Penerapan Number Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Elemen Rencana Biaya Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Malang

Penulis

  • Dina Astari Program Profesi Guru Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • R Machmud Sugandi Program Profesi Guru Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Siti Malikha SMK Negeri 11 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.944

Kata Kunci:

Numerasi, Pembelajaran Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Rencana Biaya, Siklus Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan di kelas XI DPIB SMK Negeri 11 Malang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengumpulan data meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 60,74 pada siklus I menjadi 80,93 pada siklus II. Keaktifan siswa juga meningkat dari 18,37 menjadi 20,78 poin. Uji statistik menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua siklus (Sig. 0,000 < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Implementasi model ini berkontribusi pada penciptaan lingkungan belajar yang kolaboratif, interaktif, serta relevan dengan konteks permasalahan nyata di bidang konstruksi, sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran vokasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.” Diakses: 9 Februari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

S. Mujab, Transformasi Pendidikan SMK?: Menuju SDM Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan. Indramayu: Penerbit Adab, 2023.

E. Ernawati, A. Amiruddin, dan T. Salfiyadi, “Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Ikatan Kimia di SMK Negeri 1 Gandapura,” Jurnal Guru Kita PGSD, vol. 6, no. 3, hlm. 299, Jun 2022, doi: 10.24114/JGK.V6I3.36551.

H. Imam, Hikmawati, Kosim, dan M. Taufik, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 8, hlm. 58–66, Jun 2022, doi: 10.29303/JPFT.V8ISPECIALISSUE.3715.

F. Y. Nourhasanah dan Aslam, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, hlm. 5124–5129, Mei 2022, doi: 10.31004/BASICEDU.V6I3.3050.

D. A. Irawati, F. M. Rohmanurmeta, dan M. Nasrulloh, “Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Alat Peraga Panlintarmatika Siswa Kelas II SDN 01 Kanigoro,” Journal of Science and Education Research, vol. 4, no. 1, hlm. 40–47, Feb 2025, doi: 10.62759/JSER.V4I1.160.

A. H. Wibowo, “Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Desain Grafis untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Bina Taruna Masaran Sragen,” JURNAL EDUSCIENCE, vol. 9, no. 3, hlm. 728–736, Des 2022, doi: 10.36987/JES.V9I3.3339.

S. Mardiana dan S. Suharyanto, “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar,” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), vol. 5, no. 2, hlm. 177–184, Jun 2024, doi: 10.54371/AINJ.V5I2.451.

L. M. Diana, M. Arif, E. M. Stefany, dan N. Aini, “Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah Edutic?: Pendidikan dan Informatika, vol. 9, no. 2, hlm. 201–211, Jun 2023, doi: 10.21107/EDUTIC.V9I2.20224.

I. Wulandari, H. Gunawan, dan R. Aradea, “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang,” NUSRA?: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 3, hlm. 1325–1330, Agu 2024, doi: 10.55681/NUSRA.V5I3.3165.

D. Dwi Kusuma, ; Endang, M. Rahayu, D. D. Kusuma, dan E. M. Rahayu, “The Implementation of Using Numbered Head Together (NHT) Learning Model to Improve Students’ Speaking Achievement,” Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 5, no. 2, hlm. 827–847, Mei 2024, doi: 10.51276/EDU.V5I2.906.

H. Susilo, H. Chotimah, dan Y. D. Sari, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Banyumedia, 2011.

M. N. Anggraeni, I. Ansori, dan A. D. Saptarini, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Diorama Pada Topik Konsep Siklus Daur Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Krapyak,” Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 7, no. 2, hlm. 58, Apr 2025, doi: 10.31764/ELEMENTARY.V7I2.23996.

N. Ely, A. Abbas, dan J. Tuharea, “Upaya Guru Dalam Menyusun Soal Berbasis HOTS Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa,” SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law, vol. 1, no. 2, hlm. 202–207, Sep 2024, doi: 10.57235/SAKOLA.V1I2.3253.

G. D. Ahadi dan N. N. L. E. Zain, “Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk,” Eiegen Mathematics Journal, hlm. 11–19, Jun 2023, doi: 10.29303/EMJ.V6I1.131.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-25

Cara Mengutip

Astari, D., Sugandi, R. M., & Malikha, S. (2025). Penerapan Number Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Elemen Rencana Biaya Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2472-2477. https://doi.org/10.52436/1.jpti.944