strategis dalam memperkuat keamanan siber nasional. Namun demikian, implementasi NSOC masih menghadapi berbagai tantangan, baik dari aspek kapabilitas, koordinasi, maupun keterbatasan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang peningkatan kapabilitas NSOC melalui pendekatan studi pustaka dan <em>benchmarking</em> terhadap pedoman serta praktik terbaik implementasi <em>Security Operations Center</em> (SOC) dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktik terbaik SOC mencakup tujuh kapabilitas dan 42 aktivitas inti. Sementara itu, NSOC memiliki sembilan kapabilitas dan 42 aktivitas, namun satu kapabilitas dan sembilan aktivitas di antaranya belum terimplementasi. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penambahan kapabilitas <em>Leadership and Management</em> untuk memperkuat arah strategis dan tata kelola. Selain itu, penguatan aktivitas pada kapabilitas yang sudah ada perlu dilakukan, mencakup penyusunan pedoman simulasi ancaman, penanganan ancaman internal, layanan manajemen kerentanan, otomatisasi <em>ticketing</em> respons insiden, serta mekanisme transfer pengetahuan antar personel. Peningkatan ini diharapkan dapat memperkuat efektivitas NSOC dalam menghadapi kompleksitas ancaman siber nasional secara berkelanjutan dan terkoordinasi.</p> Nur Annisa Kadarwati Febriyani, Muhammad Salman, Muhammad Azza Ulin Nuha Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1015 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Rancang Bangun Sistem Pakar Berbasis Website untuk Rekomendasi Pengobatan Penyakit Secara Herbal Menggunakan Metode Forward Chaining https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1025 <p>Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang mencakup berbagai jenis tumbuhan yang berpotensi menjadi obat herbal. Namun, masih banyak orang yang belum mengenal berbagai jenis tanaman herbal dan efektivitasnya dalam menyembuhkan penyakit. Sebagai hasilnya, mereka lebih cenderung memilih obat-obatan kimia yang berisiko menimbulkan lebih banyak efek samping daripada obat herbal. Studi ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem pakar berbasis web yang sederhana, cepat, mudah diakses, dan dapat digunakan kapan saja sehingga memudahkan masyarakat dalam memilih obat herbal. Sistem dikembangkan dengan metode <em>Forward Chaining</em>, yang memungkinkan untuk menarik kesimpulan dari gejala menuju diagnosis penyakit serta rekomendasi pengobatan yang tepat. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar yang bisa membantu pengguna dalam mengidentifikasi penyakit berdasarkan gejala serta memberikan saran pengobatan herbal yang sesuai dan mudah dimengerti. Pengembangan sistem ini memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam beberapa aspek. Pertama, sistem ini meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan tanaman obat sebagai alternatif pengobatan yang lebih aman dan minim efek samping dibandingkan obat kimia. Kedua, sistem ini mendukung pelestarian dan pemanfaatan kekayaan hayati Indonesia, khususnya tanaman obat tradisional. Ketiga, penerapan teknologi informasi melalui sistem pakar ini memperkuat integrasi antara pengobatan tradisional dan inovasi digital, sehingga dapat mendukung layanan kesehatan berbasis kearifan lokal secara lebih luas dan berkelanjutan.</p> Fazlun Nisak, Safwandi, Maryana Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1025 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Untuk Mingkatkan Pemahaman Materi Desain Grafis Di SMK Negeri 1 Jakarta Dengan Model Four-D https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1042 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi yang dirancang khusus untuk materi desain grafis pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jakarta. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa 88,9% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak seperti teori warna, tipografi, dan prinsip tata letak. Sebanyak 91,1% siswa menyatakan lebih tertarik belajar menggunakan media berbasis video animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development</em>) dengan model <em>Four-D</em>, yang terdiri dari tahapan <em>Define, Design, Develop, dan Disseminate</em>. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket siswa. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta diuji coba kepada 36 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh nilai kelayakan sebesar 100% dari ahli materi dan 91% dari ahli media. Selain itu, 97,41% siswa memberikan respon positif terhadap media tersebut, menunjukkan bahwa video animasi ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Kontribusi dari penelitian ini terletak pada penerapan model <em>Four-D</em> dalam pengembangan media berbasis animasi kontekstual untuk pendidikan kejuruan. Penelitian ini juga mendukung penguatan teori pembelajaran multimedia dengan bukti empiris di bidang desain grafis. Secara praktis, media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang interaktif, mandiri, dan relevan dengan kebutuhan siswa SMK. Produk ini juga memiliki potensi untuk diterapkan pada materi visual lain dalam kurikulum kejuruan.</p> Nur Rahma, Hamidillah Ajie, Via Tuhamah Fauziastuti Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1042 Mon, 22 Sep 2025 00:00:00 +0700 Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi DANA di Google Play Store: Penerapan Support Vector Machine dan Synthetic Minority Over-sampling Technique https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1053 <p>Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi DANA di Google Play Store menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Ketidakseimbangan data ditangani dengan Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE), dan optimasi parameter dilakukan melalui GridSearchCV. Sebanyak 1.000 ulasan terbaru dianalisis setelah pre-processing dan transformasi TF-IDF. Model SVM dengan kernel linear menghasilkan akurasi tertinggi sebesar 90%, meningkat dari 84% sebelum penerapan SMOTE dan tuning. Uji paired t-test terhadap hasil 10-fold cross-validation menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik (p-value &lt; 0,05). Recall kelas negatif meningkat dari 63% menjadi 82%, sementara recall positif mencapai 94%. Word cloud menunjukkan kata “dana” paling sering muncul pada ulasan positif dan “aplikasi” pada ulasan negatif. Kombinasi metode ini meningkatkan performa klasifikasi sentimen terhadap ulasan aplikasi DANA secara signifikan.</p> Dewi Fajar Nawulansih, Nirma Ceisa Santi, Ita Aristia Sa’ida Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1053 Fri, 26 Sep 2025 00:00:00 +0700