Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Berbasis Android Menggunakan Smart App Creator

Penulis

  • Yunita Purwasih Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.917

Kata Kunci:

Android, Hasil Belajar, Multimedia Pembelajaran, Smart App Creator

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektivan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tenggulangharjo dan SDN Mangunharjo 01. Penelitian ini dilakukan pada siswa – siswi kelas lima SDN Tenggulangharjo dan SDN Mangunharjo 01 sejumlah 38 siswa. Metode dalam penelitian menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengarah pada bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.   Berdasarkan hasil analisis data peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-Gain, Nilai N-Gain dikategorikan menjadi tiga, yaitu: tinggi (> 0,7), sedang (0,3–0,7), dan rendah (< 0,3). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 0,6803 dengan simpangan baku 0,23875. Nilai minimum N-Gain adalah 0,25, sedangkan nilai maksimum mencapai 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh, peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang mendekati tinggi, yang berarti bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android materi bumiku sayang bumiku malang sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi bumiku sayang bumiku malang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. F. Rachma and D. K. Agustina, “Pengembangan Magecah (Materi Game Pecahan) Dalam Pelajaran Matematika untuk Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 9, pp. 401–410, Sep. 2022, doi: 10.52436/1.jpti.213.

R. Setyaningsih, A. Abdullah, E. Prihantoro, and H. Hustinawaty, “MODEL PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN E-LEARNING,” J. ASPIKOM, vol. 3, no. 6, p. 1200, Mar. 2019, doi: 10.24329/aspikom.v3i6.333.

M. Fauziah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Untuk Kelas VIII SMP,” J. Pendidik. Dompet Dhuafa, vol. 12, no. 2, pp. 1–8, 2022.

R. Septi, A. A. Nugroho, and B. A. Saputra, “Pengembangan Video Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” J. Kualita Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 81–86, Aug. 2022, doi: 10.51651/jkp.v3i2.249.

B. Astuti, L. Putriyanti, and Ngatmini, “Pengaruh Penggunaan Smart Phone terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Edukatika, vol. 2, no. 2, pp. 33–38, Dec. 2024, doi: 10.26877/edukatika.v2i2.1235.

E. Sirait, H. Usman, and P. Angger Wardhani, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator 3 Berbasis STEAM pada Muatan Matematika Sekolah Dasar,” Kogn. J. Ris. HOTS Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, Jun. 2024, doi: 10.51574/kognitif.v4i1.1453.

M. Waruwu, “Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 1220–1230, May 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i2.2141.

I. I. Irvy, “Understanding the Learning Models Design for Indonesian Teacher,” Int. J. Asian Educ., vol. 1, no. 2, pp. 95–106, Sep. 2020, doi: 10.46966/ijae.v1i2.40.

Moses Adeleke Adeoye, Kadek Adrian Surya Indra Wirawan, Made Shania Satya Pradnyani, and Nyoman Intan Septiarini, “Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 13, no. 1, pp. 202–209, Apr. 2024, doi: 10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624.

Putri Adinda Pratiwi, Fahima Mashalani, Maulia Hafizhah, Azra Batrisyia Sabrina, Nur Hapsi Harahap, and Deasy Yunita Siregar, “Mengungkap Metode Observasi Yang Efektif Menurut Pra-Pengajar EFL,” Mutiara J. Penelit. dan Karya Ilm., vol. 2, no. 1, pp. 133–149, Dec. 2023, doi: 10.59059/mutiara.v2i1.877.

Siti Romdona, Silvia Senja Junista, and Ahmad Gunawan, “TEKNIK PENGUMPULAN DATA: OBSERVASI, WAWANCARA DAN KUESIONER,” JISOSEPOL J. Ilmu Sos. Ekon. dan Polit., vol. 3, no. 1, pp. 39–47, Jan. 2025, doi: 10.61787/taceee75.

W. D. Puspitasari and F. Febrinita, “Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi,” J. Focus Action Res. Math. (Factor M), vol. 4, no. 1, pp. 77–90, Dec. 2021, doi: 10.30762/factor_m.v4i1.3254.

H. Syahrizal and M. S. Jailani, “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. QOSIM J. Pendidik. Sos. Hum., vol. 1, no. 1, pp. 13–23, May 2023, doi: 10.61104/jq.v1i1.49.

M. A. Rizqi, M., Heryanti, A. D., Said, Y., Hidayatun, N., & Wijaya, “Tinjauan Kuantitatif Tentang Faktor-Faktor Kepemimpinan Yang Mempengaruhi Kinerja Organisasi,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 11, no. 2D, pp. 182–190, 2025.

B. Simamora, “Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya,” J. Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 84–93, Nov. 2022, doi: 10.46806/jman.v12i1.978.

U. U. Sufandi, M. Priono, D. A. Aprijani, B. A. Wicaksono, and D. Trihapningsari, “UJI USABILITY FUNGSI APLIKASI WEB SISTEM INFORMASI DENGAN USE QUESTIONNAIRE (STUDI KASUS: APLIKASI WEB SISTEM INFORMASI TIRAS DAN TRANSAKSI BAHAN AJAR),” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 1, pp. 24–34, Apr. 2022, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v19i1.42320.

M. R. Harianja, M. Yusup, and Sardianto Markos Siahaan, “Uji N-Gain pada Efektivitas Penggunaan Game dengan Strategi SGQ untuk Meningkatkan Berpikir Komputasi dalam Literasi Energi,” J. Intelekt. Keislaman, Sos. dan Sains, vol. 13, no. 2, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25168.

D. Ramdani, E. Supriatna, and W. Yuliani, “VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET KEMATANGAN EMOSI,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 6, no. 3, pp. 232–238, May 2023, doi: 10.22460/fokus.v6i3.10869.

R. Rahmawati, Khaeruddin, and A. Amal, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” JUDIKDAS J. Ilmu Pendidik. Dasar Indones., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, Dec. 2021, doi: 10.51574/judikdas.v1i1.163.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Purwasih, Y., Putriyanti, L., & Nugroho, A. A. (2025). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Berbasis Android Menggunakan Smart App Creator. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(8), 2158-2170. https://doi.org/10.52436/1.jpti.917