Mewujudkan Pendidikan Berkualitas: Keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Inovasi Pendidikan

Penulis

  • Liza Puji Lestari Universitas Islam Negeri Raden Patah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Sirozi Universitas Islam Negeri Raden Patah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.984

Kata Kunci:

Inovasi, Pemangku Kepentingan, Pendidikan

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang pesat, inovasi dalam pendidikan menjadi suatu keharusan untuk memastikan bahwa sistem pendidikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Inovasi pendidikan tidak hanya berfokus pada metode pengajaran atau kurikulum, tetapi juga melibatkan penggunaan teknologi modern dan pendekatan yang lebih holistik dalam pembelajaran.  Metode penelitian ini yaitu Systematic Literature Review. Hasil dalam penelitian ini yaitu: Inovasi pendidikan membutuhkan peran aktif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dunia usaha, orang tua, dan masyarakat. Masing-masing pemangku kepentingan memiliki tanggung jawab yang saling melengkapi, seperti pemerintah yang menyusun kebijakan dan menyediakan anggaran, lembaga pendidikan yang menerapkan kurikulum dan pengajaran yang mendukung inovasi, dunia usaha yang menyumbangkan keterampilan yang sesuai dengan pasar kerja, serta orang tua dan masyarakat yang memberikan dukungan moral dan sumber daya. Untuk mencapai keberhasilan inovasi, pendekatan kolaboratif sangat penting, dengan menciptakan ruang untuk dialog terbuka, membangun kemitraan antara lembaga pendidikan dan industri, serta memberdayakan masyarakat dalam proses pendidikan. Kolaborasi ini akan mempercepat implementasi inovasi dan memastikan pendidikan yang relevan dan dapat memenuhi kebutuhan perkembangan zaman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahdar and Musyarif, “Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Globalisasi,” J. Pendidik. Islam, vol. 17, no. 06, pp. 13–28, 2019.

H. A. K. Djaelani, Konsepsi pendidikan Agama Islam dalam era Globalisasi. 2001.

M. Kartika and M. Sirozi, “Urgensi Dan Relevansi Pelibatan Pemangku Kepentingan Dalam Perencanaan Pendidikan,” LEADERIA J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 13–21, 2024, doi: 10.35719/leaderia.v5i1.516.

E. Karimatunisa and T. Muhtarom, “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif,” Inoved, vol. 2, no. 3, pp. 101–107, 2024, doi: 10.59841/inoved.v2i3.1369.

S. Anwar and M. Marlina, “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia (Zaman Orde Baru dan Reformasi),” J. Pendidik. Islam Al I’tibar, vol. 6, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/643.

S. Rachmawati and K. Nurachadija, “Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan,” Bersatu J. Pendidik. Bhinneka Tungkal Ika, vol. 1, no. 5, pp. 1–12, 2023, doi: 10.51903/bersatu.v1i5.303.

P. Kurniati, A. L. Kelmaskouw, A. Deing, Bonin, and B. A. Haryanto, “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.

Haromain, W. Tamba, and N. K. A. Suarti, “Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring),” J. Transform., vol. 6, no. 2, pp. 82–88, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3311.

A. K. Putri, “Keterlibatan Orang Tua dalam Perencanaan Karir Anak Usia SMP di Dusun Jamburejo,” J. Ris. Mhs. Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 9, pp. 501–511, 2018, [Online]. Available: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipbk/article/view/12589.

Lismawani, “Kontribusi Dayah Darul Ihsan dalam Pembinaan Pendidikan Keagamaan Masyarakat Darussalam Aceh Besar,” Tadabbur J. Perad. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 104–115, 2020, [Online]. Available: https://jim.ar-raniry.ac.id/index.php/tadabbur/article/view/18.

A. H. B. Sukma, “Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan di Bekasi,” Al-Fahim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.54396/alfahim.v4i1.226.

