Strategi Perancangan UI/UX Aplikasi Fitme dengan Metode Double Diamond untuk Meningkatkan Keterlibatan Pengguna dalam Pengelolaan Obesitas pada Kesehatan Digital
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.912Kata Kunci:
aplikasi kesehatan digital, gamifikasi, motivasi, pengguna, desain aplikasi, usabilty testingAbstrak
Rendahnya keterlibatan pengguna dalam aplikasi kesehatan digital menjadi tantangan utama dalam mendukung perubahan gaya hidup sehat secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) pada aplikasi FitMe dengan pendekatan Double Diamond guna meningkatkan motivasi dan keterlibatan pengguna. Metode ini mencakup empat tahap: Discover, Define, Develop, dan Deliver, yang diterapkan secara iteratif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pengalaman pengguna. Persentase keberhasilan tinggi meningkat dari 57% (iterasi 1) menjadi 82,8% (iterasi 3), dan kegagalan menurun dari 23,89% menjadi 15,56%. Skor System Usability Scale (SUS) naik menjadi 74 (kategori “Good”), sementara hasil UEQ dan AttrakDiff menunjukkan persepsi positif terutama pada aspek daya tarik visual dan motivasi emosional. Elemen gamifikasi seperti reward, leveling, dan tantangan harian terbukti meningkatkan keterlibatan melalui motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi kesehatan digital berbasis desain yang berpusat pada pengguna. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi UI/UX yang responsif dan sistem gamifikasi dapat secara signifikan meningkatkan retensi dan efektivitas penggunaan aplikasi. Studi lanjutan disarankan untuk menguji model ini pada aplikasi kesehatan lain serta mengeksplorasi bentuk gamifikasi yang lebih adaptif dan personal.
Unduhan
Referensi
N. Gifari, R. Nuzrina, P. Ronitawati, L. Sitoayu, and M. Kuswari, “Edukasi Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik dalam Upaya Pencegahan Obesitas Remaja,” J. Masy. Mandiri, vol. 4, no. 1, pp. 55–62, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1749
M. S. Irdianty and F. N. Sani, “Perbedaan Aktivitas Fisik dan Konsumsi Camilan Pada Remaja Obesitas di Kabupaten Bantul,” J. Kesehat. Kusuma Husada, vol. 9, no. 1, pp. 91–97, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.34035/jk.v9i1.265
A. Miko and M. Pratiwi, “Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Obesitas Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh,” AcTion Aceh Nutr. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2017, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30867/action.v2i1.29
Y. N. M. Marpaung and I. Irwansyah, “Aplikasi Kesehatan Digital Sebagai Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru,” J. Komun. dan Kaji. Media, vol. 5, no. 2, pp. 243–258, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31002/jkkm.v5i2.2501
A. Hendra and F. Fitriyani, “Analisis Sentimen Review Halodoc Menggunakan Nai ?ve Bayes Classifier,” J. Inform. Sunan Kalijaga, vol. 6, no. 2, pp. 78–89, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.14421/jiska.2021.6.2.78-89
N. Resti and R. T. Palupy, “Inovasi Metode Praktikum dalam Menganalisis Asupan Kalori Harian Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Menggunakan Aplikasi Fat Secret dan Google Workspace,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 59–64, 2024, [Online]. Available: http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/695
F. Wijaya, A. Wijaya, R. T. Elevan, R. Putra, and M. R. Pribadi, “Universitas Multi Data Palembang Perancangan UI/UX Pada Aplikasi We-Care Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf., vol. 1, no. 1, pp. 465–471, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.391.
Y. Fu, Y. Wang, X. Ye, W. Wu, and J. Wu, “Satisfaction with and Continuous Usage Intention towards Mobile Health Services: Translating Users’ Feedback into Measurement,” Sustain., vol. 15, no. 2, pp. 1–21, 2023, doi: 10.3390/su15021101.
M. B. M. K. Siaka and I. G. A. Wibawa, “Rancangan Sistem Pendukung Keputusan ‘TechTrack’ Berdasarkan Evaluasi Kualitas UI/UX Aplikasi,” J. Nas. Teknol. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 227–236, 2023, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/102516/53096
N. Mata and Marta, “Implementation of a Minority Disease Diagnostic Assistant Graphic User Interface Using the Human Phenotype Ontology,” UPCommons, 2024, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/2117/420811
B. Goonatillaka, C. Kodithuwakku, A. Sandaruwan, T. Wijayarathne, and J. Wickramarathne, “A Comparative Study of Three User Experience Frameworks for Enhancing Health Mobile Applications,” Int. Res. Conf. Smart Comput. Syst. Eng., vol. 6, pp. 1–9, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.1109/SCSE59836.2023.10215015
F. A. N. Fatimah and A. Voutama, “Implementasi Metode Double Diamond Design Process pada UI/UX Aplikasi Manajemen Kesehatan dan Gizi Personal (WellFits),” Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 10, no. 1, pp. 11–20, 2025, [Online]. Available: https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/4718
G. Molina-Recio, R. Molina-Luque, A. M. Jiménez-García, P. E. Ventura-Puertos, A. Hernández-Reyes, and M. Romero-Saldaña, “Proposal for the User-Centered Design Approach for Health Apps Based on Successful Experiences: Integrative Review,” JMIR Mhealth Uhealth, vol. 8, no. 4, pp. 1–18, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.2196/14376
G. W. C. Bagaskara, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Self-Care Berbasis Mobile Untuk Mengatasi Kesehatan Mental Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 2, pp. 124–133, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.51211/imbi.v7i2.2280
M. D. Setyawan, M. A. B. Pratama, F. R. Trisnanto, L. Marlinda, and R. Y. Hayuningtyas, “Aplikasi Diet Planner (Dinner) Bagi Penderita Obesitas Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 4, no. 4, pp. 124–129, 2020, [Online]. Available: https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/289
A. C. Priyantono and F. Ardiansyah, “Perancangan Prototipe Mobile User Experience Aplikasi Peningkatan Sumber Daya Desa Menggunakan Metode Double Diamond,” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 96–104, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.29244/jika.7.2.96-104
F. A. Rahman and D. R. Indah, “Perancangan Ulang Desain UI/UX Website Digilib Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Double Diamond,” J. Fasilkom, vol. 14, no. 1, pp. 135–148, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6919
R. H. Rian, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Implementation of the Double Diamond Method in User Experience Design of Health Service Application (Homecare),” SaNa J. Blockchain, NFTs Metaverse Technol., vol. 2, no. 1, pp. 80–89, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.58905/sana.v2i1.272