Model Kepuasan Pengunjung Untuk Pengembangan Wisata Pantai Berbasis Minat Kunjungan Ulang Di Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.924Kata Kunci:
Android, Hasil Belajar, Multimedia Pembelajaran, Smart App CreatorAbstrak
Lampung Selatan memiliki garis pantai yang panjang, keanekaragaman hayati pesisir, serta aksesibilitas yang baik. Destinasi-destinasi seperti Pantai Minangrua, Pantai Kedu, Pantai Batu Lapis, dan Pasir Putih menjadi daya tarik yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Terdapat masalah jika destinasi wisata dikelola tanpa memperhatikan kapasitas daya dukung lingkungan dan aspek sosial-ekologis, maka potensi kerusakan lingkungan akan meningkat, yang pada akhirnya menurunkan kualitas pengalaman wisatawan dan mengancam keberlanjutan sektor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keramahan penyedia jasa wisata berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di destinasi Minangrua, Kedu Warna, dan MB Beach. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis SMART-PLS dengan jumlah sampel 300 responden. Hasil analisis persepsi wisatawan terhadap fasilitas fisik yang tersedia di destinasi wisata pantai berpengaruh dan sinigfikan terhadap kepuasan pengunjung Pantai Minangrua, Kedu Warna dan MB Beach di Lampung Selatan. Hasil dari penelitian ini dapat berdampak dalam penyusunan kebijakan pariwisata yang berkelanjutan, khususnya di kawasan pesisir Lampung Selatan.
Unduhan
Referensi
H. Purnaweni, “Loyalitas Wisatawan dan Niat Kunjungan Ulang dalam Perspektif Pariwisata Berkelanjutan.,” J. Sains Pariwisata, vol. 9, no. 1, pp. 34–42, 2023.
A. Rafif, “Dampak Infrastruktur dan Promosi Pemerintah terhadap Ekowisata di Lampung Selatan,” J. Ekowisata Indones., vol. 7, no. 2, pp. 112–120, 2023.
Normalasari, Johannes, and Yacob Syahmardi, “Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Daya Tarik Wisata Yang Dimediasi Oleh Electronic Word Of Mouth,” J. Manaj. Terap. dan Keuang., vol. 12, no. 01, pp. 156–169, 2023.
O. Sugawa, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA,” 2023.
L. Safitri, “Analisis kualitas makanan, citra kota, dan promosi terhadap kunjungan ulang pada wisata kota bukittinggi sumatera barat dengan kepuasa pelanggan sebagai variabel intervening,” JIMT, vol. 3, no. 3, pp. 270–289, 2022.
R. Rahmawati, Z. Azhar, and N. Marpaung, “Penerapan Metode Weight Moving Avarage Untuk Peramalan Persediaan Kosmetik Pada Toko Robin,” Semin. Nas. Inform., pp. 1–6, 2021.
A. D. Wahyudi and A. R. Isnain, “Penerapan Metode TOPSIS untuk Pemilihan Distributor Terbaik,” JAITI, vol. 1, no. 2, pp. 59–70, 2023.
Z. Abdussamad, Metodologi Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. syakir Media Press, 2021.
Hardani, Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Neliwati, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (KAJIAN TEORI DAN PRAKTEK), no. 57. Medan: CV. Widya Puspita, 2021.
H. Ahyar et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020.
Indrawan and Yaniawati, Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Edisi Revi. Bandung: Refika Aditama, 2021.
Sugiyono, Buku Metode Penelitian. In Metode Penelitian, 2020.
D. A. Y. Ratu, F. Editama, S. Samino, and F. Ekasari, “Analisis Minat Kunjungan Ulang melalui Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro,” MAHESA Malahayati Heal. Student J., vol. 4, no. 4, pp. 1247–1266, 2024, doi: 10.33024/mahesa.v4i4.13995.
N. L. S. Jayanti and N. N. Yulianthini, “Pengaruh Fasilitas Serta Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Domestik Objek Wisata Taman Air Tirtagangga,” J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 5, no. 3, pp. 306–312, 2022, doi: 10.23887/jmpp.v5i3.37309.
L. C. Wang and A. Chen, “On the performance of spectrum handoff for link maintenance in cognitive radio,” 3rd Int. Symp. Wirel. Pervasive Comput. ISWPC 2008, Proc., pp. 670–674, 2020, doi: 10.1109/ISWPC.2008.4556294.