Analisis Tren Integrasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Project Based Learning (PjBL) dalam Pendidikan Dasar: Systematic Review 2021–2025

Penulis

  • Neni Nastiti Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ahmad Mujaki Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.952

Kata Kunci:

LKPD, PjBL, Pendidikan Dasar, Systematic Literature Review

Abstrak

Project-Based Learning (PjBL) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan dua pendekatan pembelajaran yang terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan (engagement), berpikir kritis, dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Meskipun telah banyak diterapkan, kajian sistematis yang menganalisis tren, metodologi, dan fokus variabel dari penelitian terkait masih terbatas secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan arah dan pola perkembangan riset mengenai integrasi PjBL dan LKPD dalam konteks pendidikan dasar melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Proses SLR mengikuti protokol PRISMA dan dilakukan terhadap artikel yang dipublikasikan pada tahun 2021–2025 dalam basis data Directory of Open Access Journals (DOAJ). Dari total 964 artikel yang diidentifikasi (772 bertema PjBL dan 192 bertema LKPD), hanya 105 artikel yang dinyatakan relevan berdasarkan penyaringan dengan kata kunci “elementary education”, “primary education”, dan “pendidikan dasar” (60 artikel PjBL/8%, 40 artikel LKPD/21%, 5 artikel integratif). Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa metode eksperimen mendominasi (34 artikel/32,4%), diikuti oleh Research and Development (24 artikel/22,9%), kualitatif (16 artikel/15,2%), serta metode campuran dan lainnya (31 artikel/29,5%). Berdasarkan karakteristik partisipan, subjek terbanyak berasal dari siswa kelas V SD (22 artikel/21%), kemudian kelas IV (11 artikel/10,5%), dan kategori umum siswa SD (12 artikel/11,4%). Variabel bebas yang paling dominan adalah PjBL tunggal (60 artikel/57,1%) dan LKPD tunggal (40 artikel/38,1%), sementara integrasi LKPD–PjBL hanya ditemukan dalam 5 artikel (4,8%). Variabel terikat yang paling banyak dikaji meliputi hasil belajar (25 artikel/23,8%), kemampuan berpikir kritis (10 artikel/9,5%), motivasi belajar (8 artikel/7,6%), dan kolaborasi (5 artikel/4,8%). Terdapat pula eksplorasi terbatas terhadap variabel moderator seperti LKPD–STEM, PjBL–Etnosains, dan PjBL–AI, masing-masing hanya muncul pada 1 hingga 2 artikel (kurang dari 2%). Secara empiris, penerapan terintegrasi PjBL dan LKPD menghasilkan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 24,72%, keaktifan belajar sebesar 35,5%, kemampuan berpikir kritis hingga 79,37%, serta komunikasi matematis sebesar 80%. Sementara itu, validitas instrumen (LKPD) yang dikembangkan juga menunjukkan skor tinggi, dengan rerata validitas lebih dari 90%, menunjukkan keandalan media secara substansial, teknis, dan pedagogis. Temuan ini memperlihatkan kontribusi signifikan dari PjBL dan LKPD dalam membentuk pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna. Penelitian ini menegaskan bahwa PjBL dan LKPD memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Namun, temuan lainnya juga menunjukkan adanya kesenjangan dalam keberagaman metodologi, kurangnya eksplorasi tema afektif dan psikomotorik, serta minimnya studi longitudinal. Oleh karena itu, diperlukan perluasan cakupan topik dan pendekatan penelitian untuk memperkuat fondasi konseptual dan praktis dalam mengembangkan strategi pembelajaran inovatif di jenjang pendidikan dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. T. S. Raharjo, S. Rochmiyati, and M. R. Susanto, “The application of project-based learning (PJbL) model through series picture media as an improvement of narrative writing skills of grade IV elementary school students,” V-Art J. Fine Art, vol. 3, no. 2, pp. 108–117, 2024, doi: 10.26887/vartjofa.v3i2.4453.

I. G. Reka Sutama Yasa and Nice Maylani Asril, “Teacher Skills in Developing Project Based Learning (PjBL) Learning Tools in Elementary Schools,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 11, no. 3, pp. 454–461, 2023, doi: 10.23887/jjpgsd.v11i3.63921.

Diren Agasi and Desyandri, “Integrated Thematic Teaching Materials with PjBL Based on Book Creator Application in Grade IV Elementary School,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 6, no. 4, pp. 575–583, 2022, doi: https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.52970.

M. Siregar and R. Reinita, “Practicality of Integrated Thematic Teaching Materials Based on Project Based Learning (PjBL) in Class 4 Elementary School,” Model. J. Progr. Stud. …, vol. 9, no. September 2022, pp. 453–459, 2022, doi: 10.59435/jgrp.v1i2.2024.19.

Vianes Muliza Putri and Risda Amini, “Integrated Thematic E-LKPD with RADEC- Based Neapod in Grade V Elementary School,” Int. J. Elem. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 204–211, 2023, doi: 10.23887/ijee.v7i2.61224.

