Pengembangan Website Promosi UMKM Kilo Kalori dengan Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale

Penulis

  • Kadek Surya Adi Saputra Manajemen Informatika, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Indonesia
  • Ayu Chrisniyanti Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Widari Upadani Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Indonesia
  • Kevin Wiratama Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Bisnis Digital, Indonesia
  • Dewa Gede Juna Yuda Kusuma Manajemen Informatika, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Agung Bintang Manuaba Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Bisnis Digital, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.991

Kata Kunci:

Cognitive Walkthrough, Rapid Application Development, System Usability Scale, UMKM, Website

Abstrak

UMKM Kilo Kalori menghadapi tantangan dalam meningkatkan visibilitas digital yang berdampak pada daya saing usahanya di pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website sebagai alat promosi terintegrasi yang menampilkan produk, informasi usaha, dan fitur pemesanan guna mempermudah interaksi dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan kebutuhan, desain sistem, pengembangan aplikasi, serta implementasi dan evaluasi. Evaluasi antarmuka dilakukan dengan pendekatan campuran menggunakan Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur fungsionalitas sistem serta kepuasan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa website memiliki tingkat keberhasilan penggunaan 100%, waktu penyelesaian tugas rata-rata 292 detik tanpa kesalahan, serta skor kepuasan pengguna sebesar 72,2%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa website yang diracang secara efektif meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM Kilo Kalori di era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. Arianto, “Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19,” ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 233–247, 2020, doi: https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512.

M. M. I. Batubara, H. H. Sigalingging, and L. L. Sihombing, “Digital Transformation for UMKM: Strategies for Building Branding and Marketing Based on Digital Platforms in Pinangsori Village,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 02, pp. 47–54, 2024, Accessed: May 19, 2025. [Online]. Available: Available: https://sorakgemaintelektual.com/jurnal/index.php/wealth/article/view/105

S. Syukron, A. Zarkasih, S. L. Nasution, M. R. Siregar, and R. S. Munthe, “Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM,” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 159–164, 2022, doi: https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282.

F. P. Sari et al., STRATEGI PENGEMBANGAN & PEMASARAN UMKM: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. Accessed: May 20, 2025. [Online]. Available: https://shorturl.at/zgpOi

R. Y. Rahmadieni and E. I. Wahyuni, “Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan pemasaran berbasis teknologi pada UMKM Di Desa Bulusulur,” Jurnal Al Basirah, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2022, doi: https://doi.org/10.58326/jab.v2i1.28.

G. H. Was’an, D. Utarindasari, and S. Suratminingsih, “Transformasi Digital untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Cileungsi: Pengabdian dalam Implementasi Solusi Inovatif,” Bhakti Yustisia, vol. 1, no. 1, pp. 22–28, 2023, doi: https://doi.org/10.56457/bhayu.v1i1.47.

D. N. Mileva, “Pengaruh social media marketing dan persepsi kualitas terhadap niat beli Surabaya Snowcake (Studi pada masyarakat Surabaya Timur),” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), vol. 7, no. 2, pp. 446–452, 2018, Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/26413.

E. Setiadi and K. H. Asri, “The role of Digital Marketing as an Online marketing strategy for Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM) based on Islamic Sharia in Teluk Pinang Village, Ciawi District,” 2023, doi: https://doi.org/10.37010/alif.v2i1.1235.

Juli Sulaksono and Nizar Zakaria, “Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

F. Ajismanto and A. Widyanto, “The effect of social media effectiveness on MSMEs marketing,” in 2020 2nd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), IEEE, 2020, pp. 1–5. doi: 10.1109/ICORIS50180.2020.9320836.

D. Satrio and A. Muhardono, “Digital Marketing as a Strategy to Defend MSMEs in the Covid-19 Pandemic,” FIRM Journal of Management Studies, vol. 7, no. 1, pp. 73–80, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v7i1.1545.

B. Falalanggi, A. Setiawan, and P. Sukmasetya, “UI/UX design of UMKM entrepreneurship e-catalog website in Karangrejo tourism village using the design thinking method,” BIS Information Technology and Computer Science, vol. 1, pp. V124010–V124010, 2024, doi: https://doi.org/10.31603/bistycs.127.

N. F. Faidati and N. F. Mutmainah, “Pembuatan website untuk media promosi produk UMKM,” Masyarakat Berdaya dan Inovasi, vol. 3, no. 2, pp. 131–137, 2022, doi: https://doi.org/10.33292/mayadani.v3i2.103.

S. B. Barón, A. W. Luse, and A. M. Townsend, “Development of a culturally-oriented website usability evaluation,” arXiv preprint arXiv:1803.04074, 2018, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.1803.04074.

M. H. Miraz, M. Ali, and P. Excell, “Multilingual website usability analysis based on an international user survey,” arXiv preprint arXiv:1708.05085, 2017, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.1708.05085.

N. M. Mustofa, “Analisis Usability Testing Website Ukmindonesia,” in Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2024, pp. 781–789. doi: https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.4988.

N. Zaafira, “SIAK-NG User Interface Design with Design Thinking Method to Support System Integration,” arXiv preprint arXiv:2309.12316, 2023, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2309.12316.

M. Sunuantari, I. R. Zarkasi, I. Gunawan, and R. M. Farhan, “R-TIK digital literacy towards Indonesian MSMEs (UMKM) digital energy of Asia,” Komunikator, vol. 13, no. 2, pp. 175–187, 2021, doi: https://doi.org/10.18196/jkm.12380.

D. R. Ningsih, M. Sadam, and D. Rahayu, “Pembuatan Website UMKM Fairyani Cake Menggunakan Blogger Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi,” Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 213–218, 2024, Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/683.

I. P. Zahra, K. Khoirunnisa, A. Minarti, E. Silfiani, H. Yustia, and U. Alfarisi, “Pendampingan Dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Toko Kuenak Di Ciputat Timur,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2021. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11089.

I. Sommerville, “Software engineering 9th,” 2011, Accessed: May 21, 2025. [Online]. Available: https://epage.pub/doc/software-engineering-9ed-354prljv4e

K. Hornbæk, “Current practice in measuring usability: Challenges to usability studies and research,” Int J Hum Comput Stud, vol. 64, no. 2, pp. 79–102, 2006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2005.06.002

J. Jusin, I. Tanaka, and W. Armando, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Mobile Sistem Informasi Pemesanan Makanan,” Journal Information System Development (ISD), vol. 5, no. 1, pp. 19–25, 2020, Available: https://ejournal-medan.uph.edu/isd/article/view/409.

M. T. Rahmawita and A. Wiratama, “Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran dan Cafe Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 76–82, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11906.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-25

Cara Mengutip

Adi Saputra, K. S., Chrisniyanti, A., Widari Upadani, I. G. A., Wiratama, K., Juna Yuda Kusuma, D. G., & Bintang Manuaba, I. B. A. (2025). Pengembangan Website Promosi UMKM Kilo Kalori dengan Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2533-2547. https://doi.org/10.52436/1.jpti.991