Evaluasi Metode Smart Untuk Penentuan Bakat Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.936Kata Kunci:
Bakat Anak Usia Dini, Dampak Penelitian, Evaluasi Bakat, Identifikasi Potensi, Metode SMARTAbstrak
Bakat anak merupakan segala faktor yang dibawa individu dari awal kehidupannya dan kemudian menumbuhkan keahlian, kecakapan, dan keterampilan khusus yang dimilikinya Bakat anak perlu dikenali oleh orang tua dengan melihat perilaku, tingkah laku dan aktifitas yang biasa dilakukan anak setiap harinya. Masalah yang terjadi saaat ini yaitu kurangnya ketelitian guru dalam menilai para murid nya sehingga terjadinya kesalahan dalam penilaian dan kurangnya keakuratan para guru dalam pengambilan keputusan untuk mengetahui bakat anak, serta keterbatasan waktu orang tua maupun pihak sekolah untuk melakukan konsultasi sehingga kurangnya perhatian terhadap bakat yang dimiliki anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode analisis penentuan bakat anak menggunakan metode SMART yang merupakan teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting dibandingkan dengan kriteria lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bakat anak dengan menggunakan metode SMART. Hasil analisis yang dilakukan yaitu A. Queena memiliki bakat kearah psikotomorik dengan nilai 60, Abizar memiliki bakat kearah afektif dengan nilai 80, dan Aisyah Azzara memiliki bakan kearah kognitif dengan nilai 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SMART memberikan dampak positif dalam meningkatkan akurasi identifikasi bakat, memperjelas arah pembinaan bakat, serta meningkatkan partisipasi aktif orang tua dalam mendukung pengembangan potensi anak. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan model asesmen awal yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Dengan demikian, penerapan metode SMART memiliki dampak signifikan baik dari sisi praktik pendidikan maupun pengembangan kebijakan dalam pembinaan bakat sejak dini.
Unduhan
Referensi
A. Fhuza, R. Akbar, S. Tasmara, And Z. Y. Simpa, “Penerapan Metode Smart Dalam Menentukan Metode Pembelajaran Terbaik Pada Tingkat Sma,” J. Komput. Teknol. Inf. Dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 24–31, 2022, Doi: 10.62712/Juktisi.V1i1.10.
D. Indyastuti, J. Dedy Irawan, And R. Primaswara Prasetya, “Sistem Pendukung Keputusan Bidang Minat Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Jati (Jurnal Mhs. Tek. Inform., Vol. 4, No. 1, Pp. 325–331, 2020, Doi: 10.36040/Jati.V4i1.2312.
R. Sukmawati, E. K. Dewi, And R. Indriati, “Implementasi Metode Smart Untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak Dalam Mengikuti Ekstra,” Nusant. Enginering, Vol. 3, No. 1, Pp. 59–64, 2020, Doi: 10.29407/Noe.V3i1.251.
Warjiyono, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengetahui Bakat Akademik Anak Menggunakan Metode Topsis,” Inf. Syst. Educ. Prof., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–8, 2021, Doi: 10.51211/Isbi.V8i1.
T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, And M. R. A. Saf, “Implementasi Metode Smart Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa Sma,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., Vol. 13, No. 1, P. 49, 2018, Doi: 10.30872/Jim.V13i1.648.
S. N. Sa’adah And Hardiansyah, “Sistem Pakar Menentukan Bakat Anak Usia Dini Menggunakan Metode Forward Chaining,” Bullet J. Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 01, Pp. 26–32, 2022, Doi: 10.51700/Manajemen.V4i1.640.
A. Oktavyani, A. A. Putri, D. Al Kaazhim, And F. Apriliza, “Penerapan Metode Smart Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Anak-Anak Tk Yatim Dan Dhuafa,” J. Sist. Dan Teknol. Inf., Vol. 11, No. 2, P. 269, 2023, Doi: 10.26418/Justin.V11i2.55971.
N. Salim And A. Nugroho, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Kinerja Pegawai Di Rsud Nganjuk Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique),” Urnal Tek. Inform. Dan Sist. Inf., Vol. 7, No. 3, Pp. 1–8, 2021, Doi: 10.28932/Jutisi.V7i3.4079.
N. Thoyibah, Latipah, And A. Muchayan, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Smart,” J. Sisfokom, Vol. 10, No. 2, Pp. 232–240, 2021, Doi: 10.32736/Sisfokom.V13i2.2158.
Ismail, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Algoritma Smart Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Soppeng,” J. Ilm. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., Vol. 2, No. 1, Pp. 26–34, 2020, Doi: 10.57093/Jisti.V7i1.
S. Hadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Minat Dan Bakat Anak Sd Berdasarkan Klasifikasi Bidang Ilmu Menggunakan Metode Smart Berbasis Web,” J. Multidisipliner, Vol. 2, No. 3, Pp. 1–81, 2020, Doi: 10.62668/Bharasumba.V4i1.1335.
S. Hardianti, “Penerapan Metode Smart ( Simple Multi-Attribute Rating Technique ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Pada Bank Sumut ( Studi Kasus?: Kcp Pasar Martubung ),” J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., Vol. 1, No. 2, Pp. 1–9, 2020, Doi: 10.47709/Cnapc.V1i2.63.
Y. Irawan And R. Wahyuni, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Di Smk Negeri 1 Tapung Hulu Menggunakan Metode Simple Multi Attribut Rating Technique (Smart),” J. Inf. Syst. Informatics Eng., Vol. 3, No. 1, Pp. 25–31, 2021, Doi : 0.35145/joisie.v3i1.405.
F. N. Afiana Et Al., “Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Menentukan Minat Bakat Dengan Teknologi Ai,” Indones. J. Softw. Eng., Vol. 7, No. 2, Pp. 196–204, 2021, Doi: 10.31294/Ijse.V7i2.11341.
E. Murniarti, “Pengertian Bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, Dan Implikasi Pendidikan,” Fak. Kegur. Dan Ilmu Pendidik. Univ. Kristen Indones., Vol. 2, No. 1, Pp. 1–21, 2020, Doi: 10.33541/Edumatsains.V8i2.5466.