Selasmawati and A. T. Lidyasari, “Project-Based Learning (PjBL) Learning Model in Improving Critical Thinking Abilities in Elementary Schools to Support 21st Century Learning,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 11, pp. 1165–1170, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i11.4776.

Rahmadani and A. M. Sari, “Development Of Thematic Teaching Materials Based On The Project Model Based Learning (PjBL) For Class Iv Students Of Elementary School,” Indones. J. Educ. Teach. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 36–41, 2021, doi: https://doi.org/10.33222/xxxxxv4i1.780.

Ni Luh Made Mita Oktaviani, I Made Citra Wibawa, and Putu Nanci Riastini, “Project Based Learning (PjBL) Model in the Pancasila Learning Profile of Fourth Grade Elementary School Students,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 6, no. 3, pp. 390–397, 2023, doi: https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64908.

F. Rohman, N. Astuti, E. Maryam, E. Erni, M. Azzahra, and J. S. Hermawan, “Development of Learning Trajectory for Project-Based Learning (PjBL) Model to Construct Foundational Literacies for Elementary School Students,” Scope J. English Lang. Teach., vol. 8, no. 2, p. 412, 2024, doi: 10.30998/scope.v8i2.22365.

S. Siswadi, T. Tiwan, and A. Dharin, “Project Based Learning (PjBL) For Improving Elementary School Mathematics Learning Outcomes in Banyumas Regency, Indonesia,” Educ. Adm. Theory Pract., vol. 30, no. 4, pp. 1555–1561, 2024, doi: 10.53555/kuey.v30i4.691.

J. Chintya, S. Haryani, S. Linuwih, and P. Marwoto, “Analysis of the Application of the Project Based Learning (PjBL) Learning Model on Increasing Student Creativity in Science Learning in Elementary Schools,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 6, pp. 4558–4565, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i6.2726.

F. Muadi, L. Kasmini, and S. M. Sari, “Analysis Of Improving Student Learning Outcomes In Science Learning Photosynthesis Materials For Class Iv Paya Dua State Elementary School Using The PjBL Model,” Int. Conf. Educ. Sci. Technol. Heal., pp. 834–839, 2023, doi: https://doi.org/10.46244/iconesth.vi.170.

R. N. Shoimah and A. Fatoni, “The Implementation of Higher Order Thinking Skill (HOTS) oriented Learning through Project Based Learning Model (PjBL) in Elementary Schools,” Syekh Nurjati Int. Conf. Elem. Educ., vol. 1, no. 0, p. 47, 2023, doi: 10.24235/sicee.v1i0.14583.

A. Widiyono, S. Nichla, C. Attalina, E. Zumrotun, and L. A. Putri, “PjBL-STEM-based Animal & Plants Metamorphosis Multimedia Innovation?: Improving Students ’ Critical Thinking Skills in Elementary School,” vol. 15, no. 148, pp. 85–96, 2025, doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v15i1.26048.

F. Fitriyani, F. Fahrurrozi, G. Gumelar, F. Rakhman, E. Utomo, and N. Ery, “Development E-Lkpd Based On Higher Order Thinking Skills To Improve Creative Thinking Of Elementary School Students,” Buana Pendidik. J. Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 19, no. 2, pp. 161–171, 2023, doi: 10.36456/bp.vol19.no2.a7455.

N. P. A. E. Ardiari, I. M. C. Wibawa, and N. M. Asril, “Improving Elementary Students Science Problem Solving Ability with HOTS-based LKPD,” Think. Ski. Creat. J., vol. 6, no. 2, pp. 134–144, 2023, doi: 10.23887/tscj.v6i2.62166.

H. Usman, Y. Suntari, and Y. Wulandari, “The Need for the Development of PjBL-Based Social Studies E- LKPD for Elementary School Students,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 390–398, 2024, doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i2.72170.

N. Srihartati and U. A. Wati, “Optimizing the Ability of Fifth Grade Elementary School Teachers in Preparing Character-Based LKPD Through in House Training,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 260–269, 2024, doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i2.71289.

N. W. Suniasih and I. W. Sujana, “Interactive LKPD Based on Guided Discovery in Improving Science Learning Outcomes of Grade V Elementary School Students,” J. Educ. Res. Eval., vol. 7, no. 1, pp. 121–128, 2023, doi: 10.23887/jere.v7i1.59627.

G. S. Airlanda, Y. Dwikurnaningsih, A. Tyas, and A. Hardini, “Analisis Kesesuaian Penerapan Project Based Learning dengan Aktivitas Pembelajaran Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 15, pp. 68–75, 2025, doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p68-75.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Nastiti, N., Widiarti, N., Subali, B., & Mujaki, A. (2025). Analisis Tren Integrasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Project Based Learning (PjBL) dalam Pendidikan Dasar: Systematic Review 2021–2025. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(8), 2213-2227. https://doi.org/10.52436/1.jpti.952