M. I. Jauhari, “Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam,” J. PIWULANG, vol. 1, no. 1, p. 54, 2018, doi: 10.32478/ngulang.v1i1.155.

O. Hamalik, Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

M. Tju and E. Murniarti, “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum,” J. Din. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 110–116, 2021, doi: 10.51212/jdp.v14i2.7.

E. Himayaturohmah, “Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Provinsi Riau,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 1, 2017, doi: 10.25078/jpm.v3i1.96.

B. Mudarris, “Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif,” At-tahsin J. Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1–13, 2024, doi: 10.59106/attahsin.v4i2.188.

T. Hidayat, Irwandi, Nopriyeni, and Rusdi, “Peningkatan Mutu Penyelenggara Pendidikan Melalui Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak,” Setawar Abdimas, vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.36085/sa.v1i2.3606.

B. Khofifah and M. Syaifudin, “Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Sekolah Penggerak,” J. Inov. Penelit., vol. 3, no. 8, 2023, doi: 10.47492/jip.v3i8.2393.

I. G. N. Santika, “Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 369–377, 2021, doi: 10.37081/ed.v9i2.2500.

A. Nirmayanthi, M. A. F. Abdalla, M. Hasan, and S. Syamsudduha, “Implementasi Manajemen Strategik Berbasis Sekolah,” Cognoscere J. Komun. dan Media Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2024, doi: 10.61292/cognoscere.214.

A. Tahar, P. B. Setiadi, and S. Rahayu, “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 12380–12381, 2022.

M. Muyamin, “Peran Aktif NGO Humana dalam Memfasilitasi Pendidikan Anak-Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sabah Malaysia,” Indones. Perspect., vol. 4, no. 2, pp. 100–117, 2019, doi: 10.14710/ip.v4i2.26703.

D. Sahureka, “Relasi Sosial NGO PERMAI Dalam Pemenuhan Pendidikan Terhadap Anak Migran Yang Tidak Berdokumen Di Pulau Pinang Malaysia,” Populer, vol. 3, no. 1, pp. 104–112, 2024, doi: 10.58192/populer.v3i1.1707.

S. Windary, “Kontribusi Non-Government Organization (NGO) dalam Pendidikan Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sabah,” TransBorders Int. Relations J., vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.23969/transborders.v5i2.5916.

M. Noor, “Pemberdayaan Masyarakat,” Civ. J. Ilm. Ilmu Sos. dan Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 1, no. 2, 2011, doi: 10.26877/civis.v1i2/Juli.591.

Y. Utami, W. Sumarni, and W. Sunarto, “Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Life Skill Siswa,” J. Inov. Pendidik., vol. 10, no. 1, 2016, doi: 10.15294/jipk.v10i1.6014.

E. Sutrisna, “Strategi Guru dalam Pembelajaran IPS (Studi Eksploratif Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP - Wilayah Kabupaten Pati,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, 2012, doi: 10.15294/JESS.V1I1.85.

M. Multazam, - Maspaeni, and - Bahar, “Pengembangan dan Implementasi Multimedia dalam Pembelajaran,” Explore, vol. 7, no. 2, p. 39, 2017, doi: 10.35200/explore.v7i2.37.

N. Mustika, “Analisis Dampak Pendampingan Orang Tua pada Jam Belajar Anak di Raudhatul Athfal Al-Amin Kecamatan Mandau,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

I. Nurmalasari and D. Z. Karimah, “Peran Manajemen SDM dalam Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidik,” Manag. Indones. J. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.52627/ijeam.v2i1.14.

R. Mursid, A. H. Saragih, and N. Simbolon, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK dan Sikap Inovasi terhadap Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran dengan HOTS,” J. Teknol. Inf. dan Komun. dalam Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 179–187, 2017, doi: 10.24114/jtikp.v4i2.8765.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-25

Cara Mengutip

Lestari, L. P., & Sirozi, M. (2025). Mewujudkan Pendidikan Berkualitas: Keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Inovasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2514-2524. https://doi.org/10.52436/1.jpti.984